Crypto

Inilah Panduan Menghindari Skema Pump And Dump Pada Aset Kripto

Inilah Panduan Menghindari Skema Pump And Dump Pada Aset Kripto

Inilah Panduan Menghindari Skema Pump And Dump Pada Aset Kripto

Pada dasarnya, setiap jenis investasi memiliki resiko masing-masing, tak terkecuali investasi aset kripto. Meski kripto dianggap aman, namun ternyata banyak aksi penipuan atau tindak kecurangan lainnya yang dilakukan oleh pihak tak bertanggung terkait investasi aset kripto. Skema pump and dump adalah salah satu tindak kecurangan yang terjadi pada sistem mata uang digital tersebut.

Berinvestasi dalam cryptocurrency memang dipercaya memiliki potensi untuk menghasilkan return yang lebih besar daripada jenis investasi lainnya. Namun, Anda harus berhati-hati dan mempelajari terlebih dahulu terkait aset yang akan dibeli agar tidak terjebak oleh modus-modus skema pump and dump tersebut. Lantas, apa itu skema pump and dump pada aset kripto? Dan bagaimana cara mudah menghindarinya? Berikut ulasan lengkapnya!

Baca Juga: Awas Bahaya Rug Pull dalam Dunia Kripto!

Apa Itu Skema Pump And Dump Aset Kripto?

Mengutip dari CNBC Indonesia, dijelaskan bahwa pump artinya membeli dan dump artinya menjual. Secara teknis, aktivitas ini merupakan siklus lonjakan harga aset kripto lalu diikuti dengan penurunan nilai secara drastis. Hal ini dapat terjadi karena trader besar membeli banyak koin sehingga menimbulkan aktivitas pump.

Ketika kondisi pasar sudah menjadi tidak stabil karena semua berlomba-lomba membeli koin, trader tersebut lalu melakukan dump pada koin mereka sehingga harganya mendadak anjlok. Kemudian yang terjadi adalah, bahwa kerugian terbesar biasanya dirasakan oleh para trader atau investor yang membeli koin dalam jumlah sedikit. Siklus ini sendiri dapat berlangsung dalam durasi yang sangat cepat bahkan dalam hitungan menit. Jadi Anda dapat membayangkan mengenai berapa besar kerugian yang mungkin dialami para trader dan investor skala kecil.

Sekadar tambahan informasi, skema pump and dump ini adalah salah satu praktik ilegal. Berdasarkan undang-undang sekuritas, para pelakunya akan dikenakan denda dengan nominal yang tidak kecil. Banyak pemerintah seperti Cina, Uni Eropa, dan AS telah memperingatkan orang-orang tentang skema pump and dump dalam dunia kripto.

Baca Juga: Mengenal FOMO pada Kripto dan Bahaya Besarnya

Elon Musk dan Tuduhan Skema Pump And Dump

Melansir dari Tribunnews.com pada hari Minggu (17/7/2022), ditulis tentang Magda Wierzycka yang menuduh CEO Tesla Elon Musk telah memanipulasi harga kripto. Untuk informasi, Magda sendiri merupakan seorang miliader yang berasal dari Afrika Selatan.

Magda mengatakan bahwa aktivitas Musk di media sosial secara tidak langsung memberi dampak terhadap harga Bitcoin. Dan Magda berpendapat bahwa tindakan tersebut seharusnya membuat Musk menjadi subjek penyelidikan Komisi Sekuritas dan Bursa AS. Selain itu, Magda juga merasa yakin bahwa Musk secara sadar telah menaikkan harga Bitcoin melalui tweet-nya. Termasuk tweet yang menyebut pembelian Bitcoin senilai 1,5 miliar dolar AS dari Tesla.

Musk memang dikenal cukup vocal dalam berbicara mengenai mata uang kripto. Beberapa kali ia bahkan kedapatan mengunggah hal-hal berbau kripto pada akun Twitternya. Bahkan unggahannya di Twitter tersebut berhasil membuat sejumlah mata uang digital mengalami gejolak harga.

Dilansir dari CNN Business pada hari Kamis (22/7/2021), Musk menjelaskan, “Jika harga Bitcoin turun, saya kehilangan uang. Saya mungkin melakukan pump, tetapi saya tidak melakukan dump. Tetapi saya tidak percaya tindakan mendapatkan harga tinggi kemudian menjual atau semacamnya. Dan saya ingin melihat Bitcoin berhasil”.

Cara Menghindari Skema Pump And Dump Pada Aset Kripto

Setidaknya ada beberapa cara mudah untuk menghidari skema pump and dump pada aset kripto. Salah satunya adalah jangan terpancing pada koin yang tidak begitu populer namun tiba-tiba mengalami kenaikan drastis tanpa adanya alasan jelas.

Bahkan Binance, yang merupakan tempat pertukaran kripto, memperingatkan kepada investor untuk tidak menerima saran investasi dari selebritas dan influencer. Bahkan melakukan penelitian atau pengamatan mandiri serta kewaspadaan tinggi pun dapat menjadi kunci kuat agar Anda terhindar dari skema ini.

Baca Juga: Mata Uang Kripto Diramal Akan Kembali Ke Level Nol

Melakukan riset secara mendalam sebelum memutuskan untuk berinvestasi pun penting untuk harus Anda lakukan. Riset ini termasuk tentang mencari informasi seputar prospek bisnis jangka panjang dan tim dibaliknya. Juga total aset yang akan beredar dan pergerakan harga dari tahun ke tahun.

Kesimpulan

Itulah ulasan singkat mengenai skema pump and dump pada aset kripto. Penting untuk Anda pahami, sebelum terjun di pasar kripto, pastikan Anda tahu dari setiap risikonya termasuk tentang skema pump and dump.

Lita Alisyahbana
5 Comments

5 Comments

  1. Pingback: Pengertian Paus Bitcoin Dan Cara Pengamatan Melacaknya

  2. Pingback: Aplikasi Kripto Palsu Diungkap FBI, Kerugian Hingga Miliaran

  3. Pingback: Daftar Terbaru 383 Aset Kripto Resmi yang Diakui Bappebti

  4. Pingback: Jadi Influencer Kripto, Kim Kardashian Didenda Rp 19 Miliar

  5. Pingback: Waspadai Modus Baru Penipuan Kripto Pig Butchering

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top