Inspirasi

5 Cara Meningkatkan Produktivitas Karyawan

Elemen terbesar dalam suatu perusahaan adalah karyawannya. Hal ini menjadikan karyawan sebagai salah satu faktor utama keberhasilan suatu perusahaan. Salah satu kualitas yang perlu ditingkatkan dari setiap karyawan adalah tingkat produktivitas.

Banyaknya jam kerja tidak bisa menjamin apakah seorang karyawan bekerja secara produktif atau tidak. Justru berdasarkan penelitian, semakin tinggi jam kerja, tingkat produktivitas karyawan cenderung menurun.

Oleh karena itu, penting sekali bagi perusahaan untuk mengetahui jam kerja terbaik untuk karyawannya dan memastikan bahwa setiap karyawan memakai jam kerja tersebut seproduktif mungkin. Hal ini menjadi tantangan sendiri bagi perusahaan. Oleh karena itulah, di sini akan kami akan membagikan

5 cara meningkatkan tingkat produktivitas karyawan

5 Cara Meningkatkan Produktivitas Karyawan

5 Cara Meningkatkan Produktivitas Karyawan



1. Sediakan Teknologi yang Sesuai

Salah satu hal yang membuat karyawan frustasi ketika bekerja adalah kurangnya alat atau teknologi untuk mendukung pekerjaan. Hal ini juga yang membuat bisnis kecil tertinggal jauh dibanding bisnis besar, sebab bisnis kecil umumnya belum mampu menyediakan alat dan teknologi yang canggih. Mungkin kualitas karyawan sudah setara, tapi karena teknologi yang belum memadai, para karyawan tidak mampu bekerja secara maksimal.

Oleh karena itu, perusahaan perlu memasukkan teknologi ke dalam daftar prioritasnya. Gunakan profit untuk diinvestasikan kembali ke teknologi. Mungkin di awal terkesan membuang-buang uang dan mengurangi keuntungan, tapi ini dapat menjadi investasi jangka panjang jika ingin bisnis berkembang lebih besar.

2. Adakan Training Karyawan

Salah satu hal yang mempengaruhi produktivitas karyawan adalah kemampuannya dalam mengerjakan tugas perusahaan. Jika karyawan memiliki kemampuan yang baik, maka ia dapat bekerja secara efektif. Namun sebaliknya, jika karyawan belum memiliki kemampuan yang memadai dalam mengerjakan tugas, maka ia akan membutuhkan waktu lama untuk mempelajari dan mengerjakannya. Dan belum tentu pekerjaan sesuai dengan yang diharapkan.

Jika Anda ingin karyawan bekerja dengan maksimal, investasikan dana untuk meningkatkan kemampuan karyawan. Mungkin terkesan membuang-buang uang, tapi sekali lagi, karyawan adalah elemen terbesar, jadi perusahaan perlu memberdayakannya dengan baik.

3. Bangun Budaya Perusahaan

Tingkat produktivitas karyawan sangat dipengaruhi oleh budaya perusahaan. Budaya ini meliputi lingkungan kerja, visi perusahaan, etika, dan tujuan. Bayangkan, karyawan bekerja dari pagi sampai sore di perusahaan, tentu saja kinerjanya akan dipengaruhi oleh orang-orang sekitar dan nilai-nilai yang dianut perusahaan.

Penelitian menemukan bahwa peningkatan hubungan antara karyawan dan kerja tim akan meningkatkan produktivitas, sedangkan perusahaan yang fokus pada kesuksesan individu justru akan menurunkan produktivitas. Hal ini berarti, perusahaan harus menciptakan suasana kerja yang saling mendukung dan memotivasi, bukan yang saling menjatuhkan dan menonjol sendiri. Atau dengan kata lain, tingkatkan kolaborasi dan hilangkan kompetisi.

4. Tingkatkan Komunikasi

Masalah produktivitas biasanya timbul dari kurangnya komunikasi antara manager dan karyawan. Manager yang terbuka dan mempu mengkomunikasikan harapan dan tanggung jawab kepada karyawannya akan lebih mudah dalam menciptakan kebersamaan dalam bisnis.

Pendekatan ini dapat meningkatkan produktivitas karyawan, sebab karyawan akan merasa terhubung langsung dengan misi dan tujuan perusahaan. Karyawan tidak hanya sekadar bekerja, melainkan termotivasi langsung untuk mewujudkan misi dan tujuan perusahaan.

5. Tetapkan Tujuan dan Analisa Kinerja

Karyawan akan lebih produktif jika mereka tahu tujuan yang ingin dicapai. Dengan adanya tujuan, karyawan dapat memotivasi diri untuk bekerja dengan maksimal. Namun ini saja belum cukup, sediakan pula sistem untuk mengukur kinerja karyawan untuk memantau progres mereka dalam bekerja.

Selain 5 cara meningkatkan produktivitas di atas, tentu masih banyak cara untuk memaksimalkan kinerja karyawan perusahaan Anda. Namun, dengan mewujudkan 5 hal di atas dapat menjadi awal yang bagus untuk membangun budaya perusahaan ke depannya.

Johnson Manik
1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: PHK Besar-Besaran, Ada Apa Dengan Ekonomi Indonesia?

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
To Top