Finansial

Miliader Ini Menyebut Menabung adalah Cara Lambat Menjadi Kaya

Menabung dipercaya sebagai cara untuk menghemat uang agar menjadi kaya selain sebagai investasi keuangan di masa depan. Bahkan budaya menabung sudah ditanamkan sejak kecil lewat media celengan dalam berbagai bentuk.

Masih ingat, ketika usia sekolah dasar, tiap-tiap kelas membentuk kepengurusan yang juga ada posisi bendahara? Itu artinya kita memang diarahkan dalam pemikiran bahwa menabung adalah hal yang penting. Beranjak dewasa kita mengenal istilah bank sebagai sarana untuk menyimpan dan menabung uang.

Tapi seorang miliader asal Amerika Serikat justru berpikiran berbeda. Ia agaknya berhasil mematahkan teori menabung bisa menjadi kaya.

Tanne Chidester berhasil memiliki kekayaan sebesar 1 juta dollar AS atau setara dengan Rp 14 miliar sebelum berusia 28 tahun. Tanne berhasil meraih kekayaan tersebut dengan melakukan usaha sendiri tanpa adanya bantuan dari orang tua. Ia merupakan CEO dari tujuh perusahaan, dan dua yang paling sukses adalah Fit Warrior dan Elite CEOs.

Miliader-Ini-Menyebut-Menabung-adalah-Cara-Lambat-Menjadi-Kaya

Miliader Ini Menyebut Menabung adalah Cara Lambat Menjadi Kaya

Tanne menyebut menabung adalah cara lambat untuk menjadi kaya. Menurutnya, lebih mudah mencari banyak uang daripada menabung lebih banyak.

Ia mengawali bisnis di usia 22 tahun sejak memutuskan untuk keluar dari Texas A&M University. Ia mengambil keputusan untuk membangun bisnis olahraga sesuai dengan minatnya, yaitu fitnes dan diet. Pada awal memulai, ia tak banyak mendapatkan keuntungan, bahkan dalam tahun pertama saja bisnisnya hanya berhasil mengumpulkan 2.000 dollar AS.

Tanne kemudian membuat kursus online di bisnisnya. Dari situ dia mulai menyadari bahwa orang-orang berani membayar mahal untuk tiket kursus online yang materinya berisi program fitnes. Setelahnya ia mulai menaikkan harga, dalam satu minggu Tanne pernah mendapat 10.000 dollar AS. Kemudian ia rutin mendapatkan 30.000 – 50.000 dollar AS per bulan. Ketika usianya 27 tahun, dia meraih 1 juta dollar AS pertamanya.

Ia menambahkan, bahwa menabung adalah penting, tetapi jalur paling efisien membangun kekayaan adalah dengan fokus untuk mencari uang sebanyak-banyaknya. Dengan mencari uang yang banyak, menabung menjadi lebih mudah.

Tanne memberi contoh hitung-hitungan: Kalau anda menghasilkan 3.000 dollar AS sebulan, pada akhir bulan anda hanya bisa menabung maksimal 500 dollar AS atau 1.000 dollar AS karena untuk membayar kebutuhan-kebutuhan lain.

Bagaimanapun menabung tetap menjadi hal yang penting untuk keamanan keuangan di masa depan. Tapi kesimpulan dari pendapat Tanne Chidester bisa ada benarnya. Bahwa jika anda meningkatkan penghasilan, anda akan memiliki banyak sisa untuk ditabung. Anda bisa mencoba berbisnis sampingan diluar pekerjaan utama untuk mendukung tambahan uang dalam usaha untuk menabung.

Benny Faizal
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top