Saham

Sebelum Investasi Saham, Ketahui 3 Waktu Terbaik Membeli Saham Berikut Ini

Investasi saham merupakan salah satu jenis investasi yang cukup menantang. Hal ini karena risikonya lebih besar dibanding dengan jenis investasi lainnya. Sebanding dengan risikonya, potensi keuntungan juga semakin besar. High risk, high return, begitu prinsipnya.

Meskipun demikian, bagi Anda pemula, jangan langsung gegabah mengambil risiko tersebut. Ambil risiko juga perlu ilmunya agar investasi Anda berhasil. Anda perlu tahu kapan waktu terbaik membeli saham agar suatu hari nanti saham tersebut dapat menghasilkan keuntungan.

Ketahui-3-Waktu-Terbaik-Membeli-Saham-Berikut-Ini

Ketahui 3 Waktu Terbaik Membeli Saham Berikut Ini

Nah, berikut ini 3 waktu terbaik untuk membeli saham.


1. Membeli Saham Ketika Harga Sedang Turun

Sebenarnya banyak investor yang enggan membeli saham ketika harga sedang turun. Mereka mungkin pesimis harga saham tersebut dapat naik dan menguntungkan. Namun sebenarnya, saat harga saham sedang turun merupakan peluang bagi Anda membeli banyak saham dengan harga murah. Meskipun demikian, Anda juga perlu membertimbangkan apakah saham perusahaan tersebut berpotensi untuk bertumbuh.

2. Ketika Harga Saham Ada di Range Harga Beli Anda

Sebelum membeli saham, sebaiknya Anda kenali dulu saham target dan berapa nilai dari saham tersebut. Menentukan nilai saham tidak semata-mata karena perkiraan, melainkan berdasarkan analisis, dimana dari analisis tersebut menjadi dasar bahwa saham memiliki kemungkinan besar naik.

Setelah menetapkan nilai saham, Anda bisa mempertimbangkan berapa harga yang tepat untuk saham tersebut. Sehingga, jika saham sudah berada di range harga beli, Anda tidak perlu pikir panjang untuk membelinya.

3. Ketika Saham Berprospek Kurang Dilirik

Salah satu cara menentukan nilai dari saham adalah dengan melihat prospek masa depan dari saham tersebut. Prospek saham sendiri dapat Anda nilai dari kinerja perusahaan penerbit saham, apakah perusahaan tersebut memiliki potensi besar untuk berkembang.

Namun, tidak semua investor memperhitungkan hal ini, sehingga banyak saham berprospek yang kurang dilirik. Kurangnya permintaan umumnya akan membuat harga saham turun, sehingga ini waktu yang tepat untuk Anda mengambil kesempatan.

Mengetahui 3 waktu terbaik saja sebenarnya masih belum cukup menguatkan apakah Anda perlu membeli saham tersebut atau tidak. Perlu Anda ketahui bahwa sebelum membeli saham, lakukan analisis terhadap saham tersebut. Ada dua jenis analisis yang perlu Anda lakukan, yaitu analisis fundamental dan analisis teknikal.

Analisis fundamental merupakan suatu analisis pergerakan harga yang berkaitan dengan ekonomi, politik, dan tren usaha. Sedangkan analisis teknikal adalah suatu analisis saham yang berhubungan dengan rentang waktu, fluktuasi, serta informasi mengenai harga tertinggi dan harga terendah saham. Analisis fundamental biasanya digunakan oleh investor sedangkan analisis teknikal umumnya dilakukan oleh trader.

Lalu, kapan waktu yang tepat untuk menjual saham?

Ada dua hal yang dapat menjadi tanda kapan Anda harus menjual saham Anda.

To Top