Bisnis

Inilah Daftar 15 Orang Terkaya di Indonesia Tahun 2020

Pada hari Selasa (7/4/2020) kemarin, majalah Forbes merilis daftar miliader dunia. Secara global, ditemukan jumlah miliader di seluruh dunia yang mencapai angka 2.095 orang. Dari angka yang mencapai dua ribu lebih tersebut, terdapat lima belas orang yang berasal dari Indonesia. Siapa saja mereka?

Dua bersaudara Budi Hartono dan Michael Hartono, adalah orang Indonesia yang masuk dalam daftar list majalah Forbes. Dua orang pemilik Djarum Group ini masing-masing memiliki kekayaan dengan jumlah yang lebih dari dua ratus triliun.

Budi Hartono yang menempati posisi ke-80 dari daftar tersebut, memiliki kekayaan US$ 13,6 miliar, atau setara sekira Rp 217,6 triliun. Sedangkan Michael Hartono memiliki kekayaan US$ 13 miliar, setara sekira Rp 208 triliun. Jumlah ini menjadikannya menempati urutan ke-86 dari daftar tersebut.

Selanjutnya adalah Sri Prakash Lohia (Indorama), dari daftar lima belas orang Indonesia yang terkaya ia menempati posisi ke tiga dengan jumlah kekayaan US$ 4,3 miliar yang jika dihitung dengan rupiah maka didapat angka sekira Rp 68,8 triliun.

Dibawahnya terdapat Tahir dan keluarga (Mayapada Group), kekayaannya mencapai US$ 4,1 miliar, itu artinya ia memiliki harta sekira Rp 65,5 triliun.

Di urutan ke lima, terdapat nama Prajogo Pangestu (Barito Pacific) dengan kekayaan US$ 3,5 miliar yang setara dengan sekira Rp 56 triliun.

Inilah Daftar 15 Orang Terkaya di Indonesia Tahun 2020

Inilah Daftar 15 Orang Terkaya di Indonesia Tahun 2020

Chairil Tanjung (CT Group) menempati urutan ke enam dengan total kekayaan US$ 3,1 miliar atau sekira Rp 49,6 triliun.

Dibawah CT terdapat Martua Sitorus (Wilmar) yang memiliki harta dengan jumlah US$ 1,8 miliar atau sekira Rp 28,8 triliun.

Mochtar Riady dan keluarga (Lippo Group) memiliki kekayaan US$ 1,7 miliar dan jika dirupiahkan menjadi sekira Rp 27,2 triliun. Jumlah ini menjadikannya berada di urutan ke delapan dari daftar lima belas orang terkaya di Indonesia.

Di urutan ke sembilan ditempati oleh Peter Sondakh (Rajawali Corpora) yang memiliki jumlah kekayaan mencapai US$ 1,6 miliar atau sekira Rp 25,6 triliun.

Ada empat orang yang memiliki jumlah kekayaan yang sama, yaitu US$ 1,2 miliar atau Rp 19,2 triliun. Mereka adalah Murdaya Poo (Central Cipta Murdaya Group), Theodore Rachmat (Triputra Group, Adaro Energy), Djoko Susanto (Alfamart), dan Sukanto Tanoto (Royal Golden Eagle, Asian Agri). Empat orang ini menempati urutan ke sepuluh, sebelas, dua belas, dan tiga belas.

Pada urutan ke empat belas dan lima belas, ditempati oleh Low Tuck Kwong (Bayan Resources) dan Winarko Sulistyo (Fajar Paper) yang memiliki total kekayaan dengan jumlah yang sama, yaitu mencapai US$ 1,1 miliar atau sekira Rp 17,6 triliun.

Benny Faizal
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top