Bisnis

5 Peluang Agrobisnis Modal Kecil, Bisa Dilakukan Di Rumah

Agrobisnis merupakan bisnis yang bisa dilakukan di halaman rumah. Bisa juga dengan memanfaatkan metode hidroponik untuk menanam. Peluang agrobisnis modal kecil saat ini menjadi incaran orang-orang dalam memenuhi kebutuhan akan sayuran dan buah-buahan. Budidaya agrobisnis sangat mudah dilakukan dan banyak jenisnya. Bagi yang hobi dengan tanaman, bisnis ini sangat cocok untuk dilakukan. Selain itu modal yang dibutuhkan juga tidak begitu banyak.

Lakukan 5 Peluang Agrobisnis Modal Kecil Bisa Dilakukan Di Rumah

Lakukan 5 Peluang Agrobisnis Modal Kecil Bisa Dilakukan Di Rumah

Ada beberapa peluang agrobisnis yang bisa dijalankan


1. Budidaya Jamur

Jamur saat dijadikan konsumsi yang favorit untuk diolah menjadi berbagai jenis olahan masakan. Seperti sup jamur, jamur crispy, keripik jamur, oseng jamur hingga sate jamur. Seorang vegetarian direkomendasikan untuk memakan olahan jamur tersebut. Kandungan protein yang tinggi pada jamur menjadikan jamur ini layak dikonsumsi.
Budidaya jamur yang biasanya dikembangkan adalah jamur tiram. Jamur tersebut lebih banyak dan sering dikonsumsi. Faktanya, banyak hotel dan restoran yang menyajikan menu olahan jamur. Tentu jelas terlihat peluang budidaya jamur ini jika ditekuni dengan baik.

2. Usaha Sayuran Hidroponik

Kebutuhan akan sayuran segar saat ini menjadikan harga jual sayuran juga bersaing di pasaran. Orang-orang tentu lebih memilih sayuran yang segar untuk diolah. Karena sayuran yang fresh lebih enak dan sehat untuk dijadikan olahan.
Dalam memanfaatkan lahan sempit, cara hidroponik lebih efektif. Selain itu terhindar dari pestisida. Oleh sebab itu, masyarakat saat ini lebih memilih sayuran organik meskipun harganya lebih mahal. Namun, kualitas sayuran organik ini tidak diragukan lagi.

3. Tanaman Buah Naga

Pada awalnya untuk memulai menanam buah naga, pilihlah bibit tanaman buah naga yang berkualitas. Dalam menanam buah naga diperlukan lahan terbuka. Bisa juga dengan memanfaatkan lahan belakang rumah untuk menanam buah naga tersebut. Setelah menanam bibit buah naga dan melakukan perawatan maka tunggulah hingga buah naga dipanen. Peluang agrobisnis modal kecil dengan buah naga menghasilkan keuntungan setiap panen. Bisa dengan menjual langsung atau sebagai pemasok di supermarket serta pasar buah.

4. Penyedia Bibit Tanaman

Dewasa ini sedang tren budidaya tanaman di rumah sendiri. Tren tersebut bisa dilihat sebagai peluang untuk memulai bisnis penyedia tanaman. Bibit tanaman bisa dijual secara online. Dengan memanfaatkan media sosial dan Internet tentu jangkauan bisnis bibit tanaman ini bisa lebih luas.
Tentukan beberapa alternatif bibit tanaman apa saja yang akan ditawarkan. Biasanya orang lebih memilih bibit tanaman sayur seperti sawi, terong, tomat, cabai dan sebagainya. Dengan semakin meningkatnya kebutuhan akan sayuran dan buah-buahan tentu bibit tanaman yang berkualitas bisa membantu produktivitas hasil pertanian.

5. Bisnis Tanaman Apotek Hidup

Apotek hidup identik dengan tanaman bumbu dapur dan tanaman jenis obat-obatan herbal. Tanaman untuk bumbu dapur ini memegang peranan sangat penting dalam menciptakan masakan yang lebih enak dan sempurna. Selain itu tanaman obat-obatan herbal juga tidak kalah penting dibutuhkan manusia.
Apotek hidup yang biasanya banyak ditanam adalah kunyit, lengkuas, jahe, kencur, daun salam, bawang merah, bawang putih, kumis kucing, lidah buaya dan sebagainya.
Dengan adanya bisnis tanaman apotek hidup ini masyarakat terbantu dalam memenuhi bahan organik yang lebih baik dan lebih sehat.

Dengan beberapa alternatif peluang bisnis agrobisnis modal kecil, masyarakat luas bisa mendapatkan bahan alami yang berkualitas unggul. Selain itu bisnis ini tidak akan pernah usai. Justru semakin menjadi bisnis yang punya banyak peluang dan laris di pasaran. Lakukan dengan usaha dan kerja keras agar agrobisnis bisa menghasilkan pendapatan yang lebih banyak.

William Adhiwangsa
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top