Forex

Jangan Gegabah, Pelajari Dulu 4 Strategi Trading yang Wajib Anda Ketahui

Bagi Anda yang masih pemula dan ingin menggeluti dunia trading mungkin bingung mau memulai dari mana. Anda sudah mencari banyak referensi dan belajar mengenai trading tapi masih ragu bagaimana memulainya. Memiliki sikap ragu ini lebih baik daripada Anda langsung terjun bertrading dan secara agresif mencari keuntungan.

Mereka yang terlalu bernafsu tanpa strategi trading yang jelas justru biasanya gagal. Biarpun berhasil, keberhasilan tanpa strategi yang jelas justru akan berdampak buruk pada psikologi dan kedisiplinan dalam bertrading.

Oleh karena itu, sebelum mulai bertrading, sebaiknya Anda ketahui dulu strategi-strategi bermainnya. Dan tidak semua cocok untuk Anda, pilihlah strategi trading yang sesuai dengan kepribadian dan tujuan Anda saat ini.

Pelajari-Dulu-4-Strategi-Trading

Pelajari Dulu 4 Strategi Trading

Berikut adalah 4 strategi trading yang dapat Anda pilih

1. Position Trading

Position trader adalah mereka yang melakukan trading untuk jangka waktu yang lama untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Rata-rata waktu mempertahankan posisi bisa berlangsung selama mingguan atau bahkan bulanan. Dalam satu tahun, biasanya position trader hanya melakukan 10 kali trading. Itulah mengapa position trader dianggap sebagai trader yang kurang aktif.

Menjadi position trader tidak mengharuskan Anda berada di depan komputer setiap saat. Sebab, strategi trading ini tidak mempedulikan fluktuasi harga jangka pendek, kecuali jika fluktuasi tersebut berpengaruh terhadap posisi jangka panjang. Untuk membuat keputusan dalam bertrading, position trader menggunakan analisis teknikal, fundamental, atau kombinasi keduanya.

2. Swing Trading

Swing trading merupakan strategi trading dengan mempertahankan posisi baik dalam jangka waktu pendek maupun panjang, akan tetapi biasanya tidak lebih dari beberapa minggu. Tujuan dari strategi trading ini yaitu mengambil keuntungan dari pergerakan harga yang potensial.

Meskipun demikian, tidak semua swing trader suka dengan saham yang mudah berubah, beberapa lebih suka saham yang stabil. Bagaimanapun juga, umumnya proses dalam swing trading sama, yakni trader mengidentifikasi saham yang berpotensi bergerak, trader memasuki posisi, dan saat pergerakan terjadi trader akan mengambil keuntungan.

Swing trader umumnya menggunakan analisis teknikal dalam bermain. Analisis fundamental juga mungkin digunakan untuk menganalisis tren dan pola harga.

3. Day Trading
Kalau Anda berniat menjadikan trading sebagai karir utama, mungkin day trading cocok untuk Anda. Dulu, yang biasa melakukan day trading adalah mereka yang bekerja di lembaga keuangan besar atau broker. Namun saat ini, dimana penggunaan internet sangat masif, siapa saja dapat menjadi day trader. Meskipun begitu, bukan berarti siapa saja dapat terjun dan langsung sukses. Bagian ini yang sering disalahartikan oleh pemula, mereka langsung masuk tanpa paham strateginya.

Day trader adalah mereka yang secara aktif mengambil keuntungan dari perubahan harga. Mereka biasanya hanya akan membeli dan menjual saham dalam waktu satu hari. Mereka menggunakan leverage yang tinggi dan memanfaatkan pergerakan pasar untuk mengambil untung dari saham yang memiliki liquiditas tinggi.

4. Scalping Trading

Scalping trading sebenarnya tidak jauh berbeda dengan day trading. Scalper adalah mereka yang secara aktif mengamati pergerakan pasar dan mengambil keuntungan dari perubahan harga. Namun, dibanding dengan day trading, proses scalping umumnya jauh lebih pendek.

Jika day trading berlangsung sekitar dalam hitungan jam, scalping hanya berlangsung dalam hitungan detik atau menit. Sebanding dengan waktunya yang singkat, keuntungan yang didapat juga kecil. Maka dari itulah biasanya scalper membuka dan menutup posisi beberapa kali dalam sehari untuk menghasilkan keuntungan yang lebih besar.

Apakah Anda sudah menemukan strategi trading yang sesuai dengan kepribadian Anda? Semoga informasi strategi trading di atas membantu.

William Adhiwangsa
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
To Top