Crypto

Bitcoin Makin Moncer, Ini Cara Penyimpanan dan Resikonya

Harga cryptocurrency Bitcoin diramal terus meningkat di tahun 2021. Banyak faktor yang membuat harga uang kripto ini terus meningkat. Untuk informasi, Bitcoin merupakan mata uang kripto yang dibuat pada 2009 oleh orang tak dikenal menggunakan nama Satoshi Nakamoto.

Bahkan, sampai dengan hari ini banyak orang yang bertanya-tanya soal siapa sebenarnya sosok Satoshi Nakamoto si pembuat cryptocurrency Bitcoin itu. Sampai akhirnya pengembangan Bitcoin terus berlanjut hingga kini dan sosok dengan nama tersebut hilang tidak terdeteksi.

Seperti yang diketahui, kini Bitcoin mendapatkan dukungan dari sejumlah pihak setelah bertahun-tahun tampaknya orang skeptis terhadap mata uang digital tersebut. Beberapa waktu lalu, Tesla Inc memborong Bitcoin senilai USD 1,5 miliar dan mengumumkan bahwa akan segera menggunakan Bitcoin sebagai pembayaran untuk kendaraannya.

Tak hanya Tesla saja, mengutip dari CNN hari Jumat (21/2/2021) Mastercard Inc juga akan mendukung penggunaan beberapa jenis aset kripto dalam jaringannya pada tahun ini. Executive Vice President Mastercard, Raj Dhamodharan mengatakan, “Filosofi kami terhadap cryptocurrency sangat lah jelas, ini tentang sebuah pilihan”. Dampak dari pengumuman Mastercard tersebut, berhasil mengerek nilai Bitcoin tembus harga tertinggi sepanjang masa.

Jika selama ini Anda mengabaikan Bitcoin karena berpikir itu mungkin hanya tren keuangan, mungkin ini mulai saatnya memperhatikan mengenai mata uang digital paling populer tersebut.

Banyak orang melihat Bitcoin sebagai salah satu bentuk investasi, namun kini Bitcoin digunakan mulai dari Overstock.com hingga PayPal.

Di Mana Dapat Membeli Bitcoin?

Seperti yang diketahui, mata uang kripto tersebut merupakan 100 persen digital. Pasar yang disebut “bitcoin exchanges” memungkinkan orang untuk membeli dan menjual Bitcoin menggunakan mata uang tradisional berbeda. Coinbase termasuk bursa terkemuka bersama Coinmama, CEX.ICO dan Gemini sebagai tempat transaksi Bitcoin.

Juga di Indonesia sendiri, melansir dari detikcom, Oscar Darmawan selaku CEO Indodax mengatakan, “Pemula bisa mencoba trading dengan modal Rp 10.000 saja. Karena Bitcoin di Indodax bisa dijual dengan pecahan desimal hingga pecahan terkecil dari Rp 10.000”.

Bitcoin Makin Moncer, Ini Cara Penyimpanan dan Resikonya

Bitcoin Makin Moncer, Ini Cara Penyimpanan dan Resikonya

Di Mana Menyimpan Bitcoin?

Karena 100 persen digital, maka Bitcoin disimpan dalam dompet digital baik di cloud dan komputer. Ini seperti memiliki rekening bank virtual. Akan tetapi, tidak seperti rekening bank, mata uang kripto tersebut yang disimpan tidak diasuransikan oleh FDIC.

Apakah Bitcoin Aman?

Seperti yang diketahui, harga mata uang kripto sangat fluktuatif dan berisiko. Seperti yang terjadi pada bulan Januari, nilai Bitcoin naik menjadi USD 42.000 dan turun menjadi USD 30.000. Lalu naik lagi menjadi USD 40.000, semua terjadi hanya dalam waktu satu minggu saja.

Kemudian ada risiko lainnya seperti server yang diretas, file yang terhapus, dan kata sandi yang hilang sehingga dana dapat hilang selamanya.

Seperti kisah Stefan Thomas yang berisiko gagal menjadi triliuner hanya karena tak bisa mengakses tabungan Bitcoinnya. Thomas yang juga merupakan programer asal Jerman yang tinggal di California, Amerika Serikat tersebut mengaku bahwa dirinya terancam kehilangan sebanyak 7.002 Bitcoin.

Angka tersebut setara dengan US$ 220 juta, dan jika dinominalkan Rupiah (kurs US$ 1: Rp 14.142) maka ditemukan jumlah Rp 2,8 triliun.

Thomas gagal mengingat password yang digunakan untuk menyimpan Bitcoin miliknya di hard drive IronKey. Mengutip dari Independent, Thomas telah mencoba delapan variasi kata sandi yang biasa digunakan namun hingga kini tidak ada yang berhasil. Untuk informasi, ia hanya punya dua kesempatan lagi untuk memasukkan kata kunci yang benar sebelum Bitcoin itu terkunci selamanya.

Lita Alisyahbana
1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Kisah Bitcoin Jadi Mahar Perkawinan

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trading Saham di EXNESS
To Top