Crypto

Ribuan Dompet Kripto Solana Diretas, Kerugian Ditaksir Capai Rp 78 Miliar

Ribuan Dompet Kripto Solana Diretas, Kerugian Ditaksir Capai Rp 78 Miliar

Ribuan Dompet Kripto Solana Diretas, Kerugian Ditaksir Capai Rp 78 Miliar

Untuk informasi, proyek kontrak pintar Solana mengalami masalah setelah ditemukan hampir sebanyak 8.000 dompet digital berbasis kripto Solana telah disusupi oleh peretas. Pihak Solana pun telah meminta kepada para pemilik dompet yang menjadi korban untuk menyelesaikan survei dan tim menekankan sedang menyelidiki akar masalahnya.

Mengutip Bloomberg, perusahaan forensik Blockchain Elliptic, mengungkap bahwa ribuan dompet digital kripto Solana telah terkuras dengan nilai total US$ 5,2 juta sekitar Rp 78 miliar. Akun Twitter Solana Status mengkonfirmasi serangan itu dan mencatat terjadi pada hari Rabu (3/8) pagi waktu setempat.

Anatoly Yakovenko yang merupakan pendiri dan CEO Solana Labs turut berkomentar terkait peristiwa ini. Yakonveko menyatakan bahwa eksploitasi kemungkinan berasal dari serangan rantai pasokan.

“Sepertinya serangan rantai pasokan iOS. Beberapa dompet masuk akal yang hanya menerima sol dan tidak memiliki interaksi di luar penerimaan telah terpengaruh. Android tampaknya juga terpengaruh”, kata Yakovenko, dikutip dari Bitcoin.com hari Kamis (4/8/2022).

Baca Juga: Bobol Akun Coinbase, Pemuda Pekanbaru Diburu FBI

Semua cerita korban yang dikonfirmasi sejauh ini memiliki kunci yang diimpor atau dibuat di ponsel. Sebagian besar laporan adalah dompet Slope, tetapi beberapa pengguna dompet Phantom juga. Selain itu, krban juga diharap untuk merinci kapan tepatnya mereka mengunduh dompet. Dan apakah dompet itu versi iOS, versi Android, atau Windows, Mac, atau versi browser.

Harga Kripto Solana Sempat Terkoreksi Akibat Peretasan

Diketahui, akibat dari peretasan ini, harga token Solana (SOL) harus terkoreksi pada perdagangan hari Kamis (4/8/2022). Berdasarkan data dari CoinDesk, token Solana (SOL) turun lebih dari 4,2 persen selama 24 jam terakhir. Sementara itu menutur data dari CoinMarketCap, Solana sempat turun sekitar 8% dalam dua jam pertama setelah peretasan awalnya terdeteksi.

Sedangkan data analisis teknikal menunjukkan bahwa Solana tidak menembus di bawah rata-rata pergerakan sederhana (SMA) 50 hari. Hal ini menunjukkan bahwa beberapa pemegang Solana besar mungkin masih bertahan.

Sekadar tambahan informasi, Solana yang telah mengalami pemadaman jaringan di masa lalu, adalah saingan dari Blockchain Ethereum. Ketika harga transaksi di Ethereum naik tahun lalu, ekosistem Blockchain seperti Solana, yang menggembar-gemborkan biaya transaksinya yang rendah muncul sebagai alternatif untuk mencetak token yang tidak dapat dipertukarkan. Kini Solana juga menjadi populer di kalangan klien yang ingin membangun aplikasi keuangan terdesentralisasi mereka sendiri.

Proyek Aset Kripto Menjadi Incaran Para Peretas

Bukan rahasia lagi jika proyek aset kripto kini menjadi incaran para peretas dan industri telah mengalami banyak serangan di tahun ini. Kejadian terhadap Solana hanya beberapa hari setelah Nomad (protokol jembatan untuk mentransfer token crypto di berbagai Blockchain) kehilangan senilai US$ 90 juta atau sekitar Rp 2,9 triliun karena eksploitasi keamanan pada hari Senin (1/8/2022) kemarin.

Nomad sendiri merupakan adalah startup yang melayani pertukaran token antar-Blockchain. Dan Nomad merupakan jembatan yakni alat yang memungkinkan pengguna bertukar token dan informasi antara jaringan kripto yang berbeda. Layanan itu digunakan jadi alternatif untuk transaksi langsung di jaringan Bockchain seperti Ethereum.

Dikutip dari Channel News Asia hari Rabu (3/8/2022), pihak Nomad mengatakan dalam sebuah tweet mengenai hal ini. Bahwa mereka mengetahui insiden itu dan saat ini menyelidiki, tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

“Kami mengetahui insiden yang melibatkan token bridge Nomad. Dan kami sedang menyelidiki dan akan memberikan pembaruan saat kami telah mendapatkannya”, tulis pengumuman tersebut.

Benny Faizal
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

To Top