Finansial

Inilah Cara Mendapat Uang dari Facebook Gaming

Aplikasi sosial media pertemanan dunia maya besutan Mark Zuckerberg, saat ini terus berinovasi untuk mengembangkan berbagai aplikasi dan fitur-fiturnya. Akhirnya Facebook merilis sebuah aplikasi yang secara khusus untuk para penggemar game, bernama Facebook Gaming.

Facebook Gaming adalah sebuah platform yang memungkinkan penggunanya untuk bermain game dengan tayangan langsung (live streaming). Yang menjadi menarik adalah aplikasi ini tidak hanya soal bermain game saja, tetapi juga bisa untuk mendapatkan uang.

Bagaimana caranya?

Para kreator konten game di Facebook Gaming bisa meraup penghasilan dari tiga sumber pendapatan. Yang pertama dari iklan (ads), yang kedua adalah stars (mata uang Facebook Gaming), dan yang ketiga fan support (langganan).

Mengenai iklan menjadi sumber yang pertama, adalah kreator game di Facebook Gaming bisa memonetisasi konten-konten dengan menyisipkan tayangan iklan seperti video pada Youtube.

Seperti yang dijanjikan, iklan-iklan tersebut juga tidak akan mengganggu jalannya proses selama live streaming. Karena iklan yang muncul berada pada jendela pemutar video yang terpisah dengan jendela utama yang sedang digunakan untuk live streaming.

Inilah Cara Mendapat Uang dari Facebook Gaming

Inilah Cara Mendapat Uang dari Facebook Gaming

Michael Rose -Head of Southeast Asia, APAC Games Partnership- pada Jumat (8/5/2020) kemarin mengatakan, “Fans bisa memberikan Stars dan komentar kepada kreator konten, misalnya untuk menyemangati dan lain sebagainya”

Diketahui, Stars bisa dikatakan sebagai “mata uang” di Facebook Gaming. Para pengguna bisa membeli Stars dengan harga termurah, yaitu 25 Stars dengan harga Rp 8.000.

Setelahnya, mereka bisa memberikan sejumlah Stars kepada kreator konten game ketika tayangan live streaming sedang berlangsung. Kemudian, ketika kreator game sudah mendapatkan dan mengumpulkan Stars, bisa ditukarkan menjadi uang.

Yang terakhir, para kreator konten bisa mendapatkan uang dari layanan berlangganan di Facebook Gaming. Untuk diketahui, kreator konten bisa mengaktifkan fitur fan support (subscriptions) di Facebook Gaming agar para pengikut (followers) bisa berlangganan.

Dengan begitu, para followers bisa membayar sejumlah uang untuk berlangganan, tentunya agar bisa menikmati beragam konten spesial yang ditawarkan oleh para kreator konten yang terkait.

Untuk informasi, Facebook Gaming memiliki tiga tahapan pengguna. Yaitu, Beginner, Level Up, dan Partner. Untuk pengguna Beginner (pemula) merupakan akun facebook pribadi. Artinya adalah, mereka bisa melakukan live streaming pada aplikasi Facebook Gaming, namun hal ini membuat mereka tidak akan mendapatkan uang.

Jika ingin mulai mendapatkan hasil uang, mereka harus mendaftarkan diri ke program Level Up agar bisa menjadi konten kreator. Pendaftaran tetap dengan syarat dan ketentuan yang berlaku dan bisa dibaca lengkap pada tautan berikut ini.

Jika para pengguna yang berada pada level ini mengalami perkembangan yang pesat, atau sudah memiliki basis penggemar yang juga besar, maka ada kemungkinan yang besar juga dilirik Facebook untuk menjadi mitra atau Partner.

Lita Alisyahbana
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top