Crypto

Wow, Investor Bitcoin Untung Rp 5,2 Juta Semalam!

Halving Day pada 12 Mei yang lalu adalah merupakan momen ketika imbalan blok berkurang separuh dari 12,5 BTC per blok menjadi 6,25 BTC per blok. Sehingga harga Bitcoin kali ini terjadi kenaikan.

Mengutip dari Coindesk, pada hari Jumat (29/5/2020) pukul 13.08 WIB, harga Bitcoin diperdagangkan di level US$ 9.514,98 per koin, atau setara dengan Rp 142,7 juta (dihitung dengan ansumsi nilai tukar Rp 15.000/US$). Ini artinya, bahwa dalam semalam harga naik US$ 345,02 atau setara Rp 5,2 juta.

Investor dan trader Bitcoin tentu kembali bergembira. Karena mereka bisa meraup untung hingga Rp 5,2 juta dalam semalam.

Mengutip dari CNBC Indonesia (29/5/2020), Oscar Darmawan -CEO Indodax- mengatakan, “Berkurangnya peredaran Bitcoin di tingkat pencetakan Bitcoin tentu membuat supply-nya berkurang per harinya dibandingkan sebelum terjadi Halving. Di sisi lain, permintaan atau demand terus meningkat. Inilah mengapa harga Bitcoin meningkat setelah Halving Day”.

Investor Bitcoin Untung Rp 5,2 Juta Semalam!

Investor Bitcoin Untung Rp 5,2 Juta Semalam!

Oscar mengungkapkan bahwa kripto seperti Bitcoin ini harganya naik turun jadi ada kesempatan untuk untung selalu ada di sepanjang hari dan sepanjang tahun karena jenis kripto juga banyak. Kenaikan harga Bitcoin sendiri dari sejarah selalu terjadi secara bertahap. Ada saat-saat harga murah maupun harga mahal.

Oscar menjelaskan, “Perlu dipelajari secara fundamental bahwa ada beberapa momen yang mempengaruhi permintaan. Misalnya, wabah Covid-19. Di sini ada sentimen di mana orang -orang mengalihkan investasinya komoditas safe haven aset seperti ke Bitcoin maupun emas. Karena produk investasi lain mengalami penurunan. Produk investasi lain mengalami penurunan karena sangat bergantung dengan ketidakpastian kebijakan fiskal ekonomi negaranya”.

Seperti yang diketahui, Paul Tudor Jones -investor kakap Wall Street- telah mengalihkan 2 persen aset yang dikelolanya ke Bitcoin. Langkah ini didukung dengan alasan bahwa Bitcoin atau emas digital adalah merupakan instrumen spekulasi yang baik.

Oscar juga menambahkan para pemain instrumen Bitcoin juga harus paham bahwa yang paling mempengaruhi harga Bitcoin pada dasarnya adalah supply dan demand Bitcoin. Selain dari itu faktor fundamental cukup berpengaruh. Faktor-faktor fundamental bisa mempengaruhi demand dari kebutuhan Bitcoin. Sebenarnya sangat mirip dengan proses pembentukan harga pada emas karena sama-sama safe haven aset.

Di kalangan penggemarnya, Bitcoin dianggap memiliki kesamaan yang sama dengan emas. Kedua investasi itu merupakan instrumen safe haven atau instrumen yang relatif aman ketika terjadi goncangan ekonomi.

Lita Alisyahbana
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top