Saham

Sebelum Main Saham, Pelajari Dulu Pasar Saham dan Cara Kerjanya

Masifnya dorongan untuk berinvestasi membuat banyak orang tertarik untuk mencobanya. Banyak dari mereka yang tergiur karena investasi dapat mewujudkan financial freedom. Salah satu jenis investasi yang banyak dilirik saat ini adalah investasi saham.

Jenis investasi ini memang lebih berisiko dibanding jenis investasi lainnya, akan tetapi potensi keuntungannya juga semakin tinggi. Inilah mengapa banyak orang kaya menjadi semakin kaya karena menginvestasikan kekayaannya dalam bentuk saham.

Nah, sebelum terjun ke dunia investasi saham, sebaiknya Anda ketahui dulu bagaimana cara kerja pasar saham.

Pelajari Dulu Pasar Saham dan Cara Kerjanya

Pelajari Dulu Pasar Saham dan Cara Kerjanya

Bagaimana Cara Kerja Pasar Saham?

Pasar saham merupakan tempat dimana saham diperjual-belikan. Pasar saham memfasilitasi interaksi jual beli saham antara investor individu, investor institusional, dan perusahaan. Ketika investor membeli saham dari suatu perusahaan, maka itu artinya investor tersebut memiliki bagian kepemilikan atas perusahaan tersebut. Sehingga profit yang diperoleh perusahaan akan dibagikan ke investor berdasarkan banyaknya saham yang dimiliki.

Pasar saham sendiri terdiri dari dua komponen, yaitu pasar saham primer dan pasar saham sekunder.

Pasar saham primer adalah perdagangan saham yang dilakukan pertama kali oleh perusahaan untuk mendapatkan modal. Perdagangan/penawaran ini dilakukan secara publik melalui proses yang dinamakan penawaran umum perdana atau Initial Public Offering (IPO).

Jika dianalogikan, hubungan perusahaan dengan investor seperti hubungan produsen dengan perusahaan ritel, dimana perusahaan ritel membeli produk dari produses kemudian memperjual-belikan produk tersebut kepada pembeli lainnya.

Komponen kedua adalah pasar saham sekunder. Mayoritas perdagangan saham terjadi di pasar saham sekunder ini. Di dalam pasar saham sekunder, yang terjadi adalah perdagangan saham antar investor, perusahaan sendiri tidak terlibat. Saham-saham yang telah masuk ke pasar sekunder akan dicatat oleh Bursa Efek. Saham-saham ini dapat diperjual-belikan melalui broker sebagai perantara perdagangan saham.

Bagaimana Penentuan Harga Saham di Pasar Saham?

Penentuan harga saham di pasar saham sebenarnya simpel. Anda bisa membayangkannya seperti lelang saham, dimana harga ditentukan oleh penawaran dan permintaan. Setiap saat, akan ada maksimum harga yang ditawarkan investor untuk membeli suatu saham, ada pula minimum harga yang dipatok oleh pemilik saham agar mau menjual saham tersebut.

Jika permintaan terhadap suatu saham tinggi, maka harganya pun akan melejit naik. Sebaliknya, jika permintaan lebih rendah daripada penawaran, maka harga saham akan turun.

Untuk memastikan bahwa akan selalu ada penjual dan pembeli, individu yang bertindak sebagai market maker membeli dan menahan saham, serta mencatat penawaran saham secara terus menerus.

Penawaran harga tertinggi untuk membeli suatu saham dikenal dengan bid dan harga jual terendah yang ditawarkan pemilik saham dinamakan dengan ask. Sistem pasar seperti ini tidak hanya memberi fasilitas investor untuk membeli dan menjual sahamnya secara langsung, tetapi juga memastikan bahwa akan ada pembeli untuk setiap penjual.

Bagaiaman Cara Membeli Saham?

Jika Anda memutuskan untuk membeli saham, maka pastikan bahwa Anda membeli saham di broker yang telah mendapat ijin/memiliki lisensi untuk berdagang saham. Saat ini sudah banyak broker-broker yang memiliki lisensi, baik secara langsung maupun online.

Untuk membeli saham, sampaikan pada broker saham apa yang ingin dibeli dan berapa banyak yang diinginkan. Kemudian broker akan meneruskan pesanan ke bursa efek dan market maker akan menjualkan saham yang Anda inginkan pada harga terkini. Kemudian, saham akan dikirimkan ke akun Anda.

Mungkin sekian artikel mengenai cara kerja pasar saham pelajari juga strategi investasi dan waktu yang tepat untuk berinvestasi. Semoga membantu.

William Adhiwangsa
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top