Bisnis

Bootstrapping atau Pendanaan Equitas, Model Pendanaan Apa Yang Cocok untuk Bisnis Anda?

Membangun bisnis memang membutuhkan modal. Bagi pengusaha yang akan memulai bisnis, menentukan dana bisnis adalah hal yang harus dipikirkan dengan matang. Secara umum, ada dua cara yang bisa dipilih oleh pengusaha untuk mendanai bisnis mereka, yakni dengan bootstrapping dan pendanaan ekuitas.

Pengusaha yang memilih bootstrapping sebagai arus pendanaannya akan mendanai bisnisnya menggunakan modal pribadi dan revenue dari perusahaan. Sedangkan jika pengusaha memilih pendanaan ekuitas, maka pendanaan didapatkan dari luar, misalnya saja dengan mencari investor atau crowdfunding ekuitas.

Kemudian muncul pertanyaan, apakah lebih baik menggunakan bootstrapping atau pendanaan equitas? Jawabannya, tergantung dari jenis perusahaan yang ingin Anda bangun dan bagaimana Anda ingin membangunnya. Keduanya menawarkan kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Jika Anda ingin aliran dana lancar dan bisnis berkembang dengan cepat, maka pendanaan ekuitas dinilai lebih cocok. Namun sebagai konsekuensinya, Anda akan kehilangan sebagian kepemilikan dan kontrol atas bisnis Anda. Sebab, Anda telah menjual bagian kepemilikan tersebut kepada investor.

Dan jika ingin memiliki kontrol penuh atas bisnis, maka lakukan pendanaan pribadi, tapi sebagai konsekuensinya, Anda harus memiliki modal yang cukup besar untuk mendanai jalannya bisnis Anda. Jika tidak, perkembangan bisnis Anda akan sangat lambat.

Lalu, bagaimana memilih metode pendanaan yang tepat untuk bisnis Anda? Berikut ini akan kami berikan gambaran kelebihan dan kekurangan bootstrapping dan pendanaan equitas.

Bootstrapping atau Pendanaan Equitas, Model Pendanaan Apa Yang Cocok untuk Bisnis Anda?

Bootstrapping atau Pendanaan Equitas, Model Pendanaan Apa Yang Cocok untuk Bisnis Anda?

Mengapa memilih bootstrapping?

Banyak pengusaha yang memilih pendanaan pribadi karena ingin mempertahankan kepemilikan penuh atas bisnisnya. Pendanaan pribadi juga memberikan kebebasan pemilik bisnis untuk mengontrol dan membuat keputusan terkait kelangsungan bisnisnya. Pemilik bisnis juga tidak perlu pusing dengan tekanan dari luar.

Karena Anda tidak meminjam uang dari luar, Anda tidak perlu mengalokasikan profit yang Anda dapatkan untuk membayar pinjaman tersebut. Anda dapat mengatur semua pendapatan dan menginvestasikannya kembali agar bisnis lebih berkembang.

Meskipun demikian, pendanaan model bootstrapping mungkin akan membuat perkembangan bisnis lebih lambat.
Sebab, modal yang Anda miliki terbatas dan penghasilan dari bisnis yang baru dimulai juga masih terbatas. Keterbatasan dana ini pasti akan mempengaruhi banyaknya proyek yang bisa Anda tangani. Oleh karena itu, meskipun bisnis sangat mungkin untuk berkembang, tapi perkembangannya akan terbatas.

Selain dana yang akan sangat terkuras, Anda juga perlu bekerja lebih keras ketika memilih bootstrapping. Di awal memang membutuhkan banyak pengorbanan, tapi semuanya akan menjadi semakin mudah ketika bisnis sudah lebih stabil.

Mengapa Memilih Pendanaan Ekuitas?

Memlih pendanaan ekuitas memberikan banyak kemudahan untuk mengembangkan bisnis Anda. Anda dapat membuat langkah besar untuk mencapai tujuan tanpa mengalami kesulitan pendanaan. Misalnya saja, dana dapat digunakan untuk merekrut tenaga pemasaran dan penjualan untuk memaksimalkan pasar bisnis Anda.

Namun, dengan mendapatkan dana dari luar, maka Anda juga harus menyerahkan bagian kepemilikan bisnis Anda ke luar, misalnya saja kepada investor. Dengan memiliki bagian kepemilikan, investor juga berhak untuk menentukan kemana arah bisnis Anda.

Investor akan memberikan saran terkait bisnis untuk memastikan bahwa keputusan bisnis yang diambil akan memaksimalkan return yang mereka dapatkan. Jadi, meskipun bisnis bisa berkembang dengan pesat, pastikan bahwa Anda siap bekerja di bawah tekanan dan pengawasan.

Kedua model pendanaan di atas tidak ada yang lebih baik atau lebih buruk. Semua tergantung tujuan Anda dalam membangun bisnis tersebut. Jenis bisnis apa yang ingin Anda bangun? Apakah tujuan Anda membangun bisnis untuk berkarya atau mendapatkan uang? Apakah definisi kesuksesan untuk Anda? Apakah Anda nyaman dengan tekanan atau lebih suka bekerja dengan pace sendiri? Jawaban Anda yang akan menentukan model pendanaan yang tepat untuk bisnis Anda.

Johnson Manik
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top