Saham

Mengenal Manajemen Risiko Investasi Saham Ala Sun Tzu

Seperti yang diketahui, ada banyak sekali strategi dalam berinvestasi. Saham adalah termasuk salah satu instrumen investasi. Pada era kemajuan teknologi digital seperti hari ini, cara berinvestasi saham pun semakin mudah.

Membeli saham perusahaan di pasar modal merupakan investasi yang memiliki risiko lebih tinggi dibandingkan instrumen investasi lain, seperti obligasi, deposito, tabungan berjangka, atau emas. Namun demikian, lantaran risikonya yang tinggi, investasi saham juga bisa memberikan imbal atau keuntungan yang tinggi, baik dari dividen maupun kenaikan harga saham.

Langkah pertama yang dapat dilakukan dalam berinvestasi saham adalah memahami manajemen risiko. Secara harfiah, manajemen risiko adalah suatu pendekatan terstruktur/metodologi dalam mengelola ketidakpastian yang berkaitan dengan ancaman; suatu rangkaian aktivitas manusia termasuk: Penilaian risiko, pengembangan strategi untuk mengelolanya dan mitigasi risiko dengan menggunakan pemberdayaan/pengelolaan sumberdaya.

Siapa itu Sun Tzu?

Sun Tzu adalah seorang Jenderal dari Cina, ahli strategi militer, dan filsuf yang hidup pada zaman Tiongkok kuno. Semasa hidupnya, ia telah menulis buku The Art of War, sebuah strategi militer yang secara luas berpengaruh terhadap filosofi Timur dan Barat. Dalam strategi perangnya, taktik Sun Tzu dikenal mengutamakan manajemen risiko dalam pertempuran.

Sun Tzu, pernah berkata, “Setiap pertempuran dimenangkan sebelum pertempuran” Ungkapan ini menyiratkan pesan penting bahwa perencanaan dan strategi, bukannya pertempuran itu sendiri, akan memenangkan peperangan.

Hal itu juga bisa diterapkan dalam perdagangan saham, dengan memastikan perencanaan yang tepat sebelum melakukan trading. Seperti yang diketahui, para trader yang sukses mengetahui tentang berapa harga yang siap mereka keluarkan dan berapa harga jual yang ingin ditetapkan.

Mengenal Manajemen Risiko Trading Saham Ala Sun Tzu

Mengenal Manajemen Risiko Trading Saham Ala Sun Tzu

Artinya, trader-trader sukses tersebut akan selalu mengukur tingkat kemampuan mengenai seberapa besar hasil terhadap perdagangan yang ingin dicapai.

Manajemen Risiko Investasi Saham Ala Sun Tzu

Dalam bukunya The Art of War, Sun Tzu juga mengungkapkan, “Dengan mengetahui dirimu, dan mengetahui musuhmu, dalam seribu pertempuran, dapat memenangkan seribu pertempuran“.

Ungkapan tersebut dapat diibaratkan seperti bagi Anda yang akan berinvestasi pada saham, yakni penting untuk mengenali diri sendiri, dan musuh yang akan dihadapi.

Dalam penjelasan mengenai mengenali diri sendiri, yakni berarti mengenali dengan tepat bahwa Anda adalah sebagai investor. Sementara saham menjadi ibarat musuh di dalam medan perang yang dianalogikan sebagai bursa saham. Selain itu, ada penjelasan lain dalam ungkapan terkenal dari Sun Tzu, di antaranya adalah:

1. Kenali tujuan Anda dalam berinvestasi saham
2. Mengetahui kekuatan keuangan
3. Kenali temperamen diri
4. Kenali saham yang Anda pilih
5. Ketahui faktor penentu harga

Lita Alisyahbana
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
To Top