Bisnis

Pengertian, Keuntungan, dan Tips Memulai Bisnis Dropship

Di tengah era yang semakin canggih seperti saat ini, tentunya bukan menjadi sebuah rahasia lagi kalau internet bisa dimanfaatkan untuk banyak hal. Satu dari sekian banyak manfaat dari internet adalah sebagai lahan bisnis.

Bisnis online adalah jenis bisnis yang kini sedang diminati oleh banyak pengusaha, baik yang masih kecil, sedang berkembang hingga yang besar. Dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan dari sistem bisnis online, banyak pembeli yang lebih sering membeli barang secara online daripada berbelanja secara offline atau mengunjungi toko-toko fisik. Salah satu sistem yang berlaku pada dunia bisnis online adalah dropship.

Pengertian, Keuntungan, dan Tips Memulai Bisnis Dropship

Pengertian, Keuntungan, dan Tips Memulai Bisnis Dropship

Apa itu dropship?

Dalam pengertian singkatnya, dropship merupakan sistem bisnis yang menjual barang dari supplier tanpa harus memiliki stok barang.

Dengan kata lain, dropshiper atau orang yang menjalankan bisnis dropship merupakan perantara penjualan produk. Para dropshiper tidak harus melihat produk yang dijual secara langsung. Cukup jika ada orderan masuk maka tinggal menghubungi supplier untuk menyiapkan dan mengirimkan produk kepada pelanggan.

Apa keuntungan dropshiper?

Bisnis dengan sistem dropshiper memberi beberapa keuntungan yang menjanjikan, diantaranya:

1. Modal kecil

Bisnis ini hanya membutuhkan modal yang kecil, bahkan bisa modal nol rupiah. Sesuai sedikit penjelasan di atas, dropshiper hanyalah perantara dan tidak perlu mengeluarkan modal untuk membeli stok barang.

2. Lokasi dan waktu fleksibel

Keuntungan bisnis dropshiper adalah bisnis ini dapat dikerjakan kapanpun dan dimanapun. Yang utama adalah, sebagai dropshiper harus cukup bisa melayani pesanan yang diterima dan meneruskannya ke supplier.

3. Mudah dijalankan

Yang diperlukan dalam menjalankan bisnis ini hanya dukungan teknologi jaringan internet yang stabil untuk memudahkan mengatur pesanan.

4. Dapat menjual barang apapun

Seperti yang telah dijelaskan, dropshiper tak perlu menyetok barang, maka berbisnis dengan sistem ini memberi kebebasan pada barang yang dijual. Artinya, sebagai dropshiper dapat menjual barang apapun.

Namun, meski bisnis dropshiper ini terlihat mudah dijalankan dan menjanjikan banyak keuntungan, terdapat tips-tips yang perlu dan bisa diterapkan sebelum menjalankan bisnis ini.

Tips menjadi dropshiper:

1. Pilih produk
2. Meriset kompetitor
3. Memilih supplier yang tepat
4. Bangun toko online
5. Menarik pelanggan
6. Analisa dan optimalisasi

Bagaimana, tertarik mencoba berbisnis dropship yang modal sedikit, fleksibel, dan minim risiko?

Lita Alisyahbana
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
To Top