Bisnis

5 Strategi Pemasaran untuk Bisnis Kecil Menengah

Memulai bisnis dengan ide cemerlang memang awal yang bagus. Namun, ide saja tidak cukup untuk membuat pelanggan potensial mengetahui ide bisnis Anda dan membelinya. Oleh karena itulah, marketing atau pemasaran merupakan hal yang sangat penting dalam bisnis.

Jika Anda adalah pengusaha kecil menengah yang baru memulai bisnis, melakukan pemasaran besar-besaran mungkin masih di luar kapasitas Anda. Tidak perlu berkecil hati, masih banyak strategi pemasaran yang dapat Anda gunakan dengan biaya yang terjangkau.

5-Strategi-Pemasaran-untuk-Bisnis-Kecil-Menengah

5 Strategi Pemasaran untuk Bisnis Kecil Menengah

Berikut ini adalah 5 strategi pemasaran untuk bisnis kecil menengah :

1. Branding – Bangun Identitas Bisnis Yang Jelas

Untuk membedakan bisnis Anda dengan bisnis lainnya, Anda perlu membangun identitas bisnis yang jelas. Identitas meliputi bidang perusahaan dan layanan seperti apa yang ditawarkan. Apabila sudah menentukan identitas, Anda perlu menuangkannya ke media visual, seperti nama, logo, warna, dan gambar yang merepresentasikan identitas bisnis.

Meskipun terlihat seperti pekerjaan sederhana, namun Anda tidak boleh menyepelekannya. Buatlah sebaik dan semenarik mungkin. Anggap saja ini sebagai bagian dari investasi bisnis. Jika Anda kurang mampu membuatnya sendiri, sewa designer yang dapat membuatkan logo untuk Anda. Memang seperti buang-buang uang, tapi hal sederhana ini akan mempengaruhi citra bisnis Anda ke depannya.

2. Kenali Target Pasar Anda

Salah satu kesalahan umum yang sering dilakukan pebisnis pemula adalah mereka terlalu buang-buang waktu, tenaga, dan biaya memasarkan produk ke semua segmen pasar. Padahal, setiap bisnis memiliki target pasar yang berbeda-beda. Misalkan bisnis Anda adalah fashion tas dengan range harga di atas 10 juta. Maka percuma jika Anda memasarkan produk Anda ke pasar dengan ekonomi menengah ke bawah.

Sebelum memasarkan produk, kenali target pasar Anda, seperti demografis, umur, tempat tinggal, layanan online yang mereka gunakan, dan media apa yang mereka gunakan sehingga marketing Anda bisa sampai ke mereka.
Dengan target pasar yang jelas, Anda dapat memaksimalkan pemasaran dengan lebih efektif dan efisien.

3. Menggunakan Facebook Ads

Salah satu cara agar pemasaran produk sampai ke target pasar adalah dengan menggunakan facebook ads. Anda dapat merangcang iklan sehingga diarahkan ke kelompok yang spesifik, misalnya saja berdasarkan usia, jenis kelamin, lokasi, minat, kebiasaan online, dan lain sebagainya. Selain mampu menjangkau pelanggan potensial, facebook ads juga mudah digunakan dan biayanya juga terjangkau.

4. Miliki Website yang Menarik, Informatif, dan User Friendly

Iklan saja mungkin tidak cukup untuk menyampaikan semua hal tentang bisnis Anda, oleh karena itu Anda membutuhkan website untuk menginformasikan detail bisnis. Sebelum memasarkan produk ke pelanggan potensia, pastikan bahwa website menarik, informatif, dan user friendly.

Sebab kurang efektif jika Anda sudah berusaha memasarkan produk dan mengarahkan calon pelanggan untuk mengunjungi website Anda, tapi mereka malah kesulitan mencari informasi yang mereka inginkan di website. Jangan sampai usaha pemasaran Anda sia-sia karena kesalahan sederhana ini.

5. Maksimalkan SEO

Salah satu cara memaksimalkan kunjungan pelanggan potensial ke website Anda adalah menggunakan pencarian Google. Anda butuh mengoptimisasi keyword halaman sehingga website Anda mendapatkan peringkat tinggi di pencarian.

Semakin tinggi peringkat, maka semakin besar peluang pelanggan potensial mengunjungi ke website Anda. Untuk bisa mengoptimisasi mesin pencarian memang dibutuhkan keahlian khusus. Jika Anda memang tidak punya waktu mempelajarinya, Anda bisa mencari ahli SEO untuk mengoptimisasi website Anda.

5 Strategi di atas adalah yang paling dasar dan sangat efektif jika Anda maksimalkan.

Selain lima strategi pemasaran di atas, tentu masih banyak lagi strategi lain yang dapat Anda gunakan.

William Adhiwangsa
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
To Top