Finansial

Trading atau Investasi, Mana yang Lebih Cuan?

Trading atau Investasi, Mana yang Lebih Cuan?

Trading atau Investasi, Mana yang Lebih Cuan?

Kerap kali masyarakat menganggap bahwa antara trading atau investasi adalah hal yang sama. Padahal pada prakteknya, keduanya sangat berbeda. Perbedaan ini tentu saja tidak banyak diketahui oleh banyak orang, sehingga lagi-lagi keduanya dianggal sebagai hal yang sama.

Seperti yang diketahui, istilah trading dan investasi di waktu belakangan ini menjadi ramai diperbincangkan. Banyak yang menganggap bahwa keduanya dapat memberi keuntungan yang fantastis. Namun, apa sebenarnya perbedaan antara trading dan investasi? Untuk dapat mengetahuinya secara lebih lengkap, Anda dapat membacanya dalam ulasan berikut ini!

Definisi Trading

Mengutip dari Investopedia, trading adalah konsep ekonomi dasar yang melibatkan pembelian dan penjualan barang dan jasa. Yakni dengan kompensasi yang dibayarkan oleh pembeli kepada penjual. Atau bisa juga pertukaran barang dan jasa antar pihak. Dalam pasar uang, trading mengacu pada pembelian dan penjualan sekuritas, meliputi saham, reksa dana, kripto, dan lainnya.

Baca Juga: Apa Saja Perbedaan Antara Investasi Saham dan Trading Saham?

Trader adalah orang yang terlibat dalam pembelian dan penjualan aset keuangan di pasar uang. Dan keberhasilan trading tergantung pada kemampuan trader dalam meraup keuntungan selama periode tertentu. Bisnis trading adalah bisnis yang dijalankan dalam pasar uang. Usaha ini menjanjikan keuntungan yang besar dalam menjual aset. Namun, untuk mendapat keuntungan maksimal, Anda harus mampu membaca pergerakan pasar dengan baik.

Pengertian Investasi

Dikutip dari laman yang sama, dijelaskan bahwa investasi merupakan hal yang menggunakan uang untuk memulai atau memperluas suatu proyek dengan membeli aset atau bunga. Dana tersebut kemudian digunakan untuk memperoleh pendapatan dan meningkatkan nilainya dari waktu ke waktu.

Dengan kata lain, investasi adalah kegiatan menggunakan uang atau aset untuk menghasilkan pendapatan di masa depan. Dalam dunia ekonomi, ada berbagai jenis investasi yang bisa Anda pilih. Beberapa di antaranya adalah saham, emas, reksa dana, dan properti.

Perbedaan Trading atau Investasi

Terdapat sejumlah hal yang dasar terkait dengan perbedaan antara trading dan investasi, diantaranya adalah:

1. Prinsip

Pada trading, investor memiliki prinsip buy and sell. Biasanya, seorang trader mengharapkan keuntungan yang lebih tinggi daripada investasi. Sementara pada investasi, seorang investor memiliki prinsip buy and hold. Buy and hold ini berarti bahwa investor akan membeli dan menahan dalam jangka waktu yang panjang.

2. Tujuan

Secara umum, trading bertujuan menghasilkan kekayaan dalam waktu singkat karena fluktuasi pasar sangat mempengaruhi pengambilan keputusan. Dan seperti yang disinggung sebelumnya, investasi merupakan kegiatan yang bertujuan untuk menghasilkan kekayaan dalam jangka waktu yang lama. Hal ini karena keputusan tidak dipengaruhi adanya fluktuasi pasar.

Baca Juga: Trading Forex VS Investasi Saham, Mana yang Lebih Untung?

3. Jangka Waktu

Tambahan informasi, trading dilakukan dalam jangka waktu pendek, sementara investasi dilakukan dalam jangka waktu panjang. Tujuan trading adalah membuka peluang keuntungan dengan mengeluarkan biaya semaksimal mungkin. Dan ujuan investasi adalah menumbuhkan nilainya di kemudian hari.

4. Gaya Analisis

Prakteknya, trading menggunakan analisis teknis. Analisis ini melibatkan grafik dan pergerakan nilai di masa lalu. Dan keputusan diambil berdasarkan pola yang terbentuk dalam grafik. Sedangkan investasi dilakukan dengan teknik analisis fundamental. Artinya, analisis dilakukan terhadap rasio keuntungan, arus kas, dan prospek di masa depan.

5. Risiko

Baik trading maupun investasi keduanya memang memiliki risiko tersendiri. Risiko trading dibandingkan dengan investasi memang cukup tinggi karena trading bisa bergerak dengan cepat dalam melakukan jual beli atas asetnya. Tapi untuk investasi, risiko yang dihadapi jauh lebih rendah. Sebab aset kemudian dapat diseleksi dan menanam modal dilakukan dalam jangka waktu yang lebih panjang.

Kesimpulan

Nah, itulah penjelasan lengkap mengenai perbedaan antara trading dan investasi yang dapat Anda pahami. Setelah membaca ulasan di atas, kami harap Anda dapat memahami bahwa antara trading dan investasi memang dua hal yang berbeda. Sehingga Anda dapat memilih apakah akan melakukan aktivitas trading maupun investasi.

Semoga artikel ini bermanfaat…

Baca Juga: Perbedaan Investasi Emas dan Trading Emas

Benny SR
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
To Top