Bisnis

Ingin Mencari Angel Investor untuk Berbisnis? Ketahui 3 Alasan Angel Investor Memilih Bisnis Anda

Angel investor atau investor malaikat adalah individu atau kelompok yang mau menginvestasikan dananya pada perusahaan startup atau bisnis tahap awal. Sebagai imbalannya, investor akan mendapatkan sebagian saham kepemilikian perusahaan beserta profit yang didapatkan perusahaan.

Nama malaikat yang disematkan pada tipe investor ini bukan tanpa alasan. Mereka disebut investor malaikat karena mau memberikan dana meskipun perusahaan baru merintis dan kesuksesan perusahaan belum terlihat. Ini karena mereka menanamkan sahamnya atas dasar hubungan dan kepercayaan.

Oleh karena itulah, untuk bisa mendapatkan angel investor, networking harus luas dan buat citra yang baik mengenai diri Anda. Tapi bukan berarti citra tersebut hanya pura-pura. Citra tersebut haruslah menunjukkan kualitas Anda, seperti kejujuran, tanggung jawab, kerja keras, dan lain sebagainya.

Mungkin Anda terpikir untuk mendapatkan angel investor melalui platform online. Sebenarnya, mendapatkan angel investor melalui platform online mungkin saja, tapi sepertinya akan lebih sulit karena hubungan bisnis ini melibatkan kepercayaan. Jadi, akan lebih baik jika Anda bertemu langsung dengan calon angel investor potensial, misalnya dengan menghadiri acara-acara penggalangan dana.

Nah, sebelum Anda terjun langsung mencari angel investor, sebaiknya ketahui dulu apa sih yang angel investor cari dari perusahaan. Dengan mengetahui apa yang mereka cari, Anda dapat meningkatkan peluang keberhasilan menemukan angel yang tepat untuk bisnis Anda.

Ingin Mencari Angel Investor untuk Berbisnis? Ketahui 3 Alasan Angel Investor Memilih Bisnis Anda

Ingin Mencari Angel Investor untuk Berbisnis? Ketahui 3 Alasan Angel Investor Memilih Bisnis Anda

1. Angel Investor Mencari Tim Manajemen yang Berpengalaman

Berdasarkan survey, sebanyak 75% mengatakan bahwa tim manajemen yang berpengalaman adalah alasan terbesar investor mau menanamkan sahamnya pada perusahaan startup. Hal ini karena tim manajemen aspek yang sangat penting dalam mencapai keberhasilan bisnis apapun. Terlebih untuk startup yang baru merintis, apa yang bisa ditawarkan selain tim manajemen yang solid dan berpengalaman?

Mungkin startup bisa saja mendewakan ide yang mereka bawa, tapi keberhasilan suatu startup tidak hanya bergantung pada ide, malainkan individu-individu yang menggerakkannya. Tim manajemen yang berpengalaman umumnya mampu menjual visi dan dampak potensial sehingga menarik investor. Beberapa kualitas yang harus dimiliki tim agar berhasil menarik angel investor diantaranya ialah integritas, strategi dan pendekatan yang jelas, profesionalisme dan tekad yang kuat.

2. Angel Investor Perlu Paham dengan Produk dan Layanan Bisnis Anda

Karena angel investor membangun hubungan bisnis berdasarkan kepercayaan, tentu mereka ingin tahu kemana larinya uang mereka. Sebanyak 50% responden mengatakan bahwa memahami produk dan layanan yang dikembangkan oleh perusahaan adalah satu satu alasan utama mereka memilih berinvestasi.

Bahkan banyak yang memilih untuk tidak berinvestasi karena mereka tidak paham dengan alat atau teknologi yang dikembangkan oleh perusahaan. Oleh karena itu, usahakan investor memahami apa yang Anda kembangkan dan tingkatkan partisipasi mereka. Semakin besar partisipasi investor dalam bisnis Anda, maka semakin besar peluang dana akan mengalir ke bisnis Anda.

3. Angel Investor Ingin Return Investasi Jelas

Meskipun bernama angel investor, bukan berarti mereka berinvestasi dengan cuma-cuma. Angel investor juga ingin tahu prediksi return yang akan mereka dapatkan dan risiko atas investasi yang mereka berikan. Angel investor biasanya ingin menerima 20-25% profit yang perusahaan hasilkan, namun jumlah tepatnya tetap bergantung pada kontrak yang Anda sepakati di awal.

Memang banyak angel investor yang mencari kompensasi finansial, tapi bukan berarti semuanya. Ada juga investor yang tidak mengharapkan kompensasi dalam bentuk uang, melainkan dampak penting yang bisa diberikan untuk memecahkan masalah-masalah dunia, seperti masalah sosial dan lingkungan.

Itulah 3 hal yang angel investor cari dari perusahaan. Semoga membantu Anda mendapatkan angel investor yang tepat.

Johnson Manik
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top