Saham

Growth Stocks pada Investasi Saham: Pengertian dan Karakteristiknya

Growth Stocks pada Investasi Saham: Pengertian dan Karakteristiknya

Growth Stocks pada Investasi Saham: Pengertian dan Karakteristiknya

Penting untuk diketahui bagi para investor pemula, bahwa memahami berbagai istilah investasi saham merupakan hal yang harus benar-benar dipahami. Hal ini karena akan sangat berpengaruh terhadap aktivitas investasi yang nantinya akan dilakukan.

Seperti yang diketahui, dalam mencoba keberuntungan dalam pasar saham tentu tak hanya cukup dengan bermodal nekat semata. Selain menyiapkan dana yang cukup, tentu Anda juga harus memiliki pengetahuan yang luas mengenai istilah saham.

Untuk itu, pada ulasan kali ini kami akan mencoba membahas tentang istilah saham yakni Growth Stocks. Bagaimana penjelasan dan karakteristiknya? Berikut penjelasan lengkapnya!

Baca Juga: Mau Investasi Saham, Belajar Dulu atau Langsung Terjun?

Pengertian Growth Stock pada Investasi Saham

Growth In Stock adalah saham yang memiliki harga pasar yang lebih tinggi dari nilai perusahaan itu sendiri. Biasanya hal itu bisa terjadi lantaran adanya prospek pertumbuhan jangka panjang yang mendukung bisnis perusahaan. Pendekatan seperti ini bisa digunakan untuk perusahaan yang memiliki ruang pertumbuhan laba yang masih tinggi, namun belum memiliki riwayat keuangan yang mumpuni.

Jika melihat bursa saham, Anda pasti menyadari jika ada beberapa emiten yang selama ini dianggap mempunyai nilai lebih mahal alias overpriced ketimbang dengan aset di perusahaannya. Akan tetapi, pada dasarnya nilai saham perusahaan tersebut masih ideal untuk dimasukkan pada portofolio secara fundamental. Alasannya, apabila mengasumsikan pemasukan perusahaan mampu meningkat lagi ke depannya, artinya harga saham emiten tersebut mempunyai potensi untuk bertambah lebih besar lagi.

Dan saham dalam jenis Growth stock memiliki prospek pertumbuhan pendapatan dan laba yang pesat di masa depan. Meskipun saat ini kinerjanya masih mencatat kerugian bersih. Selain itu, Growth Stock biasanya dapat ditemukan pada emiten yang berskala kecil dan menengah karena kegiatan bisnisnya baru dijalankan, namun dengan potensi pertumbuhan bisnis masa depan yang pesat.

Baca Juga: Mengenal Istilah Stock Split pada Investasi Saham

Karakteristik Growth Stock

Ada sejumlah karakteristik dari saham yang termasuk dalam golongan Growth Stock, yaitu:

1. Sektornya sedang trend.
2. Sahamnya cenderung naik (uptrend).
3. Harga sahamnya agak overvalue alias mahal.
4. Labanya tumbuh.
5. Perusahaannya tidak senang membagi dividen.
6. Dari perusahaan yang masih kecil dan sedang berkembang.
7. Beli di saat pasar sedang ramai (emerging market).
8. Sahamnya dalam kondisi pulih.

Kesimpulan

Itulah penjelasan lengkap mengenai istilah Growth Stock yang terdapat pada investasi saham. Penting untuk Anda ketahui, bahwa ketika mampu melihat peluang investasi saham yang ada, tentu kesempatan untuk mendapatkan keuntungan semakin besar.

Tak heran banyak pelaku investasi yang selalu mendapatkan dana berlipat dari apa yang telah ditanamkan melalui investasi saham ini. Semakin banyak saham yang ditanamkan, tentu peluang untuk mendapatkan keuntungan semakin besar.

Salam profit!

Baca Juga: Memahami Jenis Saham: Blue Chip, Middle Cap, dan Small Cap

William Adhiwangsa
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top