Saham

Jangan Salah Strategi, Pelajari Dulu 5 Strategi Investasi Saham Terbaik

Mendengar keberhasilan investasi dari orang-orang sekitar mungkin mendorong Anda untuk mengambil jalan yang sama. Anda mencontoh strategi mereka dan berusaha menerapkannya dalam investasi Anda sendiri. Hal tersebut boleh Anda lakukan, tapi alangkah baiknya Anda memahami secara menyeluruh bagaimana menggunakan strategi dalam investasi.

Sebab, strategi yang digunakan oleh orang lain atau bahkan tren strategi bulan ini belum tentu terbaik untuk Anda, terutama untuk Anda yang berniat berinvestasi dalam jangka panjang, misal 10 tahun ke atas. Jangan sampai Anda menggunakan strategi yang salah dan terjebak di dalamnya. Strategi ini berbeda dengan Strategi Trading News Straddling & Strategi Breakout Trading.

Jangan-Salah-Strategi-Pelajari-Dulu-5-Strategi-Investasi-Saham-Terbaik

Jangan Salah Strategi, Pelajari Dulu 5 Strategi Investasi Saham Terbaik

Oleh karena itu, sebaiknya pahami dulu 5 strategi investasi terbaik ini dan kemudian sesuaikan dengan tujuan dan keadaan Anda.

1. Analisis Fundamental

Bagi Anda yang sudah akrab dengan dunia investasi, analisis fundamental mungkin sudah akrab Anda dengar. Ya, analisis fundamental merupakan salah satu strategi investasi terbaik yang memang sudah lama diterapkan. Analisis fundamental adalah bentuk strategi yang melibatkan analisis laporan keuangan untuk memilih saham yang berkualitas. Analisis ini biasanya berkaitan dengan keadaan ekonomi, politik, atau tren terbaru.

Anda memerlukan data dari laporan keuangan untuk membandingkan data masa lalu dan saat ini dari bisnis tertentu. Dari data tersebut, Anda bisa melihat kemana arah perkembangan bisnis dan bisa menilai apakah bisnis tersebut akan menghasilkan keuntungan atau justru hanya tren sesaat. Anda dapat memutuskan apakah saham layak dibeli atau tidak.

2. Analisis Teknikal

Jika analisis fundamental lebih mengarah pada kekuatan bisnis, analisis teknikal justru menggunakan grafik pergerakan harga untuk menentukan pola harga saham. Para investor biasanya menggunakan analisis teknikal untuk mengetahui pola harga atau tren pasar terbaru dengan tujan memprediksi pola atau tren di masa depan.

Mungkin hal ini terdengar berlawanan dengan anlisis fundamental, meskipun demikian analisis teknikal dapat memberi isyarat sinyal mengenai harga pasar di masa mendatang. Apabila pola yang positif mulai terbentuk, maka investor akan langsung membuat keputusan investasi, dengan harapan investasi tersebut dapat memberikan hasil yang diinginkan.

3.Investasi Nilai

Investor yang melakukan investasi nilai percaya bahwa setiap saham pasti memiliki nilai intrinsik. Nilai intsrinsik adalah suatu nilai yang dapat mereka cari angka pastinya melalui metode valuasi seperti analisis arus kas yang didiskonkan. Investor akan mencari saham yang harganya lebih rendah dari nilai intrinsik yang dimiliki.

Dengan membeli saham yang nilai intrinsiknya lebih tinggi daripada harga saham, investor berharap dapat memaksimalkan keuntungan dari saham tersebut. Dalam memutuskan pemilihan saham, investasi nilai biasanya menggunakan panduan margin of safety. Jika investor menginginkan margin of safety sebesar 20%, maka investor akan membeli saham yang memiliki nilai instrinsik sebesar Rp 100 ribu dengan harga Rp 80 ribu atau kurang.

4. Investasi Pertumbuhan

Sesuai dengan namanya, investasi pertumbuhan merupakan salah satu strategi investasi terbaik yang berfokus pada bisnis yang memiliki potensi besar untuk bertumbuh secara pesat. Harga saham mungkin akan sangat mahal atau malah terlalu mahal jika dibandingkan dengan revenue atau pendapatan yang dihasilkan oleh bisnis tersebut.

Akan tetapi, jika potensi pertumbuhan memang meyakinkan, investor tidak segan untuk memberi harga lebih. Mereka berharap jika bisnis berhasil, pengembaliannya pun akan lebih besar. Karena potensi keuntungan yang tinggi, risiko juga semakin tinggi. Oleh karena itulah, jika bisnis gagal, kerugian yang didapat juga besar.

5. Buy and Hold

Jika Anda memilih strategi ini, maka itu berarti setelah Anda membeli saham, Anda harus menahannya dalam jangka waktu lama agar saham tersebut dapat menghasilkan keuntungan. Investor yang menerapkan strategi ini percaya bahwa membeli saham dan menyimpannya dalam jangka waktu lama lebih masuk akal untuk menghasilkan keuntungan.

 

Sekian artikel mengenai 5 strategi investasi terbaik. Semoga membantu

Johnson Manik
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
To Top