Bisnis

Apa Itu Investasi Obligasi dan Cara Kerjanya

Obligasi atau surat utang merupakan salah satu jenis investasi yang layak untuk dipertimbangkan. Sejauh ini, pasar obligasi menjadi pasar sekuritas terbesar di dunia. Obligasi menarik minat masyarakat karena keuntungan yang ditawarkan.

Saat Anda membeli surat utang atau obligasi, tidak hanya uang Anda yang akan kembali, tetapi Anda juga akan mendapatkan bunga secara berkala. Untuk mengetahui lebih lanjut apakah investasi ini cocok untuk Anda, silakan simak dasar-dasar obligasi, apa itu obligasi dan bagaimana cara kerjanya.

Apa Itu Obligasi dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Obligasi merupakan jenis investasi dimana pembeli obligasi memberikan pinjaman kepada penerbit obligasi. Obligasi atau surat hutang bisa diterbitkan perusahaan atau pemerintah. Umumnya, perusahaan dan pemerintah menerbitkan surat hutang karena membutuhkan modal untuk mengembangkan bisnis atau menjalankan program-programnya.

Jika Anda membeli obligasi, itu artinya Anda meminjamkan dana kepada penerbit obligasi. Dan sama seperti sistem pinjaman, Anda akan mendapatkan bunga secara berkala dan modal yang Anda pinjamkan juga akan dibayar dalam periode yang telah disepakati atau masa jatuh tempo.

Jatuh tempo adalah waktu dimana pinjaman dibayarkan kepada investor dan saat ini terjadi kewajiban obligasi penerbit berakhir. Masa jatuh tempo penting untuk dipertimbangkan oleh investor sebelum memutuskan berinvestasi obligasi. Masa jatuh diklasifikasikan menjadi tiga jenis, yakni jangka pendek yang berakhir dalam waktu 1-3 tahun, jangka menengah yang berakhir dalam waktu lebih dari 10 tahun, dan jangka panjang yang periodenya lebih lama.

Misalkan suatu perusahaan membutuhkan dana sebesar Rp 3 milyar untuk mengekspansi bisnisnya. Untuk menutup dana tersebut, perusahaan mengeluarkan penawaran surat hutang kepada para investor. Perusahaan ingin memecahnya menjadi 3000 obligasi, maka masing-masing obligasi bernilai Rp 1 juta.

Perusahaan akan membayar kembali pinjaman kepada investor pada masa jatuh tempo yang telah ditentukan sebelumnya, misalkan dalam jangka waktu 5 tahun. Selama waktu 5 tahun tersebut, perusahaan juga akan membayar bunga atau kupon dengan tingkat bunga yang telah ditentukan. Dalam menentukan tingkat bunga, perusahaan berusaha untuk mencari nilai yang kompetitif dan menarik sehingga investor mau memberikan pinjamannya.

Meskipun demikian, ada kemungkinan perusahaan tidak bisa membayar pinjaman pada akhir masa jatuh tempo. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui apakah perusahaan memberikan jaminan atau tidak. Jika obligasi dijamin, maka perusahaan akan memberikan aset tertentu kepada investor apabila perusahaan tidak dapat membayar kewajibannya.
Sebaliknya, jika obligasi tidak terjamin, maka bunga dan pokok pinjaman hanya dijamin oleh perusahaan penerbit sehingga jauh lebih berisiko.

Apa-Itu-Investasi-Obligasi-dan-Cara-Kerjanya

Apa Itu Investasi Obligasi dan Cara Kerjanya

Apa Saja Risiko Investasi Obligasi?

Sama seperti jenis investasi lainnya, investasi obligasi juga memiliki risiko yang perlu Anda pertimbangkan. Berikut ini diantaranya :

1. Naiknya Tingkat Bunga

Naiknya tingkat bunga adalah salah satu risiko investasi obligasi. Sebab, jika obligasi baru muncul dengan tingkat bunga lebih tinggi, maka nilai dari obligasi milik Anda akan menurun karena investor lain pasti lebih memilih obligasi dengan tingkat bunga yang lebih tinggi daripada obligasi Anda. Sebaliknya, jika obligasi baru muncul dengan bunga lebih rendah, maka nilai obligasi Anda naik.

2. Risiko Kredit

Investor tentu ingin perusahaan melakukan kewajibannya dengan membayar bunga dan membayar pinjaman pokok. Meskipun demikian, investor juga perlu mempertimbangkan risiko gagal bayar yang disebabkan arus kas perusahaan tidak lebih besar daripada hutang yang dimiliki. Sebelum investasi, sebaiknya investor memeriksa rating kredit perusahaan untuk menilai kemampuan melunasi kredit.

Mungkin sekian artikel mengenai obligasi dan cara kerjanya. Semoga bermanfaat.

Johnson Manik
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
To Top