Crypto

Identitas Pencipta Bitcoin, Satoshi Nakamoto akan Segera Diungkap

Seperti yang diketahui, sampai dengan hari ini masih banyak orang yang bertanya-tanya mengenai siapa sebenarnya sosok Satoshi Nakamoto. Nama Satoshi Nakamoto sendiri sudah tak asing di kalangan investor kripto. Pasalnya, sosok ini dianggap sebagai pencipta aset kripto alias Bitcoin.

Untuk informasi, Satoshi Nakamoto adalah nama samaran yang sejak tahun 2008 belum ada yang pernah mengaku bahkan membuka identitas tentang siapa sosok fenomenal dibalik nama tersebut yang menciptakan uang digital berbasis kripto tersebut.

Sampai akhirnya pengembangan Bitcoin terus berlanjut hingga kini dan sosok Satoshi Nakamoto hilang tidak terdeteksi. Namun, meski sosoknya seperti menghilang bak ditelan bumi, hilangnya ini tetap dianggap telah membawa ‘sesuatu‘. Bukan rahasia lagi, ketenaran Bitcoin tak lepas dipengaruhi oleh penemu Bitcoin itu sendiri. Hal ini dilatarbelakangi oleh kerahasiaan yang sampai sekarang belum dapat diketahui siapa penemu awalnya. Ada banyak versi menyebutkan identitas penemu Bitcoin. versi yang paling populer menyebutkan sosok Satoshi Nakamoto disebut-sebut sebagai orang yang memprakarsai Bitcoin.

Diketahui, Satoshi Nakamoto merupakan seseorang yang ahli dalam Ilmu Komputer, Ilmu Tulisan Rahasia (Kriptografi) hingga saat ini digadang-gadang sebagai ahli mata uang digital. Sosok Nakamoto diperkirakan lahir pada 1974-1977. Jati diri Nakamoto sendiri merupakan orang asia keturunan nir- Jepang.

Ditulis oleh berbagai sumber, sosok Satoshi Nakamoto dianggap sebagai pseudonym. Pasalnya sejak 2008 belum ada yang mengaku siapa sosok Satoshi Nakamoto. Pada tahun yang sama pula, Satoshi menyebutkan istilah digital Bitcoin dalam sebuah publikasi 9 lembar ‘white paper‘.

Identitas Pencipta Bitcoin, Satoshi Nakamoto akan Segera Diungkap

Identitas Pencipta Bitcoin, Satoshi Nakamoto akan Segera Diungkap

Berselang beberapa bulan setelahnya, akhirnya Satoshi berkerja sama dengan pengembang dan pengkoding online merilis software Bitcoin kepada khalayak. Seiring kepopuleran Bitcoin, diketahui keterlibatan Satoshi berakhir pada tahun 2010, tepatnya pada Desember. Kerahasian identitas Satoshi Nakamoto menjadi bukti bahwa sosok ini memang ahli dalam ilmu komputer hingga belum ada satu pun yang dapat menguak sosok berpengaruh di balik Bitcoin, penguasaannya terhadap operasi pribadi membuatnya tetap menjadi misterius.

Namun ada kabar mengejutkan terkait hal ini, pasalnya Pengadilan Florida, Amerika Serikat, akan mengungkap identitas penemu Bitcoin yang selama ini menggunakan nama samaran Satoshi Nakamoto. Pengadilan bersangkutan akan membeberkan identitas Satoshi karena mereka tengah menangani gugatan satu kasus kripto senilai sekitar US$ 6,4 miliar atau setara dengan Rp 91,2 triliun.

Gugatan itu diajukan anggota keluarga seorang ilmuwan komputer yang sudah meninggal, David Kleiman. Mereka mengklaim bahwa Kleiman bersama progammer Australia, Craig Wright, lah yang menggunakan Nakamoto sebagai nama samaran saat membuat Bitcoin.

Craig Wright merupakan pengusaha sekaligus ilmuwan komputer asal Australia. Pada 2015 lalu, ia mengaku sebagai pendiri Bitcoin dengan identitas nama samaran Satoshi Nakamoto. Bagaimanapun, klaimnya itu sering dianggap salah oleh banyak media dan komunitas cryptocurrency. Wright juga belum pernah menunjukkan kepada publik bahwa dia benar-benar memiliki akses ke dompet Bitcoin atas nama Nakamoto.

Di sisi lain, ahli waris Kleiman berpendapat bahwa David Kleiman, yang meninggal pada 2013 lalu, juga menciptakan Bitcoin. Keluarga Kleiman mengatakan mereka memiliki bukti yang menunjukkan bahwa David Kleiman dan Craig Wright adalah mitra.

Untuk diketahui, dompet Bitcoin Nakamoto sampai saat ini tidak pernah disentuh oleh siapapun. Dan fakta bahwa baik Wright maupun keluarga Kleiman sampai saat ini tidak memiliki password dompet tersebut membuat banyak orang skeptis tentang klaim mereka.

Hingga kini investigasi oleh jurnalistik telah berusaha untuk mengungkap orang atau kelompok individu, yang bertanggung jawab untuk menciptakan mata uang digital yang kini telah memiliki kapitalisasi pasar lebih dari US$ 1 triliun tersebut. Sejauh ini, media dan komunitas telah memberikan banyak hasil tentang siapa sosok Satoshi asli. Namun nyatanya, tidak ada yang dapat dikonfirmasi.

Sebelumnya, John McAfee -Pendiri perusahaan Software Antivirus- mengklaim bahwa 99% ia yakin tahu identitas tentang Satoshi Nakamoto. John menganggap bahwa keyakinan dari banyak orang tentang sosok Satoshi Nakamoto sebagai seorang individu yang merancang Bitcoin adalah omong kosong belaka.

Mengutip dari Cointelegraph hari Kamis (7/5/2020) John mengatakan, “Mereka adalah tim yang terdiri dari 11 orang yang bekerja selama 5 tahun, yang akhirnya muncul dengan Bitcoin. Bagaimana mereka memutuskan siapa yang akan menulis makalahnya, saya tidak tahu”.

William Adhiwangsa
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top