Finansial

Investigasi Bisnis VTUBE, Apakah Penipuan?

Investigasi Bisnis Vtube

Baru-baru ini muncul sebuah aplikasi rintisan startup bernama VTUBE yang diklaim akan dapat menghasilkan uang bagi anda sebagai penggunanya. Model kerjanya cukup sederhana, anda tinggal menonton video-video yang tampil di aplikasi tersebut, dan uang pun akan masuk ke akun anda.
“Kerjanya kita hanya menonton video dan iklan di VTube selama kurang lebih lima menit rutin setiap harinya tanpa bolong selama 40 hari. Kalau kita menyelesaikan misi tersebut maka kita akan mendapatkan poin yang bisa ditukar dengan rupiah dimana satu poin itu nilainya satu dollar,” kata salah satu Leader, James Lembong di salah satu media online.

Bisnis model periklanan video ini penghasil uang ini sebenarnya akan dirilis baru bulan April 2020 ini. Namun sampai tulisan ini dirilis, kami belum menemukan jejak aplikasi ini di Playstore. Yang baru terlihat saat ini adalah iklan-iklan dari member VTUBE untuk mengajak para calon member baru untuk mendaftar.
Belakangan baru kami ketahui bahwa aplikasi ini hanya akan bisa di download oleh member yang sudah mendaftar, belum untuk publik umum.

CARA KERJA BISNIS VTUBE

Menyimak beberapa tulisan dan video penjelasan VTUBE, kami mendapatkan gambaran bagaimana pengguna VTUBE dapat menghasilkan uang. Selama 40 hari, member VTUBE harus menonton 5 video iklan untuk mendapatkan 0,3 poin. Sehingga 40 hari anda bisa mendapatkan 12 poin.
Dan 1 poin bernilai sama dengan $1 USD, sehingga selama 40 hari nonton VTUBE anda akan menghasilkan $12 USD.
Merasa penghasilan anda tersebut kurang? Anda akan diberikan pilihan untuk membeli paket-paket Bintang seperti terlihat di gambar dibawah ini.

Cara kerja bisnis VTUBE

Dari gambar diatas anda bisa melihat bahwa semakin tinggi paket Bintang yang anda beli, maka potensi pendapatannya akan semakin besar. Setelah 40 hari, anda kemudian harus tetap membeli paket Bintang tersebut untuk dapat menikmati keuntungan lebih besar dari menonton video VTUBE.

Selain itu, pengguna VTUBE dapat memperbesar potensi penghasilannya dari program referral dimana mereka akan dapat komisi tambahan jika sudah mengajak member-member baru.
Secara garis besarnya cara kerja VTUBE seperti itu, walaupun ada lagi mekanisme lain untuk biaya penarikan uang berdasarkan “Experience.” Artinya untuk menarik keuntungan anda dari VTUBE akan bergantung pada sistem “Experience” ini.

Kami sendiri melihat mekanisme VTUBE ini sepertinya sudah dipersiapkan dengan baik oleh pembuatnya. Detail konsep dan penjelasannya walaupun cukup panjang namun masih cukup jelas dan gampang untuk dipahami.

MEMBANDINGKAN VTUBE dengan YOUTUBE

Bisnis VTUBE digadang-gadang akan menjadi pesaing Youtube, namun coba kita bandingkan model bisnis kedua aplikasi ini.
Youtube, seperti sudah kita kenal bersama, tidak akan membayar para penonton videonya. Mereka hanya membayar komisi iklan pada para pembuat konten video di Youtube.
Darimana Youtube bisa membayar para pembuat konten video tersebut? Tentunya dari pengiklan yang memasang iklan di video-video yang tampil di Youtube. Ini juga bisa dikatakan sebagai apreseasi atas jerih payah para pembuat konten video di Youtube.

Berbeda dengan VTUBE yang justru akan membayar penonton videonya! Darimana VTUBE mendapatkan uang untuk membayar penontonnya?
Ada 2 jawaban, pertama dari biaya paket BINTANG yang dibayarkan oleh membernya, dan dari para pengiklan di video VTUBE tersebut.

Namun coba jika Anda berada di posisi sebagai pengiklan, apakah Anda mau memasang iklan di media yang penontonnya memang dibayar untuk menonton iklan Anda? Anda coba bisa jawab sendiri!

APAKAH VTUBE BISNIS PENIPUAN?

Seperti paparan cara kerja dan model bisnis VTUBE diatas, mungkin anda sudah bisa mengetahui jawabannya.
Kuncinya adalah darimana VTUBE bisa membayar para membernya hanya dengan menonton video saja. Jika sumber uangnya adalah dari para pengiklan, logika bisnis kami yang memang bergerak di bidang publisher online, sepertinya tidak masuk akal.
Pengiklan tidak akan mau membayar orang hanya untuk menonton video mereka. Yang pengiklan cari adalah orang yang mau membeli produk/jasa mereka, bukan orang yang hanya duduk manis dan menonton iklan saja.
Atau seperti di Youtube, pengiklan memberi penghasilan ke para kreator konten Youtube yang telah membuat video sebaik mungkin, itu yang masuk akal!

Sistem paket Bintang yang ditawarkan VTUBE menjadi semacam kunci jawaban untuk menjawab apakah VTUBE bisnis penipuan atau tidak. Jika member VTUBE ingin mendapatkan penghasilan lebih besar, member tersebut harus membeli paket Bintang yang lebih mahal lagi. Dan itupun harus diperpanjang lagi setiap 40 harinya.
Artinya, VTUBE juga mendapatkan uang dari para member yang membeli paket-paket nonton VTUBE ini.

Bisnis model ini mengingatkan kami pada bisnis investasi abal-abal MEMILES yang beberapa bulan lalu telah dibongkar. Sama-sama menggunakan jargon aplikasi dan bisnis periklanan online, kami menduga VTUBE pun akan bernasib sama. Model bisnis investasi bodong ala skema ponzi tercium dari paparan model bisnis VTUBE ini.
VTUBE menawarkan paket-paket yang harus dibeli terlebih dahulu untuk bisa mendapatkan penghasilan besar, yang tentunya hasilnya akan jauh lebih besar dari biaya paket yang mereka bayarkan.
Dan suatu saat VTUBE merasa penghasilannya cukup besar dari pembelian paket-paket tersebut, mereka akan kabur/scam dan meninggalkan anggotanya yang telah terlanjur membeli paket-paket video tersebut.

Semoga pemerintah dapat cepat mengendus bisnis penipuan sejenis ini agar masyarakat tidak lagi terjerumus dalam kerugian. Masyarakat pun harus lebih cerdas dan bijak agar dapat terhindar dari model investasi bodong ala MEMILES ini.
Saat tulisan ini dibuat pun kami sudah mencoba menghubungi beberapa pihak terkait di pemerintahan untuk segera menginvestigasi bisnis VTUBE yang promosinya sudah mulai banyak beredar di dunia online Indonesia saat ini.

Incoming search terms:

  • vtube
  • apa itu vtube
  • bisnis vtube
  • aplikasi vtube
  • vtube resmi atau tidak
  • Vtube adalah
  • apakah vtube itu benar
  • bisnis vtube apakah penipuan
  • apakah vtube penipuan
  • penipuan vtube
32 Comments

32 Comments

  1. liontin

    April 23, 2020 at 7:06 am

    untuk membeli pake bintang kan memakai poin, bukan memakai uang

    • Nita K Ismail

      April 23, 2020 at 6:31 pm

      Untuk membeli poin, memakai uang pak

      • Doni

        Juni 5, 2020 at 11:30 pm

        Emng bener sih, tapikan membeli point itu uangnya nggk masuk ke rekening perusahaan. Masuknya ke rekening member member vtube yang lain.

        Kalo mba balum paham tentang vtube ini silahkan bertanya di ig @vtubebisnis.id

        Jadi kalo belum tau semua tentang vtube jangan so soan bilang vtube ini negatif/bodong

      • Samsul

        Juni 13, 2020 at 5:11 am

        Untuk membeli paket bintang,pake poin,poin di dapat dari menonton iklan …kita tidak ngeluarin uang bang

      • Edward

        Juni 13, 2020 at 12:56 pm

        1) Membeli memakai uang atau poin view (PV) itu pilihan peserta/anggota vtube, yang gabung sudah dewasa. Tau mana resiko mana bodong.

        2)Di sini siapa yang menonton iklan di youtube / TV tanpa skip / pindah channel…
        Mayoritas SKIP dan pindah channel ya kan…. ngaku
        Kalo sebagai pengiklan saya akan merasa merugi saya bayar mahal buat bikin iklan bagus, bayar media buat tayang… tapi tanpa ditonton….😭😭😭😭😭
        mendingan pengiklan mengiklankan di applikasi/media di mana pemakai media/app-nya wajib nonton iklannya…. apa ya media/applikasinya?…..

        VTube🤔👍

        3) Kemungkinan penonton memakai produk pengiklan makin besar kalo iklannya ditonton full. Entah itu penonton bayaran (vtube) atau penonton non bayaran (youtube/tv biasa).

  2. Izzatul Azizah

    Mei 4, 2020 at 6:43 pm

    Vtube sudah mendapat izin dari Kominfo sudah ada surat izin dari pemerintah, apakah masih dibilang penipuan klo sudah ada izin dari Kominfo? Sedangkan membernya mendaftar secara gratis…

    • bang pan

      September 15, 2020 at 3:30 pm

      tapi ketika saya klik kebijakan privasi/policy privacy di playstore kenapa terkena internet positif?sementara saya klik kebijakan privasi aplikasi lain seperti instagram dan whatsapp tidak

    • bang pan

      September 15, 2020 at 3:33 pm

      coba mbaknya klik kebijakan privasi di playstore vtube, apakah kena internet positif?

  3. Bang miin

    Mei 6, 2020 at 3:44 am

    Apakah daftarnya pakai uang?….sepertinya sampean jelas sekali menerangkan mslh keuntungan vtube…. Saya jd mantap pengen jd anggota vtube…

  4. Mr jhon

    Mei 6, 2020 at 8:55 am

    Dlm dunia ini ada 2 macam org,
    1.pintar dlm perbuatan
    2.Pintar dlm omongan
    Utk anda yg posting *tradinguang.com*
    Ini termasuk yg mana,,kl menurut saya,anda yg nomor 2,pinter omong, OOT,
    Gk bisa membuat tp bisanya hanya mencemooh,,

  5. Rodiyah

    Mei 7, 2020 at 3:47 am

    Memang penonton bayaran ga bakalan tertarik sama iklan? Bisa jdi walau dibayar juga mbelanjakan uangnya untuk produk yg ditayangkan

  6. Vtuber

    Mei 9, 2020 at 4:16 am

    Apa bedanya perusahaan bayar iklan ke Youtuber atau penonton Vtube. Silakan jawab?? Yg tujuannya biar prodak mereka bisa dinonton lalu penonton punya pontesi untuk membeli prodaknya.

  7. Hajirin Aseli

    Juni 1, 2020 at 8:12 am

    sebagai bentuk tindakan agar saya tidak tertipu oleh binis odong odong,saya perlu waspada.
    disisi lain,saya harus memanfaatkan peluang yang ada,dalam rangka mengingkatkan kesehatan finansial saya.

    seteelah membanding,dengan jujur dan obyektif pada diri saya.dari informasi yang saya dapat
    maka saya memilih untuk bergabung dengan Vtube 🙂

    bagi para trader,sambil mantau chart….tak ada ruginya gabung Vtube ini 😀

    • ZAENAL ARIFIN

      Juli 8, 2020 at 3:01 am

      Kalau saya sebagai pengiklan, maka saya sangat senang kalau iklan saya di tonton, dan di vtube penonton terkordinir dengan jelas..
      Sedangkan di di youtube, justru penonton kebanyakan *lewati iklan* krn iklan dianggap mengganggu, padahal yg mbayar youtube adalah sponsor/iklan tsb.. (kita sebagai penonton wajar2 sj karena di youtube, penonton tdk dibayar)
      Di TV sering kita lagi nonton film, ketika ada iklan, maka kita pindah chanel.

  8. Samsul

    Juni 13, 2020 at 5:17 am

    Hakikat iklan semacam hipnosis,,,terus menerus di ulang ulang agar masuk ke fikiran bawah sadar penonton.Yang pada ahirnya penonton meng IYA kan produk mereka,walaupun penonton bayaran…sampai disini paham??

  9. Bayu Pradana

    Juni 22, 2020 at 5:57 am

    Ikut menyimak

  10. Hen

    Juni 24, 2020 at 4:51 am

    Saya seorang youtuber, waktu beberapa hari memualai saya d taaarin buat menaikan jam tayang vidio saya, karnamemang syarat dari youtube harus sudah 4000 jam tayang dan 1000 subs baru bisa d pasang iklan atau di monetisasi…
    Apakah ada hubungannya vtube dgn jasa penaikan jam tayang..

    • Nita K Ismail

      Juni 28, 2020 at 4:38 pm

      Pastinya tidak ada hubungannya pak

  11. Boundex26

    Juni 26, 2020 at 8:58 pm

    Saya rasa ini cuma persaingan bisnis…
    Sekarang kita tidak d tuntut mengeluarkan uang…
    Seseorang mndapatkan income secara berbeda-beda…
    Jangan kan di dunia online… Di dunia real aja kita pasti ada saingan… Malahan teman kita sendiri bisa jadi saingan kita…
    Oke kata nya kita beli paket mahal mahal buat nonton iklan…sekarang tanpa nonton iklan pun kita beli paket mahal2 kan. .
    Kita tahan nntn video unfaedah ngabisin paket trus apa yang kita dapat…yang punya video semakin kaya..yang nonton video gak sadar2 ngabisin uang beli paket..padahal buat makan susah…
    Satu lagi postingan kakak ini… Dia pasti mengeluarkan uang juga untuk memposting berita ini…nah dari mana kakak ini dapat kan income???… Untuk mengembalikan uang yang sudah keluar untuk menerbitkan berita nya???

  12. Nitram Yrah

    Juni 28, 2020 at 2:41 pm

    Siapa bilang ikut VTube GRATIS?
    Hehehe…kalau daftar sih…gratis bahkan dapat perangsang 10VP gratis.
    Mari simak baik-baik, bagaimana jebakan Vtube menganga siap melahap
    semua uang kita…
    Dibaca dan dicerna dengan hati terbuka ya.

    Ini uraian propaganda peserta VTUBE:

    Rumus Vtube mulai hasil kecil, besar dan terus membesar dan makin besar.

    Paket Misi Gratis
    0.3 X 40 = 12 View Point
    Misi gratis akan berakhir selama 40 Hari.

    Selanjutnya untuk terus bisa kumpulkan Vp, kita harus mengaktifkan paket Bintang

    Keuntungan sangat luar biasa, kalau bisa mengaktifkan semua paket. Di jabarkan di bawah ini keuntungan dari paket bintang 1-4 :

    Aktif Bintang 1

    0.3 vp X 8 Paket
    = 2.4 Vp / hari X 40 hari jalankan misi
    = 96 VP di potong biaya perpanjang paket

    Untung = 16 Vp. Rp. 249.600
    ————————–

    Aktif Bintang 2

    3.099 vp X 4 Paket
    = 12,396 Vp / hari X 40 hari jalankan misi
    = 495,84 Vp di potong biaya perpanjang paket

    Untung = 95,84 VP. Rp. 1.495.104
    —————————

    Aktif Bintang 3

    15,75 vp X 2 paket
    = 31,5 Vp / hari X 40 hari jalankan misi
    = 1260 Vp di potong biaya perpanjang paket

    Untung 260 Vp. Rp. 4. 056.000
    —————————

    Aktif Bintang 4

    32,001 Vp X 2 paket
    = 64,002 Vp/ perhari X 40 hari jalankan misi
    = 2.560, 08 Vp di potong biaya perpanjang paket

    Untungnya 560,08 VP. Rp. 8.737.248
    —————————-

    Jadi baru bisa aktif sampai paket Bintang 4 saja penghasilan Vtuber adalah:

    Jumlahkan Keuntungan dari Paket 1-4

    1 Rp. 249.600
    2 Rp. 1.495.104
    3 Rp. 4. 056.000
    4 Rp. 8.737.248

    Total pendapatan setiap bulan adalah
    Rp. 14. 537. 952

    BENARKAH?????
    Mari kita analisa bersama:
    Untuk mengaktivkan paket sampai bintang 4, member harus membayar sbb:

    8x$10= $80
    2x$100=$200
    2x$500=$1.000
    2x$1.000=$2.000
    total=$3280 atau
    rp. 49.200.000

    Sebelum lanjut, Sampai di titik ini, member harus mengeluarkan uang
    49.200.000 agar bisa panen setiap 40 hari sebesar rp.14.537.952.

    Jadi, uang kita ini, nanti kembali modal (rp.49.200.000)
    setelah 4 putaran selesai
    (4×40 hari=160 hari), 160 hari baru kembali modal.

    Artinya, selama 160 hari pertama, kita sebenarnya hanya menerima uang kita
    sendiri.

    nanti hari ke 201, baru sesungguhnya kita menerima 14.357.952,
    murni sebagai untung.

    Katakan ada 1.000 Member yang akan menerima 14.357.952 pada hari ke 201
    Artinya, VTUBE harus menyediakan uang perusahaan sebesar 14.357.952.000
    (baca: EMPAT BELAS MILYAR…..)

    Uang dari mana?
    1. Dari Sumber iklan (Pengiklan membayar Vtube)
    2. Member Get Member

    Logika sederhana, 1000 member ini, pasti hanya suka tonton iklan, agar misi harian selesai.
    Katakan, saya punya produk unggulan, dan ingin beriklan untuk menggiring peminat
    menggunakan produk saya.
    Saya TIDAK akan beriklan di vtube. karena durasi 7-10 detik periklan, Tanpa link untuk menggiring
    viewer ke website saya, otomatis saya hanya buang uang.

    Berikutnya lagi tentang iklan:
    Setiap member hanya wajib menonton 10 iklan per hari selama 40 hari.
    Total iklan per 40 hari hanya 40×10= 400 iklan.
    14 Milyar dibagi 400 = 35 juta periklan… wow…durasi 10 detik
    pengiklan harus membayar 35 Juta.
    Kalau saya pengiklan, PASTI tidak mau hambur uang lewat vtube

    Kalau penghasilan member bersumber dari member get member, wow, ponzi banget.

    Resmi meluncur 15 April. Berarti sekitar tanggal 1-5 November 2020 adalah hari
    ke 201.
    Berikut data dan fakta di hari ke 201:

    1000 member yang telah membeli paket rp. 49.200.000 Total Nilai uang anda
    adalah 1.000 x 49.200.000 = 49.200.000.000
    70% dari 49Milyar = 34,3 Milyar kembali ke member.
    Fee untuk vtube dari biaya klaim adalah 30% (30% x 49M)= 14,7 Milyar.

    Apa yang akan terjadi?
    Godaan ditingkatkan agar member lama kembali menginvestasikan uangnya;
    Vtube memaksa member agar gencar menambah member baru.
    atau
    tiba-tiba vtube nya hilang…..ambyar.

    • Nita K Ismail

      Juni 28, 2020 at 4:45 pm

      Terimakasih penjelasannya, cukup mendetail hitungannya

      • Novia

        Juli 11, 2020 at 1:33 am

        400 iklan per member sedangkan 14M untuk mebayar 1000member…harusnya 400×1000 member =400.000
        14.000.000.000:400.000=35.000/iklan

    • Sopian

      Juli 10, 2020 at 2:13 am

      Wkwkwkk capruk artikel ini.parah hahahah
      Helow paket di beli. Itu bahasa istilah.. Perusahaan sepeserpun tdk berhak menerima uang. Karena perusahaan udah dapat komisi dRi perusahaan pasang iklan. Kalo nipu masa yg pasang iklan nya.
      Yamaha, kfc,mcd donald, zinc ,abc,bmw,mercedes,dan masih bnyak perusahaan besar. Ata halilintar saja 22m perbulan. Apa anda mau bilang vtube ngawaur wkwkkwkw parah parah

    • Novia

      Juli 11, 2020 at 1:26 am

      14 milyar dibagi 400 iklan berarti anda hanya menghitung 1 member…sedangkan diatas anda mengkalikan dengan 1000 member…harusx 400×1000=400.000
      14.000.000.000:400.000=35.000/iklan….

    • Rustawan

      Juli 24, 2020 at 3:08 pm

      Ini sih Logika Jongkok….logika yg blum tuntas memahami bisnis Vtube…

    • indrasir

      Juli 27, 2020 at 12:25 am

      Saya dan Anda sama2 menunggu ya benarkah dugaan anda pada hari 201 vtube akan menghilang. Kalau dugaan anda benar, bisa jadi akan menjadi amal jariah bagi anda krn udah mengingatkan bahayanya vtube tapi sebaliknya klo dugaan anda tdk benar dan malah vtube makin eksis dan bisa melampuai target sprti youtube. Maka ini akan menjadi bumerang buat anda. Oh ya satu lg, cara perhitungan anda itu ga benar,dan bbro poin ada salah total dlm menilai vtube. saya juga awalnya ragu sama vtube tapi setelah saya pelajari dan saya simulasikan sangat berbeda jauh dgn prasangka buruk yg anti vtube. Logikanya ko bisa ya perusahaan2 itu iklan fi vtube kenapa ga komplain jika ada penyalahgunaan.

    • Rustawan

      Juli 24, 2020 at 3:02 pm

      ini OJK Menghayal atau ngelindur…. kok dibilang ada investasi… padahal registrasi di Vtube sama sekali tdk bayar…trus yg di bilang 70 rb sapai 200 rb itu dari mana ya.. bingung saya…
      Hai OJK bangun… lagi mimpi kayaknya…

  13. Rusli

    Agustus 31, 2020 at 1:36 am

    Saya sejak gabung di Vtube sampai dengan saat ini berada di level 3 belum sepeserpun mengeluarkan duit.
    Perlu anda ketahui bahwa Vtube bukan bisnis investasi sebab tidak ada penyetoran uang baik diawal gabung atau untuk naik level berikutnya juga bukan bisnis MLM.
    Saran buat anda jika mau melakukan investigasi sebaiknya lakukan investigasinya secara mendalam jangan hanya lihat dari luarnya atau hanya dengar dari orang2, pelajari Marketing Plannya.
    Kalo merasa bisnis anda merasa tersaingi dgn bisnis Vtube dan ga ada peminat silahkan lakukan inovasi terbaru biar membuat betah member bisnis anda jangan menjelekkan bisnis lain.
    Ingat bisnis Vtube ini sejak dilaunching bulan April 2020 sampai dengan akhir Juli 2020 sudah ada empat jutaan member yg terdaftar, (bisnis anda berapa membernya?).
    Dan perlu anda ketahui bahwa banyak member memperoleh penghasilan Jutaan bahkan ratusan juta, ingin buktinya silahkan search di google orang2 yg sudah mendapatkan penghasilan dari Vtube.

  14. Popong

    September 9, 2020 at 9:48 pm

    Percuma ninggalin komentar panjang2 pake itung2an segala🤣

    penulis cuma berani jawab yg dukung dia doang.. udah sotoy cemen pulak..

    jangan bekoar kalo belom tau apa yg bener mbak..

    hati2 jadi penyebar hoax.. akhirat nanti balasannya.. kerudung jangan cuma jadi hiasan..

    kalo ud ikut Vtube, pasti doyan juga sama hasilnya..
    Coba ikut dulu.. dalamin dulu marketing plannya baru ketik ulang postingannya..

    • Fernando

      September 16, 2020 at 7:21 pm

      Mantap kali komentarnya bang.kita tidak bayar dgn uang untuk daftar member vtube.kita cuma nonton iklan.ruginya apa?
      Rugi dari mana? seumpama vtube bodong atau bubar saya tidak rugi.yang rugi yang punya pikiran negatif.VTUBE memang is the best.

  15. Pingback: Investigasi Bisnis VTUBE, Apakah Penipuan – Site Title

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top