Forex

Inilah Strategi Trading Berdasarkan Supply And Demand

Di era milenial dan teknologi seperti ini, tentu saja berbisnis dan menggeluti dunia trading sudah bukan menjadi barang langka dan awam lagi. Banyak pengusaha, pekerja swasta dan lainnya yang menginvestasikan dananya dalam permainan saham dan trading dengan mengedepankan strategi tertentu. Salah satunya adalah strategi trading berdasarkan supply and demand, apakah para trader sekalian sudah familiar dengan strategi trading ini?

Jika belum maka ulasan dari artikel ini akan cukup membantu untuk memahami dan mengenali secara dasar mengenai strategi berikut. Beberapa strategi trading berdasarkan supply and demand akan diulas secara singkat dan singkat sebagai rujukan bagi trader.

Berikut adalah beberapa ulasan strategi trading yang dimaksud

Inilah Strategi Trading Berdasarkan Supply And Demand

Inilah Strategi Trading Berdasarkan Supply And Demand

1. Memahami Jenis Entry Breakout

Entry breakout sendiri membuat pelaku trading mampu menganalisa dan selalu mendapatkan pemberitahuan ketika harga naik. Oleh sebab itu sebagai pelaku trading ada baiknya untuk selalu memahami jenis entry breakout yang ada dalam bisnis trading. Gunakan breakout untuk menjadi media deteksi nilai dari awal pergerakan hingga mencapai taraf tertentu.

Meski kemungkinan gagal atau meleset dari bisnis trading selalu ada, namun ketika memahami jenis entry breakout setidaknya ada backup tertentu. Pahami jenis entry breakout dengan jeli dan pastikan untuk selalu melakukan riset nilai. Sehingga keuntungan trading bisa didapatkan.

2. Entry Pullback

Sama halnya dengan bisnis pada umumnya bahwa akan selalu ada kemungkinan bangkrut atau adanya kerugian yang diakibatkan. Hal semacam ini juga terjadi ketika menggeluti dunia trading dimana harga dan nilai asset bisa saja mengalami pullback. Oleh sebab itu seorang trader harus selalu gunakan market yang konsisten dan jangan berpindah-pindah.

3. Membuat Zona Keseimbangan

Dalam strategi membuat zona keseimbangan sendiri tidak ada acuan khusus yang diharuskan sama untuk dilakukan. Namun ada beberapa garis besar yang harus diperhatikan seperti OHLC candle mampu membentuk candle sejajar sebagai bukti stabilitas nilai. Memahami acuan demikian bisa membantu pelaku  trading atau para trader untuk senantiasa menentukan time frame dan langkah.

Zona keseimbangan bisa menjadi acuan dalam menentukan pergerakan harga dan nilai selanjutnya. Menentukan zona keseimbangan sendiri memang tergantung kelihaian dan lamanya seseorang bermain trading. Semakin terlatih trader maka akan semakin jeli dalam menentukan zona keseimbangan nilai, jadi bagi para pemula terus belajar ya!

4. Jangan Langgar Market Filter

Strategi selanjutnya dengan metode supply dan demand adalah dengan berpengangan pada market filter yang benar dan baik. Bagaimana itu? Ada beberapa market filter yang tidak dapat diubah misalnya keseimbangan time frame. Pastikan time frame, zona keseimbangan dan tipe trader bisa ditempatkan dalam kondisi yang tepat.

5. Gunakan Setup Trading

Strategi trading berdasarkan supply and demand yang terakhir adalah dengan menggunakan setup trading dengan tepat. Pahami betapa pentingnya setup trading dalam mempertahankan nilai dan asset yang ada selama melakukan transaksi trading. Pastikan untuk selalu mengikuti arah dan tren besar yang sedang ada dalam pergerakan trading.

Misalnya saja jika time frame turun dan setup turun maka segera lakukan buy, namun jika sebaliknya bisa lakukan sell. Strategi yang memanfaatkan momentum demikian memang paling menguntungkan karena bisa disesuaikan dengan keadaan. Namun strategi demikian harus diimbangi dengan kecekatan dan kepekaan terhadap perkembangan nilai yang ada.

Itulah diatas adalah beberapa ulasan mengenai point-point penting dari strategi trading berdasarkan supply and demand yang banyak membawa keuntungan. Namun perlu diingat bahwa perlu kehati-hatian untuk mengaplikasikan strategi diatas, jangan sampai lengah jika tidak ingin mengalami kerugian. Tetap aplikasikan strategi dengan penuh pertimbangan agar dana dan asset yang ada akan semakin berkembang, selamat berbisnis!

William Adhiwangsa
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top