Saham

Cara Mudah Membeli Saham Online bagi Pemula

Dalam beberapa waktu belakangan ini, investasi saham menjadi topik hangat yang diperbincangkan. Sepanjang tahun 2020, tercatat bahwa jumlah investor pasar modal khususnya generasi milenial, meningkat sebesar 56 persen menjadi 3,87 juta. Ini artinya, minat dari kalangan tersebut mulai membanjiri pasar modal Indonesia.

Bukan menjadi rahasia lagi jika beberapa orang tertarik berinvestasi saham karena tergiur dengan keuntungan yang didapatkan. Meski begitu, ada banyak orang yang sukses dengan investasi saham namun juga tak sedikit yang justru salah langkah dan merugi.

Di era perkembangan teknologi yang canggih seperti saat ini, internet banyak menyediakan informasi tentang cara membeli saham online. Berinvetasi saham secara online kini bisa dilakukan baik oleh pemula atau pun mereka yang pemain lama. Bagi pemula, Anda harus mengetahui tahapan sebelum mulai membeli saham secara online.

Cara Mudah Membeli Saham Online bagi Pemula:

1. Menentukan Broker Saham

Cara pertama untuk Anda yang ingin memulai berinvestasi saham adalah, Anda harus bergabung dalam satu wadah khusus yang disebut dengan pialang atau broker saham. Sesuai fungsinya, pialang atau broker saham ini adalah yang membantu Anda untuk membuka rekening serta platform pembelian saham.

Namun yang terpenting adalah, pastikan pialang atau broker yang Anda pilih tersebut tergabung sebagai anggota di Bursa Efek Indonesia (BEI) dan OJK. Dan pialang atau broker pilihan Anda tersebut memiliki fasilitas software online trading yang bagus dan mudah digunakan.

Cara Mudah Membeli Saham Online bagi Pemula

Cara Mudah Membeli Saham Online bagi Pemula

2. Buka Rekening Saham

Langkah kedua proses membeli saham online adalah registrasi untuk mempunyai rekening saham atau rekening efek. Membuka rekening saham ini wajib dilakukan karena transaksi jual beli saham hanya bisa dilakukan dengan rekening saham. Pada proses pembukaan rekening ini, Anda wajib untuk melampirkan sejumlah dokumen dan mengisi formulir khusus.

Setelah rekening saham jadi, dalam batas waktu tertentu Anda akan dikirimi email yang berisi tentang konfirmasi pembukaan rekening saham. Di dalam email tersebut terdapat informasi username, password, PIN, dan nomor Rekening Dana Investor (RDI) atau disebut juga Rekening Dana Nasabah (RDN).

3. Unduh aplikasi

Setelah mendaftar dan mendapatkan kode verifikasi untuk aktivasi RDN, proses berikutnya adalah Anda akan diminta untuk mengunduh dan memasang aplikasi yang disediakan oleh broker tempat Anda membuka rekening.

Selanjutnya Anda dapat login menggunakan username dan password yang telah dikirimkan sebelumnya via email. Setelah login Anda biasanya diminta mengganti password dan PIN untuk keamanan.

4. Deposit Dana

Jika Anda sudah mendapatkan keterangan kalau rekening saham dan Rekening Dana Nasabah sudah diaktifkan, maka cara membeli saham online untuk pemula selanjutnya adalah menyetorkan dana sebagai deposit awal untuk membeli saham.

Terkait dengan deposit dana ini, jumlah nilai minimal dari yang ditentukan oleh broker tempat membuka rekening adalah berbeda-beda. Untuk melakukan deposit dana, Anda dapat melakukan transfer via teller bank, atau lewat ATM, internet banking.

5. Proses Transaksi Jual Beli Saham

Dalam proses transaksi jual beli saham, Anda akan dikenai sejumlah nominal biaya yang berbeda pada setiap perusahaan sekuritas. Dalam beli saham, Anda akan mengenal istilah Lot, yang diartikan sebagai takaran harga layaknya suatu barang.

Sebagai catatan penting, dalam proses transaksi jual beli saham, tentu tak bisa asal-asalan begitu saja. Diperlukan sejumlah strategi agar Anda tetap mendapat keuntungan alih-alih salah langkah dan menderita kerugian.

Itulah uraian singkat mengenai cara mudah membeli saham online. Meski investasi saham kini menjadi sangat praktis dan mudah, juga menawarkan sejumlah keuntungan. Namun, bukan berarti investasi saham tidak memiliki risiko. Pelajari dan teruslah belajar untuk meraih profit fantastis.

William Adhiwangsa
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trading Saham di EXNESS
To Top