Finansial

Apa Itu Kontraksi Pertumbuhan Ekonomi? Dengan Pandemi Covid-19

Apa itu kontraksi pertumbuhan ekonomi pada situasi pandemi saat ini?. Bagaimana pengaruh terhadap negara Indonesia, menjadi sorotan penting untuk dipahami lebih jauh lagi.

Dunia sedang diguncang oleh pandemi covid-19 yang dampaknya tidak hanya tentang nyawa manusia saja. Namun menyerang sektor pertumbuhan ekonomi menyeluruh di semua negara di dunia. Dalam hal ini, Indonesia juga termasuk salah satu negara yang juga terkena dampak besar perekonomian.

Apa Itu Kontraksi Pertumbuhan Ekonomi

Sebuah fenomena yang tidak pernah diprediksi sebelumnya yaitu dampak dari pandemi covid-19 di sektor ekonomi. Jika melihat peristiwa Indonesia pernah mengalami krisis moneter di tahun 1998 dimana finansial terguncang. Masih bisa diatasi dibandingkan dengan pertumbuhan ekonomi saat ini yang mengalami kontraksi.

Yang dimaksud dengan kontraksi pertumbuhan ekonomi merupakan sebuah fenomena yang telah terjadi dan mengguncang perekonomian dunia. Salah satunya adalah negara Indonesia yang terpuruk dan mengalami guncangan penurunan pendapatan negara hingga kuartal II ini.

Menurut menteri keuangan, ibu Sri Mulyani mengatakan ” bahwa di tahun 2020 ini tekanan berat dirasakan sepanjang tahun 2020. Dengan pertumbuhan didasarkan skenario sebesar 2,3 persen dan mengalami kontraksi di angka 0,4 persen.”

“Indonesia harus memiliki strategi dalam menghadapi kontraksi ekonomi ini. Dengan mengutamakan pemulihan kesehatan sebagai syarat untuk pemulihan sosial ekonomi.” Begitu ungkap Ibu Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Untuk Indonesia sendiri rencana di tahun 2020 terjadi refocusing serta realokasi dalam tiga hal yang diprioritaskan. Yaitu dengan pengamanan kesehatan, jaringan sosial perlindungan masyarakat miskin dan rentan serta ketahanan dunia usaha. Yang selanjutnya dilakukan guna memberi dukungan pada pemulihan ekonomi. Hal ini didasarkan juga oleh beberapa sebab terjadinya kontraksi pertumbuhan ekonomi.

Apa Itu Kontraksi Pertumbuhan Ekonomi? Dengan Pandemi Covid-19

Apa Itu Kontraksi Pertumbuhan Ekonomi? Dengan Pandemi Covid-19

Penyebab Terjadinya Kontraksi Pertumbuhan Ekonomi

Kontraksi yang tengah terjadi saat pandemi covid 19 inj disebabkan oleh beberapa hal. Berikut ini hal yang sangat signifikan terjadi hingga munculnya apa itu kontraksi pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

1. Adanya PSBB

PSBB atau yang disebut dengan Pembatasan Sosial Berskala Besar yakni sebuah upaya untuk menekan laju penyebaran covid. Namun, hasilnya akan sangat berpengaruh pada kontraksi ekonomi di Indonesia. Banyak sektor yang terpuruk, usaha tidak jalan bahkan orang-orang di rumah kan. Hal ini semakin menambah daftar panjang PR negara untuk memulihkan kondisi ekonomi.

2. Minimnya Aktivitas Ekonomi Yang Berjalan

Dengan adanya PSBB tentu saja usaha yang berjalan tidak berjalan secara semestinya. Bahkan terhenti, seperti pabrik yang mengurangi produksi, toko-toko makanan cepat saji yang akhirnya tutup. Hal ini juga berimbas kepada pada tradisional yang sepi pembeli. Sementara itu roda kehidupan dan perekonomian harus tetap berjalan di tengah pandemi.

3. Kurangnya Daya Beli Dan Menurunnya Pendapatan Masyarakat

Masyarakat akhirnya mulai sadar untuk melakukan kegiatan di rumah seperti menanam sayuran, membuat camilan sehat sendiri di rumah dan sebagainya. Sehingga daya beli masyarakat di luar rumah pun berkurang. Dan berimbas kepada pelaku usaha. Masyarakat yang mengalami penurunan pendapatan pun merasakan efek karena adanya pembatasan di berbagai sektor.

Berbagai penyebab kontraksi pertumbuhan ekonomi memang dipengaruhi oleh pandemi covid-19 yang terjadi di Indonesia. Kejadian ini dianggap akan berlangsung lama dan berkepanjangan.

Pengaruh Pandemi Covid-19 Pada Ekonomi Indonesia

Indonesia sebagai negara yang sedang melakukan strategi terbaik agar bisa menekan kontraksi yang terjadi saat ini. Tentu membuat negara memberikan kebijakan secara ekonomi makro dan fiskal di tahun 2021 mendatang. Saat ini negara sedang fokus dalam melakukan strategi untuk melakukan reformasi dan masalah ekonomi yang terjadi.

Dengan mengutamakan perbaikan ekonomi dan menekan laju kontraksi pertumbuhan ekonomi. Diharapkan Indonesia mampu merecovery perekonomian secepat mungkin. Hal ini akan sangat membantu semua sektor agar pertumbuhan ekonomi pulih seperti sedia kala.

Pencarian sesuai topik:

  • arti kata kontraksi dalam ekonomi
  • arti kontraksi pertumbuhan adalah
  • yang dimaksud kontaksi pertumbuhan
Pratama Bisri
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
To Top