Finansial

Tiga Sosial Media Hits yang Hasilkan Miliaran dalam Sebulan

Perkembangan media sosial saat ini memang sudah semakin pesat mengingat saat ini peran teknologi sudah tidak dapat dilepaskan dari setiap kehidupan manusia.

Dari awalnya yang hanya berkirim kabar melalui surat, kini kita bisa dapat memberitahukan kabar kepada siapapun kapan saja, di mana saja dengan menggunakan media sosial sebagai perantaranya.

Berdasarkan studi dan riset data yang dihimpun oleh We Are Social pada tahun 2019, pengguna media sosial di Indonesia sudah mencapai 150 juta orang. Hal ini dapat diartikan bahwa sekitar 57% dari seluruh penduduk Indonesia sudah menggunakan berbagai media sosial.

Seiring dengan perkembangannya, media sosial banyak dimanfaatkan oleh banyak orang sebagai salah satu sumber penghasilan. Semakin populer di media sosial, maka kesempatan untuk mendapatkan uang dari konten yang diunggah pun semakin besar.

Namun, sebelum melakukan langkah-langkah promosi dan lain sebagainya untuk menghasilkan uang, lebih baik Anda membangun image diri terlebih dahulu. Dengan pintar-pintar mengolah konten, kreatif menghibur dan bersifat informatif, maka follower pun akan semakin bertambah.

Bagaimana perhitungan mendapatkan cuan dari sosial media?

YouTube

Aplikasi paling populer yang dapat dimonetisasi adalah YouTube. Melansir dari Lick.co, dengan minimal 1.000 subscribers YouTube dan 24 juta views, Anda dapat mengumpulkan US$ 100.000 dalam setahun.

Sebagai informasi, untuk menghasilkan uang di YouTube, Anda harus terdaftar di Program Mitra YouTube (YPP), yang memungkinkan Anda menghasilkan uang melalui iklan pada video-video yang diunggah.

Tiga Sosial Media Hits yang Hasilkan Miliaran dalam Sebulan

Tiga Sosial Media Hits yang Hasilkan Miliaran dalam Sebulan

Dalam keterangannya, agar bisa bergabung dalam YPP, Anda butuh minimal 1.000 subscriber, mengumpulkan lebih dari 4.000 jam “tontonan publik yang valid” dalam 12 bulan terakhir dan memiliki akun AdSense yang ditautkan.

Menurut Kalkulator YouTube Influencer Marketing Hub memperkirakan, rata-rata YouTuber menghasilkan US$ 7,60 per 1.000 penayangan dengan 45% dari pendapatan itu masuk ke Google.

TikTok

TikTok memberi syarat bahwa Anda harus memiliki minimal 10.000 subscribers TikTok dan lebih dari 270 juta view setahun untuk menghasilkan US$ 100.000.

Tidak berbeda jauh dengan YouTube, TikTok memiliki program kemitraan yang disebut TikTok Creator Fund. Agar memenuhi syarat, pembuat konten harus berbasis di AS, Inggris, Prancis, Jerman, Spanyol, atau Italia, berusia minimal 18 tahun, dan memiliki setidaknya 100.000 followers dan setidaknya 100.000 view dalam 30 hari terakhir.

Instagram

Aplikasi berbagi foto populer tersebut memiliki syarat standar bahwa Anda harus 5.000 followers Instagram dan 308 postingan bersponsor setiap tahun untuk memanen US$ 100.000.

Influencer dengan lebih dari satu juta pengikut bisa menghasilkan lebih dari US$ 250.000 per posting dari perusahaan pemilik merek.

Seperti yang diketahui, untuk menghasilkan uang di Instagram, alihkan akun Anda ke akun profesional dan pilih bisnis.

Tips menghasilkan uang di media sosial

1. Membuat konten yang berkualitas
2. Melibatkan audience
3. Bergabung dengan jaringan influencer

William Adhiwangsa
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
To Top