Finansial

5 Tips Jitu Mengelola THR Untuk Investasi!

5 Tips Jitu Mengelola THR Untuk Investasi!

5 Tips Jitu Mengelola THR Untuk Investasi!

Tunjangan Hari Raya atau yang sering disebut dengan istilah THR kerap ditunggu oleh banyak orang menjelang lebaran. Namun pada prakteknya seringkali uang THR mudah menguap tanpa penggunaan yang jelas. Pertanyaan yang kemudian muncul adalah, adakah tips jitu mengelola THR untuk investasi?

Artikel ini akan membahas lebih jauh terkait bagaimana penggunaan uang THR yang tepat. Sekaligus juga akan mengulas tentang 5 tips jitu dalam mengelola THR untuk investasi. Bagi Anda yang tertarik pada pembahasan kali ini, maka kami sarankan untuk membaca ulasan ini hingga tuntas. Lantas, apa saja 5 tips jitu mengelola THR untuk investasi tersebut? Berikut penjelasan lengkapnya!

Apa Itu THR?

Dikutip dari berbagai sumber, dijelaskan bahwa THR merupakan hak wajib yang dipenuhi perusahaan menjelang hari raya. Adapun untuk tahun 2021, kewajiban THR dituangkan ke dalam Surat Edaran (SE) Menteri Ketenagakerjaan No. M/6/HK.04/IV/2021 tentang Pelaksanaan Pemberian Tunjangan Hari Raya Keagamaan Tahun 2021 bagi Pekerja/Buruh di Perusahaan. Melalui aturan tersebut, perusahaan wajib memberi THR kepada pekerja/buruh dengan status apapun minimal tujuh hari sebelum hari raya.

Baca Juga: Aset Kripto Layak Menjadi Investasi Masa Depan?

Sementara pada tahun 2022, aturan pemberian THR 2022 dituangkan dalam Surat Edaran Menteri Ketenagakerjaan Nomor: M/1/HK.04/IV/2022 tentang Pelaksanaan Pemberian Tunjangan Hari Raya Keagamaan Tahun 2022 bagi Pekerja/Buruh di Perusahaan. THR wajib dibayarkan paling lambat tujuh hari sebelum Lebaran. Pembayaran THR Lebaran Idul Fitri 2022 dilaksanakan.

Mengapa Perlu Mengalokasikan THR Untuk Investasi?

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa pada prakteknya kerap kali THR mudah menguap tanpa penggunaan yang jelas. Untuk itulah, ada sejumlah alasan terkait perlunya mengalokasikan THR untuk investasi. Salah satunya adalah hal ini akan berguna bagi masa depan Anda sendiri nantinya.

Namun dalam kondisi dunia yang masih diliputi ancaman pandemi, itu artinya Anda harus pintar dalam membaca situasi termasuk pilihan jenis investasi. Maksudnya, dengan analisis fundamental yang baik, Anda dapat memilih investasi tertentu dan mendapat keuntungan dengan menjualnya saat harga naik di masa yang akan datang.

Apa Saja Tips Mengelola THR untuk Investasi?

1. Buatlah Rencana Pengeluaran

Jika Anda telah mengetahui terkait besaran THR yang akan diterima, penting bagi Anda untuk mulai mencatat dan menghitung berbagai pengeluaran yang dibutuhkan. Selain itu, Anda harus memilah skala prioritas mulai kebutuhan paling mendesak hingga sebaliknya

2. Sadar Pentingnya Menabung

Bagi Anda yang telah menerima THR, ada baiknya dana tersebut tidak dihabiskan seluruhnya. Artinya Anda harus tetap menyisihkan uang THR yang Anda terima untuk ditabung. Dengan menabung, dapat mencegah Anda dalam berperilaku konsumtif. Ingat, menabung dalam jumlah sekecil apapun, dapat sangat bermanfaat untuk dapat membentuk kebiasaan yang baik di masa depan.

Baca Juga: Perbedaan Antara Menabung dan Investasi Juga Kelemahannya

3. Jangan Lupa Berinvestasi

Investasi juga bisa menjadi salah satu pilihan ketika mendapatkan THR. Memilih investasi yang tepat dapat menjadi langkah penting sebagai langkah antisipatif terhadap risiko-risiko yang kemungkinan terjadi bisa ditanggulangi. Apabila Anda mengincar profit yang lebih besar dengan tentunya resiko yang lebih besar juga, Anda bisa mempertimbangkan untuk menempatkan dana dengan berinvestasi.

4. Pelajari Instrumen Investasi yang Akan Dipilih

Berbagai instrumen investasi memiliki karakteristiknya masing-masing. Anda dapat mempelajari instrumen investasi terlebih dahulu dengan membaca buku, analisis, hingga mengikuti kelas online yang membahas tentang investasi. Selain mengenal karakteristiknya, Anda juga harus memperhitungkan risikonya. Ada beberapa jenis investasi yang dapat Anda pilih. Diantaranya adalah saham, deposito, aset cryptocurrency, reksadana, obligasi negara, trading forex, dan emas.

5. Jangan Lupakan Dana Darurat

Salah satu hal penting yang bisa dilakukan dengan uang THR adalah perencanaan dana darurat. Dengan dana darurat, Anda dapat menyimpan dan menggunakannya untuk keperluan mendesak lain. Yakni seperti perbaikan mobil, perbaikan rumah, biaya pendidikan anak, atau keperluan untuk kesehatan. Dengan begitu, dana darurat akan dapat bertambah tanpa perlu mengurangi gaji bulanan yang digunakan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.

Baca Juga: Investasi Jangka Pendek VS Investasi Jangka Panjang

Kesimpulan

Itulah ulasan beberapa tips terkait langkah-langkah jitu dalam mengalokasikan uang THR untuk berinvestasi. Investasi adalah penanaman uang yang dilakukan dengan cara menempatkan sejumlah dana di instrumen keuangan dalam jangka waktu tertentu untuk memperoleh keuntungan berupa pertambahan nilai di masa depan.

Oleh sebab itu, pengelolaan uang THR untuk investasi merupakan pengetahuan literasi keuangan yang penting. Sekali lagi, kemampuan yang baik dalam hal mengelola THR akan berguna bagi masa depan Anda sendiri nantinya.

Lita Alisyahbana
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top