Bisnis

Optimis: Pemulihan Ekonomi Global Pasca Pandemi Berbentuk Kurva V

Tidak bisa dipungkiri bahwa hingga saat ini ekonomi global sedang mengalami kemerosotan diakibatkan oleh pandemi covid-19. Hal tersebut membuat seluruh dunia berpikir keras tentang upaya pemulihan ekonomi Global yang kian merosot ini.

Tidak hanya satu atau dua sektor yang mengalamai keterpurukuan, hampir 95% sektor perindustrian di segala bidang terkena imbas dari pandemic covid-19. Diberlakukannya kebijakan physical distancing memang menjadi kunci utama terjadinya kemerosotan ekonomi.

Kebijakan penerapan physical distancing merupakan langkah yang diambil oleh seluruh dunia sebagai cara preventif untuk mencegah penularan virus corona. Namun kebijakan tersebut tentu memiliki resiko dengan menghadirkan permasalahan baru yaitu kelumpuhan di berbagai sektor perekonomian.

Bahkan menurut hasil monitoring dari Dana Moneter Dunia (IMF) imbas dari covid-19 lebih buruk dari great depression atau yang lebih terkenal dengan sebutan depresi besar di sekitar tahun 1930 an. Kendati terjadi permasalahan tersebut, IMF memprediksi bahwa perekonomian global akan kembali pulih di awal tahun 2021 dengan rata-rata growth system mencapai angka 5,8 %.

Pemulihan Ekonomi Pasca Terjadinya Pandemic Covid-19

Banyak pakar beranggapan, bahwa awal tahun 2021 menjadi tahun dimana segala krisis akan segera usai. Dalam proses pemulihan ekonomi tersebut, banyak ahli yang optimis bahwa kurva yang terjadi adalah berbentuk kurva V. Lalu apa yang dimaksud dengan kurva V atau yang kerap disebut V—Shape ?

Apa Itu Kurva V

Kurva V atau V-Shape, merupakan kurva dimana saat terjadinya pandemic, perekonomian suatu negara atau suatu sistem pemerintahan mengalami keterpurukan. Hal tersebut ditandai dengan menurunnya ekonomi secara tajam. Namun dalam waktu yang cepat dan singkat suatu sistem pemerintahan tersebut dapat memulihkan perekonomian kembali pada awal sebelum terjadinya suatu krisis.

Optimis Pemulihan Ekonomi Global Pasca Pandemi Berbentuk Kurva V

Optimis Pemulihan Ekonomi Global Pasca Pandemi Berbentuk Kurva V

Kurva V Timbul Akibat Kebijakan Suatu Negara

Yang bisa menyebabkan pemulihan berbentuk kurva v itu adalah negara itu sendiri. Semakin kuat system atau kebijakan untuk penanganan pasca pandemi maka, semakin kuat juga suatu negara tersebut mengalami bentuk kurva v. Sehingga perekonomian yang terjadi juga akan semakin Kuat dan stabil

Ekonomi Global Bergerak Ke Arah Kurva V

Saat ini yang terjadi adalah pergerakan ekonomi global secara menyeluruh mengalami pergerakan yang cukup menggembirakan. Proses kurva yang terjadi menurut para pakar adalah membentuk V-Shape. Bukan tanpa alasan para pakar berpendapat sedemikian rupa, dengan dilonggarkannya kebijakan physical distancing. Tentu alur pergerakan ekonomi juga akan kembali berjalan.

Bahkan menurut sumber yang tertera pada edisi bisnis, salah satu ekonom dunia Morgan Stanley mengungkapkan bahwa ada kiat yang optimistis bahwa pada kuartal keempat tahun ini hingga awal tahun 2021 seluruh perekonomian global akan mengalami siklus ekspansi baru.

Tentu saja prediksi ini sangat menggembirakan, karena dengan terjadinya ekspansi tersebut maka bisa dipastikan bahwa perekonomian global akan kembali menduduki posisi sama seperti sebelum terjadinya pandemic.

Walaupun akan terjadi resesi, namun keberlangsungannya hanya dalam waktu singkat. Tentu saja optimistis ini dilandasi 3 hal penting yang menguatkan prediksi tersebut. Pertama ketidakseimbangan yang terjadi bukanlah sebagai pemicu kejuitan secara endogen. 

Kedua tekanan deleveraging yang terjadi akan lebih moderat dari biasanya. Dan yang terakhir adalah adanya kebijakan serta dukungan yang menguatkan cukup besar dan berjalan secara efektif guna mempercepat proses pemulihan.

Dengan adanya dukungan fiskal serta moneter dari pemerintahan yang tak berhenti, bahkan terus dilakukan pompa dana pada ekonomi masing-masing negara di seluruh dunia. Hal ini tentu akan membuat imbas dari pandemi akan segera berakhir dalam waktu dekat. 

Perekonomian global akan segera menguat sama seperti pada awal pandemi. Jadi bisa dipastikan bahwa ekonomi dunia akan bergerak ke arah kurva v dan kembali optimis untuk membangun perekonomian global yang kuat.

Pratama Bisri
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top