Bisnis

Cara Memulai Bisnis Kuliner Yang Menguntungkan

Dunia kuliner saat ini sangat di gemari oleh masyarakat. Kemunculan istilah wisata kuliner berawal dari masyarakat yang konsumtif terhadap makanan. Karena makanan merupakan kebutuhan primer. Dengan melihat situasi tersebut cobalah cara memulai bisnis kuliner untuk pengembangan usaha dalam mendapatkan keuntungan bulanan.

berikut adalah cara memulai bisnis kuliner

Cara Memulai Bisnis Kuliner Yang Menguntungkan

Cara Memulai Bisnis Kuliner Yang Menguntungkan

1. Buatlah Konsep Bisnis Kuliner Yang Unik Dan Menarik

Dalam menjalankan bisnis kuliner saat ini yang paling diutamakan yaitu memiliki konsep yang unik dan menarik untuk diterapkan. Sebuah konsep harus disiapkan dengan matang. Mulai dari desain tempat hingga penyajian menu yang akan ditawarkan kepada konsumen.

Menu yang cocok untuk konsumen bisa dilihat dari minat pasar dan survey makanan yang sering dikonsumsi. Namun, tetap saja jika banyak pesaing, cobalah untuk memberikan ciri khas produk kuliner yang akan dibuat. Bisa dengan memberikan nama yang unik dan menarik serta sajian yang berbeda dari makanan yang sudah ada di pasaran.

2. Perhitungkan Modal Usaha Dan Pasokan Bahan Baku

Lakukan di awal untuk memperhitungkan modal usaha merupakan salah satu cara memulai bisnis kuliner. Modal usaha dihitung mulai dari pengadaan barang yang dibutuhkan, bahan baku makanan serta sewa tempat hingga gaji karyawan.

Modal usaha ini harus dihitung secara detail dan cermat sehingga bisa memberikan keuntungan yang sebanyak-banyaknya. Pemasok bahan baku untuk kuliner sangat penting dilakukan. Carilah supplier bahan baku yang mudah diajak bekerjasama dan memberikan pelayanan yang baik. Karena dalam bisnis kuliner, bahan baku pun menentukan kualitas hasil masakan yang disajikan.

Jika bahan baku kurang baik, dikhawatirkan ke depannya akan mempengaruhi rasa makanan. Dalam bisnis kuliner, khas cita rasa sangat diutamakan. Oleh karena itu pilihlah pemasok bahan baku yang berkualitas dan relatif mudah agar bisa menekan biaya produksi.

3. Lakukan Strategi Promosi

Cara memulai bisnis kuliner dengan melakukan strategi promosi. Strategi promosi bisa dilakukan dengan media sosial atau promosi dari mulut ke mulut. Cobalah rekomendasikan produk makanan ke teman, kerabat, keluarga dan tetangga agar banyak orang yang mengetahui produk tersebut.

Lakukan pemberian diskon pada konsumen. Bisa juga melakukan kerjasama dengan aplikasi online untuk pemesanan makanan. Dengan begitu banyak orang yang mengetahui produk makanan tersebut dan banyak yang pada akhirnya membeli produk.

4. Jagalah Reputasi Bisnis

Jika bisnis sudah berjalan lancar maka jagalah mutu dan kualitas bisnis kuliner tersebut di depan khalayak umum. Berikan standar cita rasa serta ciri khas produk yang berbeda dari produk yang ada di pasaran. Gunakan pelayanan terbaik dalam penyajian makanan.

Misalnya berikan layanan pengantaran makanan atau biasa yang disebut delivery order. Selain itu lakukan standar operasiol untuk karyawan dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan.

5. Pertahankan Target Pasar

Target pasar sendiri muncul karena penyesuaian lokasi yang ditentukan dalam membuka tempat makanan. Cara memulai bisnis kuliner yaitu dengan mempertahankan target yang sudah ditentukan. Misalnya saja lokasi kuliner di sekitar kampus maka target pasar berarti mahasiswa dan anak sekolah.

Biasanya anak muda lebih tertarik dengan kuliner yang berbau unik dan harganya murah. Atau buka usaha kuliner di sekitar obyek wisata. Maka target pasar akan ramai ketika liburan tiba, harga makanan pun menjadi lebih mahal dari hari biasanya. Oleh karena itu, pada musim liburan keuntungan bisnis kuliner sangat melimpah.

Dengan adanya cara memulai bisnis kuliner maka bisa ditentukan kegiatan apa saja yang harus dilakukan sebelum membuka bisnis tersebut. Lakukan persiapan mulai dari bahan baku hingga penyajian. Berikan cita rasa serta ciri khas makanan yang akan ditawarkan kepada konsumen. Dengan begitu bisnis kuliner akan sukses dan digemari.

Johnson Manik
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trading Saham di EXNESS
To Top