Saham

Harga Emas Dunia Hari Ini dan Yang Mempengaruhi

Dunia saat ini tengah dilanda krisis tidak terlihat yang diakibatkan oleh virus covid-19 atau Corona. Hal ini menyebabkan banyak hal mengalami perubahan salah satunya adalah harga emas dunia hari ini. Setelah kemarin harga saham ikut terpengaruh, maka kali ini giliran harga emas dunia yang terkena dampaknya. Penguatan yang di bayang-bayangi virus Corona menjadi masalah serius.

Harga Emas Hari Ini di Dunia dan Indonesia

Seminggu yang lalu, tepatnya sekitar pertengahan februari harga emas Antam menembus harga tertinggi selama 7 tahun. Hal ini tentu disebabkan oleh krisis yang terjadi di pasar global. Saat itu harganya naik mencapai 5000 per tiap gramnya. Lanjut terus seperti itu sampai menyentuh angka Rp 800ribu lebih satu hari setelahnya. Harga tersebut terus naik dan bahkan menciptakan reli kenaikan yang cukup signifikan.

Meskipun begitu beberapa hari lalu, emas sempat mengalami penurunan yang lumayan yakni sekitar Rp 1000 per gramnya. Tapi itu tidak berlangsung lama karena setelahnya harga emas kembali melonjak naik. Dimana emas murni 24 karat memiliki harga rata-rata Rp 770ribu sampai Rp 800ribu. Capaian rekor tertinggi dari tahun 2013 yang lalu. Membuat komoditi ini semakin banyak diminati.

Masuk ke berita paling update yakni terhitung hari ini harga emas Comex mengalami penurunan cukup signifikan yakni 11,9 poin ke $ 1.638,10. per Troy ounce. Berbanding terbalik dengan jenis emas spot yang justru mengalami kenaikan. Terpantau emas spot mengalami kenaikan per Troy ounce nya menjadi 2,02 poin atau sekitar $ 1.637,10.

Lalu bagaimana dengan emas yang banyak masuk ke pasaran seperti emas Antam? Jawabannya harga emas ini semakin menguat dan terpantau kembali mengalami kenaikan menjadi Rp 813ribu pergramnya. Untuk buyback nya juga mengalami kenaikan yaitu Rp 5ribu. Sekedar informasi buyback ini adalah jumlah yang akan diterima pembeli, ketika menjual kembali emas nya ke pt Antam.

Harga Emas Dunia Hari Ini dan Yang Mempengaruhi

Harga Emas Dunia Hari Ini dan Yang Mempengaruhi

Hal yang Mempengaruhi Harga Emas

Tadi sudah dibahas terkait dengan harga emas baik itu Antam, spot, maupun Comex. Seperti harga-harga yang tertera diatas, sekilas bisa terlihat bahwa meskipun tidak besar tapi harga emas tetap mengalami naik-turun. Hal ini lumrah dan sering terjadi layaknya barang komoditi pada umumnya. Tapi apa sebenarnya hal yang menjadi pengaruh besar terhadap harga emas hari ini.

1. Krisis Global

Hal pertama yang menjadi pengaruh utama adalah krisis global. Hampir di semua barang komoditi apabila terjadi krisis global maka fluktuatif harga barang tidak bisa terelakkan. Apalagi seperti yang diketahui bahwa awal tahun 2020 ini banyak sekali hal yang menyebabkan krisis global tanpa disadari. Karenanya ini berpengaruh terhadap harga emas dunia.

2. Pasokan dan Permintaan

Faktor yang menjadi penyebab lainnya adalah pasokan dan permintaan. Dimana faktor ini akan berlaku ketika permintaan emas sedang tinggi, tapi pasokannya menipis. Sehingga bisa ditebak jika hal tersebut menyebabkan harga emas menjadi tinggi. Sebaliknya jika pasokan sangat banyak tapi permintaan kecil, maka harga emas akan mengalami penurunan.

3. Nilai Dolar As

Terakhir dan yang paling sering menjadi penyebab naik turunnya suatu harga, terutama barang komoditi. Sebagai cadangan mata uang utama dan yang paling kuat dolar akan sangat berpengaruh terhadap naik turunnya harga emas. Ketika dolar naik, maka harga emas justru akan menurun dan terjadi sebaliknya.

Itulah tadi sekilas tentang berita harga emas dunia hari ini serta hal apa saja yang mempengaruhi harga tersebut. Melihat harganya yang terus meningkat tidak ada salah nya untuk menjadikan emas ini sebagai barang investasi. Karena selain menguntungkan investasi ini tergolong aman dan mudah bahkan bagi semua kalangan.

William Adhiwangsa
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top