Finansial

Resesi Ekonomi Indonesia, Pengertian dan Penyebabnya

Berbicara mengenai suatu negara, tentu tidak lepas dari hal-hal berbau ekonomi. Suatu negara bisa berkembang dan maju tidak lepas dari pengaruh ekonomi yang ada pada negaranya begitu juga Indonesia. Indonesia dikatakan sebagai negara yang maju apabila perkembangan ekonominya tinggi. Namun tak jarang resesi ekonomi Indonesia dapat terjadi sehingga merugikan negara.

Untuk itu pemerintah Indonesia harus berusaha keras agar perekonomian terus meningkat. Jika perekonomian meningkat tentunya kesejahteraan masyarakat juga sektor yang lain akan berjalan lancar. Mungkin masih banyak masyarakat yang awam dengan resesi ekonomi,

berikut penjelasan singkatnya beserta faktor penyebab resesi ekonomi

Resesi Ekonomi Indonesia, Pengertian dan Penyebabnya

Resesi Ekonomi Indonesia, Pengertian dan Penyebabnya

Penjelasan Mengenai Resesi Ekonomi

Sebagian besar warga negara Indonesia mungkin belum mengetahui apa itu resesi ekonomi. Sebenarnya resesi ekonomi adalah kondisi perekonomian sebuah negara yang melemah atau mengalami penurunan. Namun penurunan tersebut terjadi secara signifikan atau berturut-turut selama beberapa bulan. Hal ini biasanya terlihat pada Produk Domestik Bruto (PDB) yang bernilai negatif. Apabila selama kurang lebih dua kuartal PDB mengalami penurunan maka kondisi perekonomian negara tersebut mengalami resesi. Resesi ekonomi Indonesia juga bisa terjadi apabila nilai PDB menurun berturut-turut dan tingkat perkembangannya melambat.

Tidak hanya itu, resesi ekonomi juga dapat terjadi apabila investasi juga mengalami penurunan sehingga tingkat komoditas atau produksi produk akan menurun. Hal tersebut juga berdampak pada banyaknya pengangguran karena terjadi pemutusan hubungan kerja atau PHK. Jika resesi ekonomi Indonesia terjadi dan tidak segera diatasi maka resesi ekonominya akan berlangsung lama sehingga mengakibatkan terjadinya depresi ekonomi. Hal ini tentu akan berakibat perekonomian negara menjadi bangkrut dan sulit untuk dipulihkan.

Faktor Penyebab Terjadinya Resesi Ekonomi

Terjadinya resesi ekonomi pada suatu negara termasuk Indonesia, tentu tidak datang dengan sendirinya. Ada beberapa faktor penyebab sehingga resesi ekonomi Indonesia dapat terjadi. Dari adanya faktor penyebab ini, pastilah akan mudah untuk melihat serta menangani kasus resesi ekonomi yang terjadi. Berikut beberapa faktor penyebabnya.

1. Terjadinya Inflasi

Faktor penyebab pertama yang sering mempengaruhi pertumbuhan ekonomi adalah inflasi. Apabila inflasi mengalami peningkatan yang terlalu tinggi, maka daya beli akan menurun. Dampaknya, jumlah barang yang dibeli oleh jasa akan semakin sedikit. Inflasi terjadi biasanya dipicu oleh meningkatnya biaya produksi, biaya energi dan juga utang nasional. Saat terjadi inflasi maka masyarakat akan lebih hati-hati untuk mengeluarkan uangnya. Hal tersebut bisa berakibat pada perusahaan yang mengalami kerugian sehingga mau tidak mau harus melakukan pengurangan karyawan agar lebih menghemat biaya. Akibat dari inflasi ini maka negara akan mengalami resesi ekonomi.

2. Suku Bunga Tinggi

Salah satu faktor resesi ekonomi Indonesia adalah tingginya nilai suku bunga. Biasanya nilai suku bunga mengalami kenaikan guna melindungi nilai dari mata uang. Namun, apabila suku bunga mengalami kenaikan yang terlalu tinggi tentunya akan membuat pada debitur terbebani. Jika hal ini terjadi maka akan mengakibatkan terjadinya kredit yang macet. Jumlah kredit macet yang besar akan berakibat kurang baik di dunia perbankan. Kalau dunia perbankan mengalami kolaps maka tidak menutup kemungkinan akan terjadi resesi ekonomi.

3. Merosotnya Pertumbuhan Ekonomi

Pada perekonomian global, pertumbuhan dari ekonomi dijadikan tolak ukur sebagai penentu kondisi ekonomi pada suatu negara. Jika pertumbuhan ekonominya mengalami peningkatan yang s signifikan, maka kondisi ekonominya baik. Namun sebaliknya, apabila perekonomian mengalami penurunan atau bahkan merosot drastis, maka kondisi ekonominya kurang baik dan bisa terjadi resesi. Pertumbuhan ekonomi suatu negara terlihat dari PDB nya, kalau PDB nya menurun berturut-turut tidak menutup kemungkinan perekonomian akan mengalami resesi.

Itulah penjelasan mengenai resesi ekonomi serta beberapa faktor penyebabnya. Pemerintah Indonesia hendaknya memperhatikan faktor penyebab resesi ekonomi sehingga akan mencegah terjadinya resesi ekonomi yang merugikan negara.

Johnson Manik
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top