Crypto

China Sudah Uji Coba Uang Virtual di McDonald dan Starbucks

Dua perusahaan masuk dalam program uji coba mata uang virtual China, yakni McDonald dan Starbucks. Sebagaimana sudah diketahui, negeri tirai bambu itu tengah mengembangkan Yuan dalam bentuk digital sebagai terobosan baru dalam kemajuan mata uang elektronik.

Yuan digital China akan dikeluarkan oleh Lembaga Penelitian Mata Uang Digital, People’s Bank of China (PBOC) sebagai pengawas pengembangan proyek tersebut. Dalam fokusnya, proyek ini adalah membuat pembayaran digital yang lebih mudah dan lebih cepat.

Ada tiga perusahaan Amerika Serikat (AS) dari 19 perusahaan yang secara total akan berpatisipasi dalam uji mata uang digital di acara promosi pada Rabu lalu di Xiong’an. Adalah McDonald, Starbucks, dan Subway.

Pada hari Jumat (20/4/2020) ini ketiga perusahaan AS itu belum memberikan komentar terhadap berita uji coba uang virtual China tersebut di perusahaannya.

PBOC mengatakan, bahwa uji coba yang telah dilakukan baru-baru ini di Zuzhou di mana Yuan digital digunakan untuk memberikan subsidi kepada pekerja lokal untuk transportasi. Untuk lebih lanjutnya akan dilakukan di Shenzhen dan Chengdu dan menjelang Olimpiade Musim Dingin 2022 di Beijing.

China Sudah Uji Coba Uang Virtual di McDonald dan Starbucks

China Sudah Uji Coba Uang Virtual di McDonald dan Starbucks

Uang virtual China sepertinya menjadi salah satu kemajuan yang potensial dalam membantu menginternasionalkan Yuan. Selain itu, terobosan ini juga dipicu seruan AS mendorong Federal Reserve untuk mempercepat pengembangan dolar digital.

Sebelumnya, pada pekan lalu publik dibuat heboh dengan tangkapan layar penampakan mata uang virtual China. Bocornya tangkapan layar tersebut diyakini sebagai pertanda bahwa pengembangan Yuan digital sudah semakin matang dan akan diluncurkan resmi dalam waktu dekat.

Mengutip South China Morning Post (SCMP) pada Kamis (16/4/2020) pekan lalu, diketahui bahwa tangkapan layar mata uang tersebut didapat dari uji aplikasi seluler yang dikembangkan oleh salah satu bank terbesar milik China yakni Agricultural Bank of China.

Sebagai informasi, China merupakan negara dengan ekonomi besar pertama yang mengeksplorasi peluncuran mata uang digitalnya sendiri, yang akan dikontrol ketat oleh PBOC. Mulai dari sistem desentralisasi yang mendasari cryptocurrency seperti bitcoin dan tidak memerlukan administrasi dari otoritas pusat.

Lita Alisyahbana
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top