Finansial

Ingin Hemat, Cobalah Dengan Metode Kakeibo

Menabung menjadi hal yang sulit ketika anda tidak menyadari bahwa terkadang anda justru mengeluarkan banyak uang untuk hal-hal yang tidak perlu. Untuk mengatasi hal buruk tersebut, anda mungkin bisa mencontoh orang-orang Jepang dalam mengatur keuangan mereka dengan cara kakeibo. Dalam masyarakat Jepang, kakeibo dianggap sangat membantu dalam mengawasi pengeluaran bulanan.

Secara sederhana, pengaturan keuangan dengan metode ini memusatkan pada sebuah jurnal yang bisa membantu anda dalam mengelola pengeluaran. Fungsi utamanya adalah melacak tentang berapa banyak penghasilan dan pengeluaran anda dalam jangka waktu sebulan. Dengan menerapkan metode ini, anda akan memiliki kontrol penuh terhadap pengeluaran. Metode kakeibo dimulai dengan menetapkan anggaran bulanan. Anda cukup mengawalinya dengan memikirkan dan mencatat apa saja yang anda butuhkan dan berapa banyak uang yang ingin ditabung.

Ingin-Hemat,-Cobalah-Dengan-Metode-Kakeibo

Ingin Hemat, Cobalah Dengan Metode Kakeibo

Seperti semua metode penganggaran yang kita kenal, kakeibo juga membutuhkan buku yang mencatat semua keluar masuknya dana. Tapi keuntungan dari kakeibo adalah, metode ini tidak harus menggunakan perangkat lunak dalam bentuk aplikasi tertentu atau lembar Excel. Kakeibo hanya berbentuk buku jurnal yang berisi rincian tulisan anda sebagai cara untuk mengamati kebiasaan belanja yang anda lakukan.

Dengan metode utama yaitu memikirkan dan mencatat tentang apa saja yang anda butuhkan dan berapa banyak uang yang ingin ditabung, kakeibo dipercaya lebih efektif dalam membantu manajemen keuangan. Kakeibo membuat anda berpikir secara realistis dan memaksa untuk bisa membedakan antara keharusan dan keinginan.

Kakeibo ditemukan pada 1904 silam oleh jurnalis perempuan Jepang pertama bernama Motoko Hani. Dan para ahli mengklaim bahwa metode kakeibo ini bisa membantu anda memotong pengeluaran hingga pada angka 25 persen.

Benny Faizal
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
To Top