Bisnis

Mau Mulai Berbisnis? Ketahui 4 Hal Umum yang Menyebabkan Bisnis Gagal

Di era sekarang, dorongan menjadi pebisnis semakin gencar. Banyak artikel, video, dan buku-buku yang memotivasi kita menjadi seorang pengusaha atau pebisnis. Dan karena melihat tokoh-tokoh sukses yang menjadi miliarder karena berbisnis, banyak orang yang tertarik menempuh jalan yang sama.

Memang jika ingin mencapai kesuksesan, kita harus optimis. Tapi bukan berarti kita akan gegabah dalam mengambil keputusan tanpa mempertimbangkan risikonya. Mungkin jarang Anda dengar, tapi faktanya 80% bisnis kecil gagal. Entah itu di dua tahun pertamanya atau di lima tahun pertamanya.

Anda bisa melihat fakta ini sebagai pencegahan untuk tidak menjadi bagian dari 80% tersebut. Lalu apa kira-kira yang membuat kebanyakan bisnis gagal?

Secara umum, ada 4 hal yang menyebabkan gagalnya suatu bisnis

Mau Mulai Berbisnis? Ketahui 4 Hal Umum yang Menyebabkan Bisnis Gagal

Mau Mulai Berbisnis? Ketahui 4 Hal Umum yang Menyebabkan Bisnis Gagal


1. Kekurangan Modal

Salah satu penyebab umum gagalnya bisnis adalah kekurangan modal. Setiap pengusaha pasti mengetahui seberapa penting modal dana untuk menjaga bisnis tetap beroperasi, misalnya saja untuk membayar gaji karyawan, menyewa gedung dan alat-alat, membayar barang dari vendor, dan lain sebagainya.

Namun sayangnya bisnis kecil yang baru merintis belum mampu menyeimbangkan aliran dana masuk dan keluar karena pendapatan belum stabil. Untuk memaksimalkan pemasarannya, biasanya bisnis kecil memberikan promosi dengan menjual produk dengan harga rendah.

Penawaran semacam itu memang menarik bagi calon pelanggan, tapi jika promo yang diberikan terlalu rendah dan terlalu lama, defisit akan semakin menumpuk dan tidak ada pilihan lain selain menutup bisnis tersebut.

Untuk menghindari gagalnya bisnis karena kekurangan modal, pemilik bisnis harus realistis dalam menetapkan anggaran yang dibutuhkan agar bisnis dapat beroperasi. Selain itu, mereka juga harus bisa menyediakan dana selama fase startup maupun ekspansi.

2. Tim Manajemen yang Tidak Memadai

Salah satu kunci keberhasilan suatu bisnis adalah tim manajemen di belakangnya. Ketika bisnis baru dirintis, pemilik bisnis adalah satu-satunya personel senior di perusahaan.

Anggap saja pemilik bisnis memiliki keterampilan dalam menjual produk dan memberikan layanan yang baik, tapi itu saja tidak cukup untuk membuat bisnis berkembang.

Pemilik bisnis juga harus mampu mengatur timnya agar menjadi suatu tim yang berdedikasi. Sebab, karyawan juga memegang aspek-aspek yang penting dalam perusahaan, seperti keuangan dan pemasaran.

3. Rencana Bisnis yang Tidak Efektif

Rencana bisnis adalah salah satu hal yang perlu disusun sebelum membuka suatu bisnis. Banyak bisnis gagal karena kurangnya rencana bisnis yang matang, hanya mencoba peruntungan di lapangan.

Rencana bisnis harus jelas dan detail, diantaranya mencakup kebutuhan karyawan dan manajemen, peluang dan ancaman di pasar, kebutuhan modal, pemasaran, dan analisis kompetitor. Bisnis yang tidak membuat rencana sebelum beroperasi cenderung tidak siap mengatasi tantangan dan rintangan yang muncul.

Untuk itu, tekad saja tidak cukup membuat seorang pebisnis sukses. Perlu adanya pemahaman yang kuat mengenai industri dan persaingan sebelum terjun ke lapangan.

4. Tidak Memperhatikan Aspek Pemasaran

Bisnis yang tidak memahami aspek strategi pemasaran cenderung gagal karena pemasaran merupakan aspek penting dalam bisnis.

Namun masih banyak pebisnis pemula belum memahami pentingnya pemasaran sehingga tidak mengalokasikan dana yang cukup untuk pemasaran. Biaya untuk pemasaran perlu diperhatikan sebelum bisnis dibangun, buat perhitungan serealistis mungkin.

Sebab jika pemilik bisnis meremehkan total biaya yang dibutuhkan untuk pemasaran, akan lebih sulit untuk mencari dana lagi ketika bisnis sudah mulai berjalan.

Mungkin itulah 4 penyebab umum gagalnya suatu bisnis. Semoga penjelasan di atas dapat menjadi pertimbangan Anda sebelum memulai bisnis.

William Adhiwangsa
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top