Bisnis

Cara Memulai Usaha Sembako Online, Peluang Usaha Masa Kini

Wirausaha menjadi salah satu cara untuk bisa memperoleh penghasilan sendiri. Dengan menjual barang atau pun jasa bisa dianggap sebagai wirausaha. Jika kini semua serba online, bagaimana dengan usaha sembako online? Seperti bisa menjadi salah satu pilihan bisnis masa kini yang mampu memberikan penghasilan kepada penggiatnya.

Bagaimana cara memulai usaha sembako online? Harus dimulai dari mana? Kadang pertanyaan ini seringkali hadir dalam benak seseorang.

Berikut ini adalah cara memulai usaha jualan bahan pokok ini secara online

Cara Memulai Usaha Sembako Online, Peluang Usaha Masa Kini

Cara Memulai Usaha Sembako Online, Peluang Usaha Masa Kini


1. Melihat Kebutuhan Pasar

Sebelum memulai usaha, yang pertama kali harus dilakukan adalah menganalisa apa saja yang menjadi kebutuhan pasar. Hal ini penting dilakukan untuk memberikan perencanaan yang matang terhadap usaha yang dilakukan nantinya. Cobalah analisa seberapa besar peluang atau minat pembeli berbelanja sembako secara online.

Selain minat dan kebutuhan pasar atau masyarakat, hal kedua yang juga penting dan harus diperhatikan adalah memastikan harga yang dipatok tidak lebih besar dari harga pasaran. Niat mau mendapat keuntungan besar, tapi malah tidak mendapatkan pelanggan sama sekali. Lebih baik keuntungan sedikit tapi pelanggan terus berdatangan daripada untung banyak tapi waktunya singkat.

2. Membangun Sistem

Berbeda dengan usaha sembako konvensional atau membuka toko, usaha sembako online harus dipersiapkan sistemnya terlebih dahulu. Sistem yang dimaksud disini adalah bagaimana sembako bisa sampai ke tangan pembeli, menggunakan jasa apa, dari mana barang didapatkan, berapa harganya, dan lain sebagainya.

Semua ini harus melalui perencanaan yang matang. Harus ada pembukuan yang baik agar bisnis bisa terstruktur dan terencana. Sangat penting untuk membuat pembeli puas dengan pelayanan yang diberikan. Dengan demikian, para pelanggan ini akan terus berbelanja dan memesan pada toko online yang dimiliki.

3. Lakukan Stok Barang

Setelah semua perencanaan, mulai dari sistem dan pembukuan, hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah stok barang yang akan dijual. Tahap ini mungkin sudah tahap yang lebih serius, di mana seseorang akan memulai berjualan. Stok barang sebelum promosi sangatlah penting. Jangan sampai, sudah ada yang memesan online tapi barangnya kosong.

Usahakan untuk stok barang yang baik dan tidak rusak. Buatlah pelanggan puas pada pembelian pertamanya. Itu akan membuat pembeli tadi akan memilih menjadi pelanggan tetap di usaha sembako online ini. Bersainglah tanpa menjatuhkan toko lain, karena itu bukanlah mental pengusaha yang baik.

4. Memasarkan Produk

Berbasis online membuat usaha sembako online ini juga berbeda dari segi pemasaran. Caranya lebih mudah dan praktis. Seseorang hanya bermodal ponsel saja, maka pesanan bisa otomatis masuk. Mulailah memasarkan jualan melalui akun-akun sosial media yang dimiliki. Buatlah orang-orang tertarik membeli dengan berbagai penawaran yang menarik.

Tips memasarkan di sosial media adalah dengan konsisten mempromosikan. Sudah diketahui bersama bahwa setiap menitnya informasi akan selalu diupdate. Jika tidak diperbaharui secara berkala, informasi yang dibagikan bisa tenggelam dan membuat orang-orang tidak melihatnya.

5. Mengembangkan Usaha

Setelah usaha berjalan, di mana pelanggan sudah berdatangan, keuntungan sudah didapat maka hal yang harus dilakukan adalah mengembangkannya. Upgarde usaha agar bisa lebih berkembang dan menjadi usaha yang profitable. Caranya adalah dengan mengevaluasi apa saja yang harus diperbaiki atau dipertahankan.

Sebagai pengusaha milenial, tentunya mengembangkan usaha menjadi lebih berkembang adalah salah satu list terbesar bukan? Mungkin saja ada yang berencana menjadi agen distributor yang mewadahi banyak penjual-penjual sembako yang ada di Indonesia. Hal itu mungkin saja terjadi jika dibarengi usaha dan doa.

Demikianlah tadi beberapa cara memulai usaha sembako online. Bagaimana tertarik wirausaha di bidang ini? Cara di atas sangat bisa untuk dipraktikkan. Jadi selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

William Adhiwangsa
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
To Top