Crypto

Elon Musk Bongkar Identitas Pencipta Bitcoin!

Seperti yang diketahui, hingga hari ini masih banyak orang yang bertanya-tanya mengenai siapa sebenarnya sosok Satoshi Nakamoto. Nama Satoshi Nakamoto sendiri sudah tak asing di kalangan investor kripto. Pasalnya, sosok ini dianggap sebagai pencipta aset kripto alias Bitcoin. Satoshi Nakamoto adalah nama samaran yang sejak tahun 2008 belum ada yang pernah mengaku bahkan membuka identitas tentang siapa sosok fenomenal dibalik nama yang menciptakan uang digital berbasis kripto tersebut.

Namun, kini dalam berita terbarunya, CEO Tesla, Elon Musk membongkar tentang siapa sosok Satoshi Nakamoto sang pencipta Bitcoin. Untuk informasi, memang dalam waktu belakangan lalu juga telah mencuat beberapa nama besar yang dihubungkan dengan Satoshi Nakamoto. Namun Elon Musk secara tegas menyebut satu nama yang berhubungan dengan pencipta Bitcoin.

Dalam penjelasannya terkait pencipta Bitcoin, Elon Musk setuju dengan beberapa pendapat dari ahli cryptocurrency, bahwa Nick Szabo adalah mungkin identitas dibalik sosok Satoshi Nakamoto. Mengutip dari Business Insider, Elon Musk mengatakan kepada peneliti kecerdasan buatan Lex Fridman, bahwa identitas Satoshi Nakamoto bisa ditelusuri lewat siapa yang menulis tentang ide-ide tersebut.

Dari sumber media yang sama, pada hari Sabtu (1/1/2022), Elon Musk mengatakan, “Anda harus memperhatikan dan dapat melihat ide sebelum peluncuran Bitcoin dan melihat siapa yang menulis tentang ide-ide itu”.

Namun, Elon Musk mengatakan bahwa sementara ini dia masih tidak tahu persis siapa yang menciptakan Bitcoin, namun teori dari Szabo tampaknya yang menjadi dasar dari penciptaan cryptocurrency ini. Menurut Elon Musk, sepertinya Nick Szabo mungkin lebih dari siapapun bertanggung jawab atas evolusi ide-ide tersebut.

Elon Musk Bongkar Identitas Pencipta Bitcoin!

Elon Musk Bongkar Identitas Pencipta Bitcoin!

Siapa Nick Szabo?

Dari berbagai sumber dikatakan bahwa, Nick Szabo merupakan seorang ilmuwan komputer dan cryptographer yang membantu mengembangkan bentuk awal dari mata uang kripto yang bernama bit gold. Meski ciptaannya itu pada akhirnya tidak berhasil menjadi populer, banyak yang menilainya sebagai cikal bakal dari Bitcoin. Teknologi yang ia cetuskan juga dipakai sebagai fondasi blockchain Ethereum.

Dalam artikelnya pada Mei 2011 silam tentang Bitcoin, Szabo menulis: “Saya, Wei Dai, dan Hal Finney adalah satu-satunya orang yang saya kenal yang menyukai gagasan itu, cukup untuk mengejarnya sampai ke tingkat yang signifikan, dengan asumsi Nakamoto sebenarnya bukan Finney atau Dai”.

Meski diyakini Musk, Szabo sebenarnya terus membantah. Dalam email-nya yang dikirim pada Juli 2014 silam, ia mengaku bukan Nakamoto. “Terima kasih telah memberi tahu saya. Saya khawatir Anda salah mengartikan saya sebagai Satoshi, tapi saya sudah terbiasa,” ujarnya.

Sementara itu, nama lain yang berhubungan dengan Satoshi Nakamoto adalah ilmuwan komputer dan pengusaha asal Australia, Craig Wright. Tidak seperti tnama-nama yang lainnya, Wright mengklaim dirinya adalah Nakamoto yang sebenarnya. Pada 2016, ia memberi “bukti” teknis kepada BBC, The Economist, dan GQ. Terdiri dari demonstrasi proses verifikasi yang digunakan pada transaksi Bitcoin yang pertama.

Lita Alisyahbana
Latest posts by Lita Alisyahbana (see all)
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trading Saham di EXNESS
To Top