Finansial

Apa Saja Kesalahan Paling Umum yang Sering Dilakukan Investor Pemula?

Dari hari ke hari, jumlah investor pemula di pasar saham alami peningkatan. Tetapi meski jumlahnya semakin meningkat, pengetahuan tentang pasar saham yang minim justru banyak membuat para investor pemula melakukan berbagai kesalahan dan akhirnya malah berujung pada kerugian finansial yang tak sedikit.

Untuk menjadi investor saham harus diiringi dengan pengetahuan yang mumpuni. Dengan begitu, tentunya para investor pemula dapat untuk meminimalkan kondisi kerugian. Seperti yang diketahui, pergerakan harga saham selalu cenderung volatile.

Berikut adalah kesalahan yang umum dilakukan oleh investor pemula:

1. Ingin cepat kaya tanpa belajar

Kesalahan umum yang sering terjadi pada investor pemula adalah keinginan untuk menjadi kaya tanpa dibarengi oleh kemauan untuk belajar. Seperti yang diketahui, keinginan ini cenderung akan mengurangi sikap rasional. Sehingga yang terjadi adalah asal beli saham tanpa pemikiran yang matang.

Untuk informasi, dalam investasi saham tentu ada pertimbangan-pertimbangan yang rasional. Istilahnya adalah analisis fundamental dan analisis teknikal. Maka adalah penting bagi investor pemula untuk belajar mengenai dua hal tersebut.

2. Gampang terpengaruh juga emosional

Gampang terpengaruh dari informasi yang didapatkan lalu ditelan mentah-mentah adalah kesalahan umum dari para investor pemula. Sebaiknya setiap rekomendasi yang muncul dan diterima agar dianggap sebagai informasi awal dan selanjutnya perlu dianalisis lebih lanjut.

Tingkat emosi yang cenderung tidak stabil juga termasuk kesalahan umum dari investor pemula. Sehingga yang terjadi adalah para investor pemula akan cenderung kurang rasional ketika mengambil keputusan jual beli saham.

3. Tidak menggunakan uang dingin

Uang dingin adalah uang yang tidak akan dipergunakan dalam waktu dekat atau uang untuk kebutuhan sehari-hari.

Kesalahan umum yang cenderung dilakukan oleh investor pemula, biasanya justru tidak menggunakan uang dingin dalam investasi sahamnya. Karena menggunakan uang yang sebenarnya sudah ada peruntukkannya, maka ketika terjadi penurunan harga saham dan uang tersebut harus digunakan maka kerugian itu menjadi nyata.

Apa Saja Kesalahan Paling Umum yang Sering Dilakukan Investor Pemula?

Apa Saja Kesalahan Paling Umum yang Sering Dilakukan Investor Pemula?

4. Sering tak memperdulikan risiko

Tidak sedikit para investor pemula yang hanya bermodal nekat saja, tanpa menelisik terlebih dahulu kemampuan yang terkait dengan profil risiko.

Profil ini pada dasarnya berkaitan dengan tingkat toleransi seseorang akan risiko yang akan dialami, dalam hal ini kerugian. Bukan rahasia lagi, investasi tidak bisa dilepaskan dengan faktor risiko. Oleh sebab itu, sudah sepantasnya investor tahu betul profil risikonya sehingga bisa memilih instrumen investasi yang tepat sesuai dengan profil risikonya.

5. Menyamakan investasi seperti judi

Kesalahan investor pemula yang juga paling sering dilakukan adalah terlalu banyak berspekulasi. Ketika mempertaruhkan uang ke suatu instrumen investasi, janganlah melakukan sesuatu berdasarkan pemikiran pendek karena itu artinya tidak berinvestasi.

Jangan pernah berjudi atau berspekulasi saat berinvestasi. Berinvestasilah berdasarkan pengetahuan dan pemahaman dari segala informasi yang berkaitan yang bisa dipelajari. Juga, keputusan yang diambil saat berinvestasi harus siap dipertanggung jawabkan menurut tingkat risiko dan berkomitmen.

Lima kesalahan umum dari investor pemula di atas dapat digunakan sebagai bahan untuk pembelajaran sebelum benar-benar menggeluti investasi. Namun, hal ini tidak lantas membuat takut untuk berinvestasi. Jika memahami mengenai apa itu investasi saham, strateginya, cara untuk meminimalisir risiko kerugiannya maka akan mampu memaksimalkan keuntungan yang akan didapat.

Lita Alisyahbana
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top