Bisnis

5 Ide Peluang Bisnis Home Industri yang Menjanjikan

Memulai bisnis home industri secara kecil-kecilan di rumah tentu adalah hal yang tepat di kala seperti sekarang, ketika teknologi sangat mendukung. Modal yang dibutuhkan untuk membuka bisnis home industri juga tidak banyak. Sementara ada banyak sekali ide bisnis home industri yang bisa dikembangkan.

Berikut ini beberapa peluang bisnis home industri yang cukup menjanjikan

5 Ide Peluang Bisnis Home Industri yang Menjanjikan

5 Ide Peluang Bisnis Home Industri yang Menjanjikan


1. Makanan Khas atau Oleh-Oleh

Makanan khas suatu daerah yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh adalah sebuah peluang bisnis home industri yang paling menjanjikan. Adanya wisatawan yang datang pada suatu daerah tentu sangat mendukung home industri ini. Wisatawan yang akan kembali pulang setelah selesai berwisata tentu akan mencari oleh-oleh dari hal yang menjadi ciri khas daerah tersebut, makanan khas salah satunya.

Untuk mengembangkan industri makanan sebagai oleh-oleh bisa dengan melihat jenis makanan khas yang bisa diolah dalam bentuk kering. Tujuannya agar makanan khas tersebut bisa dibawa pulang dan tidak cepat basi. Beberapa home industri makanan khas yang sudah terkenal dan menjanjikan di antaranya adalah bakpia, dodol, atau jenang.

2. Bisnis Furniture

Tak kalah dengan bisnis industri makanan, home industri furniture juga sangat menjanjikan. Omset dari sebuah industri furniture sangat besar tiap bulannya. Oleh sebab itu ada banyak orang yang sekarang tertarik untuk mengembangkan industri furniture di rumahnya masing-masing. Industri furniture memang lebih rumit karena membutuhkan kreativitas yang tinggi.

Furniture seperti meja, kursi, rak, dan lemari merupakan barang-barang yang pasti dibutuhkan oleh setiap orang. Oleh sebab itu, mengembangkan bisnis industri furniture sangatlah menjanjikan, mengingat kebutuhan furniture yang tak pernah usang. Tantangan bisnis ini terletak pada kreativitas dan waktu pengerjaan yang relatif lebih lama. Namun, dengan tambahan 2-3 karyawan bukan tidak mungkin produktivitas bisa ditingkatkan.

3. Bros dan Aksesoris Jilbab

Bros maupun aksesoris hijab menjadi salah satu ide peluang bisnis home industri yang sangat menjanjikan. Sebagai sebuah pernak-pernik, bros menjadi salah satu barang yang banyak dicari, terutama di kalangan wanita. Bros merupakan sebuah pernak-pernik yang sangat fleksibel karena bisa digunakan dan dipadukan pada segala jenis pakaian, termasuk untuk jilbab.

Semakin berkembangnya fashion style berjilbab juga turut serta mendorong perkembangan penggunaan bros. Tingginya minat terhadap bros ini menjadi peluang bagus untuk dikembangkan sebagai home industri. Pembuatan yang mudah menjadi salah satu keunggulan home industri bros. Selain itu, bahan pembuatan bros juga murah dan mudah didapatkan sehingga bisa menghasilkan keuntungan yang berlipat.

4. Tas Wanita

Senada dengan bros, tas juga menjadi barang yang banyak sekali diminati terutama di kalangan wanita. Tas tidak hanya digunakan sebagai tempat menaruh dan membawa barang bawaan ketika sedang bepergian. Lebih dari itu, tas juga menjadi salah satu bagian dari fashion, sehingga membuat industri tas wanita begitu berkembang.

Banyaknya peminat tas wanita menjadikan hal ini sebagai sebuah peluang untuk dikembangkan sebagai sebuah bisnis home industri. Pembuatan tas wanita bisa menggunakan berbagai material yang disesuaikan dengan permintaan atau mode yang sedang naik daun. Ditambah dengan kreativitas dan keuletan, tidak sedikit pengusaha tas sukses yang merintis bisnisnya dari home industri tas.

5. Kerajinan Kain Perca

Kain perca merupakan sisa-sisa potongan kain yang banyak ditemukan di tempat menjahit atau konfeksi. Kain perca ini seringnya dibuang begitu saja, padahal di tangan seseorang yang kreatif, kain perca bisa menjadi salah satu hal yang bernilai tinggi. Beberapa kerajinan bisa dibuat dengan menggunakan kain perca ini.

Memanfaatkan kain perca sebagai bahan kerajinan bisa menjadi salah satu ide peluang bisnis home industri yang menjanjikan. Kain perca bisa digunakan sebagai bahan membuat celemek atau pakaian boneka. Dengan bahan yang murah dan mudah didapatkan, kerajinan berbahan kain perca bisa memberikan keuntungan yang sangat tinggi.

Johnson Manik
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top