Saham

Sifat Yang Harus Di Hindari Dalam Bisnis Saham Maupun Trading

Dalam melakukan insvestasi saham maupun trading ada banyak hal dan sifat yang wajib dipahami dan harus dihindari oleh setiap investor maupun trader. Hal tersebut baik dalam berinvestasi saham maupun didalam trading. Yang berguna untuk mengantisipasi kejadian-kejadian buruk yang mungkin saja bisa terjadi, sehingga investasi yang dilakukan bisa sesuai harapan.

Untuk itu berikut sifat yang harus di hindari

Sifat Yang Harus DiHindari Dalam Bisnis Saham Maupun Trading

Sifat Yang Harus DiHindari Dalam Bisnis Saham Maupun Trading

1.Sifat Pendendam

Setiap Trader secara psikologis pasti percaya bahwa mereka sangat layak untuk mendapatkan keuntungan dari transaksi yang sedang mereka lakukan. Saat terjadi hal yang tidak diinginkan, yaitu rugi, mereka bisa saja menjadi marah. Semakin rugi, maka semakin murka dan akan menjadi keinginan trader tersebut untuk balas dendam dan membuktikan bahwa mereka “tidak seharusnya “ dirugikan. Akhirnya hal tersebut membuat mereka bertindak nekat, averaging dalam jumlah yang besar untuk melawan pasar. Bisa ditebak apa yang akan terjadi, mereka justru mengalami rugi yang semakin besar dan uangnya habis. Supaya tidak terjebak dalam hal ini adalah dengan menerima hasil trading apa adanya. Jika mengalami rugi ya diterima saja dengan lapang dada. Jika tidak ingin rugi, maka jangan menjadi trader.

2.Sifat Serakah

Sifat serakah dapat menyebabkan banyak seseorang kehilangan uang mereka lebih dari apa pun. Keserakahan dapat menyebabkan trader menjadi “buta” terhadap risiko. Melihat trading mereka untung, biasanya trader semakin berani untuk membuka posisi dan menambah untungnya. Akibatnya trader selalu terjebak dan nyangkut di harga tinggi. Keserakahanlah yang banyak menyebabkan trader saham berani menggunakan marjin yang berlebihan. Tindakan terbaik yang harus dilakukan supaya tidak terjebak dalam sifat serakah adalah dengan menerima profit secukupnya.

3.Sifat Terlalu Bernafsu

Seringkali saham tiba-tiba bergerak naik cepat. Banyak orang yang terjebak dengan “mengejar saham panas”. Saham yang paling ramai ditransaksikan biasanya mendorong nafsu para trader untuk membeli saham tersebut. Akibatnya seorang trader hanya akan berspekulasi atau berjudi . Niatnya tidak membeli saham, malah menjadi beli banyak. Tindakan terbaik untuk tidak terjebak dalam sifat nafsu adalah dengan memiliki sistem trading yang baik, termasuk apa saja yang harus dibeli atau dijual pada saat itu.

4.Sifat Sombong

Banyak trader atau investor yang merasa dirinya paling pintar, karena memang asalnya pintar, memiliki IQ yang tinggi. Tetapi semua itu tidak akan ada gunanya jika sudah menghadapi pasar. Mereka tidak lebih pintar dari pasar. Saat mereka merasa lebih pintar dari pasar, akhirnya pasar pun akan memberi mereka sebuah pelajaran. Yaitu kerugian yang besar. Banyak trader saham yang merasa diri mereka hebat saat pergerakan pasar saham bullish. Saat itu semua saham yang mereka beli menghasilkan profit. Mereka merasa memiliki tangan ajaib Raja Midas. Kesombongan hanya akan membuat mereka menjadi tidak waspada, menyepelekan risiko-risiko. Dan akhirnya saat situasi pasar tiba-tiba berubah, mereka tidak siap. Tindakan terbaik yang harus dilakukan supaya tidak terjebak dalam kesombongan adalah dengan selalu rendah hati terhadap apapun dan siapapun, termasuk pasar.

5. Sifat Malas Belajar

Semua trader pasti ingin profit, tetapi hanya sedikit dari mereka yang benar-benar mau berusaha untuk itu. Kebanyakan trader hanya mau cara teknik yang instan. Trader yang tidak ingin belajar mendalam tentang trading. Jikalau belajar, maunya hanya analisis praktis saja . Ketika disuruh belajar manajemen resiko, manajemen uang, dan psikologi trading tidak mau. Trader yang tidak ingin belajar dan membuat persiapan utnuk trading, atau melakukan analisis yang mendalam akhirnya hanya akan trading asal-asalan saja sesuai perasaan. Ujung-ujungnya pasti bingung ketika pasar bergerak tidak sesuai harapan mereka. Tindakan terbaik yang harus dilakukan supaya tidak terjebak dalam kemalasan adalah selalu belajar dengan tekun dan mendalam tentang seluk-beluk trading.

Sifat diatas adalah beberapa sifat yang harus dihindari bagi para pelaku bisnis saham maupun dalam bisnis trading. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembaca.

William Adhiwangsa
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
To Top