Bisnis

5 Hal yang Perlu Anda Lakukan Dalam Menyusun Business Plan

Ketika Anda berencana membangun sebuah bisnis, salah satu hal yang perlu Anda lakukan adalah membuat business plan. Meskipun kelihatannya sederhana, tapi bukan berarti Anda bisa menyepelekannya. Sebab, ide yang Anda miliki saja tidak cukup, Anda perlu rencana aksi untuk mewujudkan ide tersebut.

Business plan tidak hanya menjadi petunjuk yang akan memandu enterpreneur di awal-awal bisnis, tetapi juga dapat memberikan gambaran mengenai pasar, pesaing, maupun potensi hambatan yang akan dilalui. Oleh karena itulah, business plan adalah hal yang sangat krusial dan perlu disusun secara serius.

Nah, berikut ini adalah 5 hal yang perlu Anda lakukan dalam menyusun business plan

5 Hal yang Perlu Anda Lakukan Dalam Menyusun Business Plan

5 Hal yang Perlu Anda Lakukan Dalam Menyusun Business Plan

1. Tentukan Tujuan Anda

Alasan utama membangun bisnis tentu menghasilkan profit dan menjadi sukses. Namun, untuk bisa berhasil dalam bisnis, Anda perlu menentukan tujuan spesifik dari bisnis yang Anda bangun. Untuk menjawab tujuan bisnis, Anda perlu menanyakan dua hal, mengapa bisnis tersebut berdiri dan nilai-nilai apa yang dimiliki bisnis tersebut.

Apabila Anda mampu menjawab dua pertanyaan tersebut, maka tim Anda tahu persis motivasi mereka dalam bekerja dan dapat fokus dengan apa yang mereka lakukan. Dengan adanya tujuan yang jelas juga akan membantu tim membuat keputusan yang tepat di setiap tingkatan bisnis.

2. Bangun Visi Anda

Kunci dari kesuksesan bisnis adalah memiliki visi yang jelas mengenai apa yang ingin Anda wujudkan. Sebelum membuat business plan, buatlah tiga sampai 5 strategi utama untuk mencapai visi tersebut. Terlalu banyak strategi biasanya justru membuat Anda lebih mudah terdistraksi dan tidak fokus.

Selain visi, buat juga misi dalam membangun bisnis. Membuat misi dapat Anda mulai dengan menjawab pertanyaan mengapa Anda membangun bisnis, apa yang akan Anda lakukan dan bagaimana melakukannya, serta siapa target pelanggan Anda, dan bagaimana cara Anda memperlakukan mereka.

3. Perjelas Model Bisnis Anda

Setelah menentukan dan membangun visi, yang perlu Anda lakukan selanjutnya adalah memperjelas model bisnis Anda. Model seperti apa yang sekiranya paling efektif. Misalnya saja perihal model keuangan. Ada banyak detail mengenai model keuangan yang perlu Anda masukkan ke dalam business plan, mulai dari perekrutan, harga, penjualan, pengeluaran, dan perkembangan.

Anda memerlukan banyak survey lapangan agar dapat membangun model yang realistis. Kemudian uji model bisnis tersebut apakah mungkin diterapkan.

4. Tentukan Target Pasar Bisnis

Menentukan target pasar perlu dilakukan agar bisnis berjalan dengan efektif. Perlu diakui bahwa produk yang Anda keluarkan mungkin hanya menarik bagi kelompok tertentu atau yang sering disebut pasar potensial.

Misalnya bisnis Anda adalah bisnis fashion wanita berhijab, maka pasar potensialnya adalah wanita dewasa yang berhijab. Dengan target yang spesifik, Anda dapat memaksimalkan pemasaran dan pengeluarannya pun lebif efisien, sebab Anda tidak perlu memberikan penawaran pada mereka yang tidak mungkin membeli produk Anda.

5. Uji Ide Bisnis Anda

Ide yang Anda miliki mungkin terlihat meyakinkan bagi Anda. Namun, Anda tidak akan pernah tahu apakah memang ide tersebut benar-benar menarik dan dapat berkembang. Sebelum mengujinya langsung di lapangan, sebaiknya uji ide tersebut dengan menanyakan pada pakar industri, pengusaha yang berpengalaman, atau calon pelanggan potensial yang Anda kenal.

Tanyakan kepada mereka mengenai ide bisnis Anda, apakah ide tersebut dapat bertahan, apakah mereka akan membeli produk Anda, siapa pesaing bisnis Anda, dan pertanyaan-pertanyaan lain yang dapat membantu melihat masa depan bisnis Anda.

Mungkin sekian 5 hal yang perlu Anda lakukan dalam menyusun business plan. Semoga membantu.

Johnson Manik
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top