Sosok

Bernard Madoff, Si Raja Skema Ponzi Meninggal

Bernard Madoff, yang dihukum karena menjalankan penipuan skema Ponzi terbesar di dunia, meninggal hari Rabu di penjara federal Amerika Serikat (AS).

Menurut keterangan resmi pihak otoritas, Madoff meninggal saat dirawat di dalam klinik penjara. Namun, sampai saat ini penyebab kematian Madoff belum diungkap. Diketahui, Madoff menderita gagal ginjal kronis dan beberapa penyakit medis lainnya.

Seperti yang diketahui, ia telah ditahan di penjara federal di Butner, North Carolina, setelah dijatuhi hukuman 150 tahun penjara pada Juni 2009 karena rekayasa penipuan yang diperkirakan mencapai USD 64,8 miliar.

Ribuan korban Madoff, besar dan kecil, termasuk individu, badan amal, dana pensiun, dan dana lindung nilai (hedge fund).

Skandal Madoff terkuak ketika krisis ekonomi 2008 menerpa Amerika Serikat. Saat itu sejumlah klien dan nasabahnya gagal menarik uang yang diinvestasikan di perusahaan Madoff.

Madoff yang lahir di Queens, Kota New York pada 29 April 1938 mempunyai karir cemerlang di dunia pasar modal. Dia bahkan pernah menjadi salah satu direktur di Bursa Saham Nasdaq di kota itu. Saat menjadi pemilik perusahaan pengelola keuangan, klien yang ditangani Madoff antara lain sutradara Steven Spielberg hingga aktor Kevin Bacon dan aktris Kyra Sedgwick.

Bernard Madoff, Si Raja Skema Ponzi Meninggal

Bernard Madoff, Si Raja Skema Ponzi Meninggal

Madoff mengatakan penipuannya dimulai pada awal 1990-an, tetapi jaksa dan banyak korban percaya itu dimulai lebih awal. Para investor terpesona oleh keuntungan tahunan dua digit yang tampaknya dihasilkan Madoff, dan yang menurut orang lain mustahil untuk dijelaskan atau ditiru.

Seperti semua skema Ponzi, Madoff menggunakan uang dari investor baru untuk melunasi investor yang lebih lama. Sebagian dana diambil untuk mendukung gaya hidupnya yang mewah. Skema ini bisa berlangsung hampir tanpa batas waktu dalam teori, selama cukup banyak investor baru yang masuk melalui perantara dan perusahaan kecil yang sama-sama dibutakan oleh reputasi perusahaan Madoff.

Uang tersebut membantu Madoff dan istrinya, Ruth menikmati kemewahan seperti penthouse Manhattan, vila Prancis, serta mobil dan kapal pesiar mahal, dengan total kekayaan bersih sekitar US$ 825 juta.

Garis hidup dua anak Madoff, Mark dan Andrew, juga tragis. Setelah skandal yang melibatkan sang ayah terkuak, Mark memutuskan bunuh diri pada 11 Desember 2010. Sedangkan Andrew meninggal pada 3 September 2014 akibat kanker kelenjar getah bening.

Kisah Madoff didramatisasi ke film layar lebar dengan judul The Wizard of Lies. Aktor Robert De Niro didapuk untuk memerankan Madoff.

Lita Alisyahbana
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top