Bisnis

Dampak Krisis Ekonomi Global Bagi Negara Indonesia

Dampak Krisis Ekonomi Global
Gambar Dampak Krisis Ekonomi Global

Krisis ekonomi merupakan keadaan di mana perekonomian mengalami keruntuhan atau degradasi di berbagai sektor ekonomi. Keadaan ini terjadi dalam perekonomian dan akan merujuk pada resesi. Dampak krisis ekonomi global  yang terjadi pada Amerika Serikat sebagai negara adidaya juga sangat dirasakan oleh Indonesia.

Fenomena ini disebabkan karena carut marutnya perekonomian negara adidaya yang berdampak langsung pada negara-negara yang juga melakukan kerjasama dengan negara Amerika Serikat ini. Pada krisis ekonomi yang terjadi pada Amerika beberapa waktu lalu seperti merosot bursa saham dan bahkan terjadi di beberapa negara.

Dampak dari krisis ekonomi global ini jelas  sangat terlihat di negara berkembang seperti Indonesia . Hal ini dikarenakan Indonesia merupakan negara yang masih membutuhkan pasokan modal dari luar, seperti Amerika Serikat.  Adapun dampak-dampak secara spesifik bagi Indonesia bisa dilihat pada ulasan berikut ini :

1. Semakin Banyaknya Pengangguran

Krisis ekonomi global yang terjadi bisa mengakibatkan angka pengangguran Indonesia semakin tinggi. Bagaimana tidak, dampak krisis ekonomi global akan membuat banyak perusahaan terpaksa merumahkan karyawannya (PHK). Tentunya hal ini akan membuat banyak pekerja kehilangan pekerjaan dan sumber pendapatannya.

Tentunya permasalahan ini akan membuat banyak polemik baru jika tidak segera ditangani. Akibat dari pemutusan hubungan kerja (PHK) ini akan membuat masyarakat tidak mampu lagi memenuhi kebutuhannya. Akibatnya muncul permasalahan baru seperti, pencurian, jambret, atau masalah kriminalitas lainnya.

2. Semakin Tingginya Kemiskinan

Adanya krisis ekonomi tentunya akan memberikan dampak yang berkalanjutan, baik negara tempat krisis ekonomi  terjadi  atau pun negara terdampak lainnya. Keadaan perekonomian yang tidak stabil bahkan mengalami penurunan akan membuat sektor perekonomian juga menurun, akibatnya semakin tinggi kemiskinan.

Bayangkan saja jika daya beli masyarakat menurun, akibat dari tidak adanya lagi sumber pendapatan akan membuat perekonomian terhambat.  Banyaknya pengangguran akan membuat pendapatan per-kapita rendah dan tentunya itu berdampak langsung pada semakin tingginya persentase kemiskinan di Indonesia.

3. Merosotnya Jaminan Pendidikan

Sektor pendidikan juga menjadi dampak krisi global ekonomi yang terlihat sangat jelas penurunannya. Tidak dapat dipungkiri jika semua sektor kehidupan dalam negara itu saling berkaitan. Jadi, jika satu sektor mengalami degradasi maka yang lainnya akan secara otomatis terpengaruh pula.

Pendidikan itu merupakan tanggung jawab dari negara. Untuk itulah peran pemerintah pada sektor ini sangatlah penting. Dengan adanya krisis ekonomi global, mau tidak mau juga berdampak pada sektor pendidikan, seperti berkurangnya jaminan pendidikan yang diberikan oleh pemerintah karena perekonomian mengalami penurunan.

4. Berkurangnya Kesejahteraan Petani

Tidak hanya itu, sektor tani juga ternyata merasakan dampak langsung dari krisis ekonomi global ini. Bagaimana tidak,  adanya kriris ekonomi akan membuat subsidi akan alat dan bahan pertanian akan ditarik secara perlahan.  Akibatnya, petani akan kewalahan dalam memaksimalkan tanamannya.

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya, bahwa pemerintah memang memberikan subsidi bahkan bantuan berupa alat pertanian kepada petani-petani Indonesia. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mensejahterakan perekonomian dan kesjeahteraan para petani dan  masayarakat kalangan menengah ke bawah.

5. Para Buruh Kehilangan Mata Pencaharian

Para buruh yang bekerja di perusahaan secara kontrak akan mengalami PHK jika krisis ekonomi global terjadi. Perusahaan-perusahaan akan mengalami ketimpangan atau bahkan kebangkrutan dan mengakibatkannya harus mengurangi karyawan. Semakin tidak menentunya perputaran uang adalah penyebab perusahaan ini mengalami penurunan.

Dampak krisis ekonomi global satu ini akan melahirkan banyak sekali permasalahan yang bahkan sudah disebutkan sebelumnya, seperti meningkatnya pengangguran dan kemiskinan.  Seperti sebuah deretan kartu domino, di mana jika yang terdepan jatuh maka yang di belakangnya ikut jatuh pula.

Demikianlah tadi beberapa dampak krisis ekonomi global bagi Indonesia yang sangat jelas terlihat. Sebenarnya masih banyak dampak lain yang sangat dirasakan oleh masyarakat, namun kali ini sekian dulu artikel ini dan semoga bermanfaat.

Artikel Lainnya : Ingin Tahu Dampak Ekonomi Global Di Indonesia? Berikut Ulasannya!

Johnson Manik
1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Ingin Tahu Dampak Ekonomi Global Di Indonesia?

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top