Finansial

Kabar Baik! Indonesia Naik Ke Jajaran Kelas Menengah Atas.

Negara Indonesia oleh bank dunia dinaikkan statusnya menjadi upper middle income country (negara berpenghasilan menengah atas). Sebelumnya, RI berada pada status midlle income country (negara berpenghasilan rendah). Per awal bulan Juli ini adalah mulai diberlakukannya status tersebut.

Bank dunia melihat bahwa pendapatan per kapita negara RI pada tahun 2019 telah alami kenaikan menjadi US$ 4.050 dari sebelumnya sekitar US$ 3.480.

Indonesia dan bank dunia terus meningkatkan kerjasama melalui kerangka kerja Country Partnership Strategy. Guna penanganan dampak dari pandemi virus corona, bank dunia telah memberikan dukungan pembiayaan kepada RI senilai US$ 250 juta atau sekitar Rp 3,62 triliun jika diakumulasi dengan kurs Rp 14.500/US$.

Menurut Rahayu Puspasari -Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan-, kenaikan status di tengah upaya pemerintah Indonesia memitigasi dampak dari pandemi virus corona ke perekonomian adalah prestasi yang patut dibanggakan.

Kabar Baik! Indonesia Naik Ke Jajaran Kelas Menengah Atas.

Kabar Baik! Indonesia Naik Ke Jajaran Kelas Menengah Atas.

Dalam keterangan resminya hari Kamis (2/7/2020) ini, ia mengatakan, “Kenaikan status Indonesia tersebut merupakan bukti atas ketahanan ekonomi Indonesia dan kesinambungan pertumbuhan yang selalu terjaga dalam beberapa tahun terakhir. Hal tersebut juga merupakan buah kerja keras masyarakat dan Pemerintah Indonesia dalam upaya untuk terus mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif, berkualitas dan berkelanjutan”.

Rahayu juga menambahkan, “Peningkatan status ini akan lebih memperkuat kepercayaan serta persepsi investor, mitra dagang, mitra bilateral, dan mitra pembangunan atas ketahanan ekonomi Indonesia. Pada gilirannya, status ini diharapkan dapat meningkatkan investasi, memperbaiki kinerja current account serta mendorong daya saing ekonomi dan memperkuat dukungan pembiayaan”.

Ia menjelaskan, kenaikan mengenai status baru ini juga merupakan tahapan strategis dan landasan kokoh menuju Indonesia Maju Tahun 2045. Beberapa kebijakan baru diperlukan jika ingin menjadi ekonomi terbesar kelima di dunia, seperti memperkuat sumber daya manusia melalui pendidikan, program kesehatan, dan perlindungan sosial, membangun infrastruktur yang layak untuk menyokong mobilitas dan mendorong pembangunan.

Menurut Rahayu, sekarang ini pemerintah terus mendorong serangkaian kebijakan reformasi struktural yang difokuskan pada peningkatan daya saing perekonomian, terutama aspek modal manusia dan produktivitas. Tidak hanya itu, pemerintah juga berupaya untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas industri untuk mendorong ekspor dan mengurangi defisit transaksi berjalan.

Lita Alisyahbana
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
To Top