Bisnis

Kini PayPal Akan Bisa Diakses Lewat Gojek

Pada hari Rabu (3/6/2020) ini Gojek mengumumkan bahwa Facebook dan PayPal telah resmi mengguyurkan dana investasi. Dua perusahaan itu masuk sebagai investor dalam penggalangan pendanaan seri F Gojek. Sebelumnya juga sudah ada dua perusahaan yang lebih dulu menaruh investasi pada Gojek, yaitu Google dan Tencent.

Investasi kali ini disebut akan digunakan untuk mendukung Gojek melakukan ekspansi ekonomi digital di Asia Tenggara. Sehingga, sebagian besar uang itu akan digunakan untuk pengembangan layanan pembayaran dan keuangan. Saat ini layanan pembayaran dan keuangan Gojek adalah Gopay.

Dalam keterangan resmi pada hari ini, dalam investasi yang dilakukan PayPal, kedua pihak menyetujui layanan pembayaran PayPal akan diintegrasikan ke Gojek. Kedua perusahaan itu akan berkolaborasi dan membuka akses bagi para pengguna Gopay ke jaringan PayPal yang terdiri dari 25 juta merchant di seluruh dunia.

Farhad Maleki -Head of Corporate Development and Ventures for APAC, PayPal- mengatakan, bahwa Asia Tenggara sedang berada di titik yang sangat krusial dalam proses adopsi digital. Ia menjelaskan, “Kami sangat bersemangat dalam memasuki sebuah hubungan strategis dengan Gojek untuk memperluas akses dan memberikan pengalaman baru bagi para pengguna kami di pasar yang sangat dinamis ini dan di seluruh dunia”.

Kini PayPal Akan Bisa Diakses lewat Gojek

Kini PayPal Akan Bisa Diakses lewat Gojek

Sementara itu, Kevin Aluwi (Co-CEO Gojek) mengatakan, dukungan Gojek untuk keberlangsungan UMKM sudah dilakukan sejak perjalanan awal Gojek. Kevin menambahkan, “Dengan sejumlah perusahaan teknologi terbaik di dunia sebagai mitra, kami percaya bisa tetap memberikan produk dan layanan berkelas yang unik bagi seluruh pihak di ekosistem Gojek”.

Pihak Gojek juga menjelaskan, bahwa pendanaan oleh Facebook, PayPal, Google, dan Tencent serta perusahaan-perusahaan global lainnya akan mendukung lebih banyak UMKM menuju digitalisasi. Gojek akan menyasar penggunaan pembayaran digital untuk usaha kecil dan menengah yang beroperasi di toko-toko pinggir jalan hingga bisnis berskala besar yang ingin memperkuat infrastruktur pembayaran digital mereka.

VP Payments and Next Billion Users Google, Caesar Sengupta, mengatakan, inovasi dan teknologi Gojek telah memberikan dampak yang luar biasa dan mempermudah hidup sehari-hari masyarakat di seluruh Indonesia dan turut serta dalam mendukung digitalisasi UMKM.

Sejak diluncurkan pada 2015, Gojek telah berhasil membantu ratusan ribu merchant untuk melakukan digitalisasi dan memberikan mereka akses kepada lebih dari 170 juta pengguna Gojek di seluruh Asia Tenggara. Layanan pembayaran digital Gojek memfasilitasi miliaran transaksi setiap tahun dan merupakan layanan dompet digital terbesar di Indonesia.

Sebagian besar dari pencapaian ini adalah dari kontribusi dari GoFood, layanan antar makanan terbesar di Indonesia dan perluasan cakupan layanan GoPay di sektor lain di dalam maupun di luar ekosistem Gojek.

Lita Alisyahbana
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top