Crypto

Benarkah Craig Wright adalah Satoshi Nakamoto Si Pencipta Bitcoin?

Diberitakan sebelumnya, Pengadilan Florida, Amerika Serikat, akan mengungkap identitas penemu Bitcoin yang selama ini menggunakan nama samaran Satoshi Nakamoto. Pengadilan bersangkutan akan membeberkan identitas Satoshi karena mereka tengah menangani gugatan satu kasus kripto senilai sekitar US$ 6,4 miliar atau setara dengan Rp 91,2 triliun.

Gugatan itu diajukan anggota keluarga seorang ilmuwan komputer yang sudah meninggal, David Kleiman. Mereka mengklaim bahwa Kleiman bersama progammer Australia, Craig Wright, lah yang menggunakan Nakamoto sebagai nama samaran saat membuat Bitcoin. Ahli waris Kleiman berpendapat bahwa David Kleiman, yang meninggal pada 2013 lalu, juga menciptakan Bitcoin. Keluarga Kleiman mengatakan mereka memiliki bukti yang menunjukkan bahwa David Kleiman dan Craig Wright adalah mitra.

Kini dalam berita terbaru, Craig Wright dikabarkan telah memenangkan pengadilan perdata tersebut. Dilansir dari BBC, Rabu (8/12/2021), kemenangan tersebut membuat dirinya berhak untuk memiliki Bitcoin senilai miliaran dollar AS atau ratusan triliun rupiah. Craig Wright menang atas klaim yang diajukan oleh mitra bisnisnya yang telah meninggal, Dave Kleiman.

Dari sumber yang sama dijelaskan bahwa pengadilan menolak klaim dari keluarga Kleiman atas separuh dari kekayaan uang kripto senilai puluhan miliar dollar AS tersebut. Dengan demikian, Wright pun bisa mempertahankan aset sebesar 1,1 juta Bitcoin senilai 54 miliar dollar AS atau Rp 776 triliun (kurs Rp 14.200). Namun, ia bakal membayar 100 juta dollar AS kepada keluarga Dave Kleiman atas pelanggaran kekayaan intelektual.

Benarkah Craig Wright adalah Satoshi Nakamoto Si Pencipta Bitcoin?

Benarkah Craig Wright adalah Satoshi Nakamoto Si Pencipta Bitcoin?

Melansir MSN, pengacara Wright telah berulang kali mengatakan bahwa David Kleiman dan Wright adalah teman dan berkolaborasi dalam pekerjaan bersama, tetapi kemitraan mereka tidak ada hubungannya dengan penciptaan Bitcoin atau operasi awal.

Wright mengatakan dia berencana untuk menyumbangkan sebagian besar kekayaan Bitcoin untuk amal jika dia menang di persidangan. Dalam sebuah wawancara, pengacara Wright, Rivero, menegaskan kembali rencana Wright untuk menyumbangkan sebagian besar kekayaan Bitcoin-nya.

Namun, klaim Craig Wright bahwa dirinya adalah penemu Bitcoin tersebut sering dianggap salah oleh banyak media dan komunitas cryptocurrency. Wright juga belum pernah menunjukkan kepada publik bahwa dia benar-benar memiliki akses ke dompet Bitcoin atas nama Nakamoto.

Seperti yang diketahui, hingga hari ini masih banyak orang yang bertanya-tanya mengenai siapa sebenarnya sosok Satoshi Nakamoto. Nama Satoshi Nakamoto sendiri sudah tak asing di kalangan investor kripto. Pasalnya, sosok ini dianggap sebagai pencipta aset kripto alias Bitcoin. Satoshi Nakamoto adalah nama samaran yang sejak tahun 2008 belum ada yang pernah mengaku bahkan membuka identitas tentang siapa sosok fenomenal dibalik nama tersebut yang menciptakan uang digital berbasis kripto tersebut.

Misteri seputar pendirian Bitcoin masih menjadi misteri terbesar dan berita mengenai gugatan perdata Florida Selatan ini menarik begitu banyak perhatian. Hal ini karena investor, trader, maupun pihak-pihak yang berperan di industri kripto sangat menanti siapa sosok sebenarnya dari Satoshi Nakamoto.

Lita Alisyahbana
2 Comments

2 Comments

  1. Pingback: Elon Musk Bongkar Identitas Pencipta Bitcoin!

  2. Pingback: 4 Fakta yang Membuat Bitcoin Jadi Kripto Paling Populer

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Trading Saham di EXNESS
To Top