Saham

4 Buku Rekomendasi Warren Buffet Soal Saham

Warren Buffett adalah salah seorang sosok yang dijadikan panutan dari para investor di berbagai belahan bumi, baik investor profesional maupun mereka yang masih berpredikat sebagai pemula.

Bernama lengkap Warren Edward Buffett, investor kenamaan dunia ini lahir pada tanggal 30 Agustus 1930 di Omaha, negara bagian Nebraska, Amerika Serikat.

Warren Buffett adalah salah satu tokoh penting di abad ini yang dianggap memiliki pengaruh signifikan terhadap perkembangan sektor finansial global. Selain dikenal sebagai investor dan pebisnis sukses, Warren Buffett juga menjadi Chief Executive Officer (CEO) dari perusahaan konglomerat multinasional, Berkshire Hathaway, yang berpusat di Omaha, tempat kelahirannya.

Seperti yang diketahui, Warrent Buffett yang juga dikenal sebagai “peramal dari Omaha” ini, memiliki cara tersendiri dalam berinvestasi.

Buffet mengatakan, bahwa sebagian besar dari investor, baik itu institusional ataupun individu, akan menemukan cara terbaik untuk memilih saham, diantaranya melalui index fund atau reksa dana indeks.

Investasi adalah penanaman uang yang dilakukan dengan cara menempatkan sejumlah dana di instrumen keuangan dalam jangka waktu tertentu untuk memperoleh keuntungan berupa pertambahan nilai di masa depan.

4 Buku Rekomendasi Wareen Buffet Soal Saham

4 Buku Rekomendasi Wareen Buffet Soal Saham

Trey Lockerbie, pendiri dan CEO perusahaan kombucha Better Booch, bertemu Warren Buffet di beberapa tahun yang lalu.

Trey pun mengambil kesempatan itu untuk mengajukan beberapa pertanyaan kepada Buffet soal investasi.

Trey juga bertanya kepada Buffet terkait rekomendasi buku-buku mengenai investasi. Buffet pun memberi sejumlah daftar rekomendasi buku-buku terbaik. Melansir dari situs CNBC Indonesia, berikut buku-buku tersebut:

1. Books by Graham: “Security Analysis”

Buku ini membahas tentang ide-ide dari Graham yang menginsiparsi komunitas investasi hampir selama seabad.

Buku yang pertama kali diterbitkan pada tahun 1934 ini, masih dianggap sebagai alkitab investasi nilai bagi investor dari segala jenis.

Karena buku inilah yang juga membuat Buffet meminta untuk diterima di kelas Graham di Universitas Columbia. Bahkan hingga Buffet mendapatkan Masternya di sana.

2. Intelligent Investor

Seperti yang diketahui, “peramal dari Omaha” ini telah merekomendasikan buku ini berkali-kali.

Buffet mengatakan, “Bagaimanapun, kehidupan finansial saya berubah dengan pembelian (dari Intelligent Investor)”.

Menurut Buffet, ide Ben dijelaskan dengan logis dalam prosa yang elegan dan mudah dipahami.

Buffet menjelaskan, “Dari semua investasi yang pernah saya lakukan, membeli buku Ben adalah yang terbaik (kecuali untuk pembelian dua surat nikah saya)”.

3. Books by Goodman “The Money Game”

Pada buku “The Money Game” yang diterbitkan pada tahun 1968, Goodman berpendapat bahwa pasar saham harus dipandang sebagai permainan dan menulis hiruk pikuk Wall Street di tahun 60-an sebagai contoh.

Soal buku ini, Buffet mengatakan, “Goodman, terutama dalam “The Money Game”, adalah buku yang sangat berwawasan luas, dan dia tahun cara membuat prosa juga bernyanyi”.

Buffet juga berkomentar, “Dia tahu bagaimana menunjukkan jarinya pada hal-hal yang belum pernah diidentifikasi sebelumya. (Goodman) berpegang pada fakta, tapi dia membuatnya jauh lebih menarik”.

4. Supermoney

Buku “Supermoney” diterbitkan pada tahun 1972 dan menyoroti pasar saham di tahun 70-an dan bahkan menampilkan profil Buffet sendiri.

Buffet mengatakan, “Jadi, saya hanya akan mendeskripsikan buku ini sebagai padanan penampilan (New York Yankess) Don Larsen pada 8 Oktober 1956. Bagi yang belum tahu, itu adalah hari di mana dia mengajukan satu-satunya permainan sempurna dalam sejarah Seri Dunia”.

Selain itu, Buffet juga memiliki prinsip investasi yang dijalankan. Di antaranya adalah: Berinvestasi pada industri dan perusahaan yang dikenal, membuat daftar kriteria sebelum membeli saham, dan memilih waktu yang tepat ketika menjual saham.

Bagi orang awam, investasi bisa menjadi sebuah dunia yang dianggap membingungkan. Untuk mencapai titik kesuksesan bukanlah hal yang mudah tentunya. Namun, tidak ada salahnya jika mengambil pelajaran dari jejak-jejak orang sukses seperti Warren Buffett.

Lita Alisyahbana
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trading Saham di EXNESS
To Top