Crypto

4 Fakta yang Membuat Bitcoin Jadi Kripto Paling Populer

Sampai dengan hari ini, Bitcoin masih menjadi mata uang kripto paling terkenal di dunia. Namun, sebelum mencapai harga yang fantastis di hari ini, Bitcoin sendiri memiliki perjalanan panjang yang dimulai pada tahun 1990-an. Hingga pada tahun 2008-2009, Bitcoin hadir dan membuat banyak orang heboh. Untuk tambahan informasi, Bitcoin diluncurkan kepada publik yakni pada 3 Januari 2009 dengan harga perdana senilai US$ 0,0008 per keping. Kemudian, setahun berikutnya yakni 2010 Bitcoin untuk pertama kalinya diperjual belikan di luar dunia digital dengan sistem barter.

Seperti yang diketahui, dalam perjalanannya hingga sekarang, Bitcoin tak luput dari pergerakan harga yang sangat fluktuatif. Pada tahun 2013 misalnya, harga Bitcoin sempat rontok parah. Namun tak berselang lama harga Bitcoin kembali ke jalur yang baik, yakni US$ 1.000 per kepingnya dan mengalami kejatuhan harga lagi hingga senilai US$ 300-an per keping. Saat itu, banyak investor yang mengalami kerugian dan butuh waktu lebih dari dua tahun untuk Bitcoin kembali harga yang normal.

Lantas, apa saja fakta-fakta dari Bitcoin yang membuatnya menjadi mata uang kripto paling populer di dunia? Untuk mengetahuinya lebih lengkap, mari menyimak ulasannya dalam artikel berikut!

Pencipta Bitcoin yang Masih Misterius

Seperti yang diketahui, sampai dengan hari ini masih banyak orang yang bertanya-tanya mengenai siapa sebenarnya sosok Satoshi Nakamoto. Nama Satoshi Nakamoto sendiri sudah tak asing di kalangan investor kripto. Pasalnya, sosok ini dianggap sebagai pencipta aset kripto alias Bitcoin. Satoshi Nakamoto adalah nama samaran yang sejak tahun 2008 belum ada yang pernah mengaku bahkan membuka identitas tentang siapa sosok fenomenal dibalik nama yang menciptakan uang digital berbasis kripto tersebut.

Diketahui, Satoshi Nakamoto merupakan seseorang yang ahli dalam Ilmu Komputer, Ilmu Tulisan Rahasia (Kriptografi) hingga saat ini digadang-gadang sebagai ahli mata uang digital. Sosok Nakamoto diperkirakan lahir pada 1974-1977. Jati diri Nakamoto sendiri merupakan orang asia keturunan nir- Jepang. Ditulis oleh berbagai sumber, sosok Satoshi Nakamoto dianggap sebagai pseudonym. Pasalnya sejak 2008 belum ada yang mengaku siapa sosok Satoshi Nakamoto. Pada tahun yang sama pula, Satoshi menyebutkan istilah digital Bitcoin dalam sebuah publikasi 9 lembar ‘white paper‘.

4 Fakta yang Membuat Bitcoin Jadi Kripto Paling Populer

4 Fakta yang Membuat Bitcoin Jadi Kripto Paling Populer

Harga Per Koin Diprediksi Melewati Rp 1 Miliar

Meski sempat mengalami gejolak harga di sepanjang tahun 2021, Bitcoin tetap menyelesaikan 2021 dengan kenaikan signifikan daripada saat aset kripto tersebut memulai perdagangannya. Dengan total keseluruhan aset kripto lebih dari US$ 2,2 triliun atau Rp 31,3 kuadriliun. Bitcoin menyumbang setidaknya senilai US$ 920 miliar atau setara Rp 13,1 kuadriliun.

Pada tahun 2022, Bitcoin nilainya diprediksi akan lebih tinggi karena berbagai faktor. Misalnya dukungan semakin besar, seperti dari sosok pendiri Twitter, Jack Dorsey, yang diprediksi akan sepenuhnya terjun ke industri kripto. Bahkan beberapa pakar memperkirakan nilai Bitcoin akan tembus US$ 100 ribu atau lebih dari Rp 1 miliar. Akuntan spesialis kripto, Kate Waltman mengatakan, “Beberapa orang paling berpengetahuan di sektor ini memprediksi Bitcoin tembus USD 100 ribu di kuartal pertama 2022”.

El Savador Menjadi Negara Pertama yang Melegalkan Bitcoin

Seperti yang telah ramai diberitakan, El Salvador telah menyetujui uang kripto paling populer yakni Bitcoin, sebagai alat pembayaran yang sah setelah Kongres menyetujui proposal Presiden Nayib Bukele untuk mengadopsi cryptocurrency. Pada Konggres tersebut, mayoritas anggota parlemen setuju dengan permintaan sang presiden. Langkah ini menjadikan El Salvador sebagai negara pertama di dunia yang secara resmi mengadopsi mata uang digital itu. Bitcoin akan digunakan di negara tersebut bersama dengan dolar AS, mata uang resmi El Salvador.

Selain itu, negara tersebut juga mengumumkan bahwa akan menjadi negara pertama yang menambang Bitcoin dengan energi dari gunung berapi. Melalui laman sosial media yang sama, Bukele mengatakan bahwa pihaknya saat ini tengah menguji coba proses penambangan Bitcoin menggunakan tenaga gunung api tersebut. Disebutkan bahwa penambangan dengan energi gunung berapi ini berhasil mengambil 0,00599179 Bitcoin atau sekitar 269 dolar AS (Rp 3,8 jutaan).

Secara Keseluruhan Nilai Bitcoin Ditaksir Mencapai Rp 13.580 Triliun

Meski Bitcoin tidak menjadi mata uang digital yang memiliki harga paling tinggi, namun banyak orang percaya bahwa Bitcoin memiliki nilai yang stabil jika dibandingkan dengan mata uang digital yang lain. Dalam beberapa sumber, dikabarkan bahwa sejak diciptakan pada 2009 silam, hingga hari ini nilai total keseluruhan pasar Bitcoin mencapai angka US$ 907 miliar, atau sekitar Rp 13.580 triliun.

Seperti yang telah ditulis pada point ke 2, yakni dengan total keseluruhan aset kripto lebih dari US$ 2,2 triliun atau Rp 31,3 kuadriliun. Bitcoin menyumbang setidaknya senilai US$ 920 miliar atau setara Rp 13,1 kuadriliun. Bahkan banyak investor yang menyebut bahwa Bitcoin sebagai emas versi digital. Pasalnya, Bitcoin memiliki sifat seperti emas sehingga mata uang digital paling populer tersebut memiliki nilai kapitalisasi pasar terbesar.

Itulah pembasahan mengenai 4 fakta yang membuat Bitcoin menjadi kripto paling terkenal. Dalam perjalanannya, Bitcoin menjelma dari sekedar cryptocurrency dan berubah menjadi obsesi bagi banyak orang. Ada beberapa alasan psikologi yang membuat Bitcoin kini buruan banyak orang. Yang pertama, Bitcoin menjadi identitas. Dan kedua, Bitcoin dipengaruhi oleh media sosial.

Pencarian sesuai topik:

  • mui haramkan uang kripto jadi sorotan media luar
Lita Alisyahbana
2 Comments

2 Comments

  1. Pingback: Tarjih Muhammadiyah Resmi Haramkan Kripto!

  2. Pingback: Bagaimana Cara Mudah Trading Bitcoin Bagi Pemula?

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Advertisement
To Top