Binari Option

Korban Aplikasi Binomo Mulai Lapor ke Polisi

Korban Aplikasi Binomo Mulai Lapor ke Polisi

Korban Aplikasi Binomo Mulai Lapor ke Polisi

Pada hari Rabu (3/2/2022) sebanyak 8 orang yang mengaku sebagai korban dari perdagangan komoditas ilegal Binary Option, resmi melaporkan platform Binomo sekaligus para affiliator-nya ke Bareskrim Polisi. Dari sejumlah sumber, diketahui bahwa laporan tersebut teregritasi dengan nomor STTL/29/II/2022/Bareskrim.

Finsensius Mendorfa yang merupakan kuasa hukum dari para korban menjelaskan, bahwa para korban berharap uang mereka dapat kembali dan memberikan efek jera bagi afiliator-nya. Sejauh ini, delapan dari ratusan korban yang ikut dalam pelaporan tersebut mengalami kerugian hingga Rp 2,46 miliar.

Dalam keterangannya ketika berada di Mabes Polri, Finsensius mengatakan, “Jadi mereka (korban) mengharapkan, satu ada efek jera bagi pelaku-pelaku, dan juga uangnya dikembalikan”.

Finsensius mengatakan selain melaporkan aplikasi Binomo, pihaknya juga turut melaporkan pemilik serta sejumlah affiliator sekaligus influencer yang turut terlibat mempromosikan platform trading opsi biner tersebut.

Namun, ia tidak membeberkan lebih lanjut siapa saja sosok influencer atau affiliator yang dimaksud. Ia hanya mengatakan bahwa laporan tersebut telah diterima penyidik dengan nomor STTL/29/II/2022/BARESKRIM.

“Yang pasti lebih dari satu orang dan ada publik figur yang sedang viral,” ujarnya.

Lebih lanjut, ada sejumlah korban yang melakukan upaya bunuh diri akibat stres atas kerugian yang diderita. Sebagian mengalami depresi dan masuk dalam program rehabilitasi.

Adapun kuasa hukum melayangkan Pasal 27 ayat 2 dan Pasal 28 ayat 1 UU ITE, kemudian Pasal 378 KUHP juncto Pasal 55.

“Kita juga masukan pasal yang sangat krusial yaitu Lasal 3, 5 dan 10 Tindak Pidana Pencucian Uang”, ungkapnya.

Topik mengenai Binary Option memang tengah menjadi sorotan di beberapa waktu belakangan ini. Pasalnya, banyak pengguna yang mengungkapkan kerugian akibat trading di Binary Option. Beberapa di antaranya yang menceritakan pengalamannya adalah Maru Nazara yang bercerita rugi sekitar Rp.540 juta dari Binary Option di Youtube Panggung Inspirasi Offical. Kemudian ada juga ulasan dari Ichal Muhammad di podcast channel Pantengin TV bersama Gita Sinaga.⁣

Untuk informasi, Binary Option sendiri merupakan sebuah skema menebak arah pergerakan harga dalam durasi waktu singkat. Seringkali skema Binary Option menggunakan grafik perdagangan mata uang asing atau komoditas. Jika tebakannya benar, player akan mendapatkan keuntungan hingga 70-80% dari modal yang dipertaruhkan.

Namun jika salah, player akan kehilangan seluruh modal yang dipertaruhkan sebanyak 100%. Tetapi, sebenarnya skema Binary Option bukanlah termasuk trading, untuk mengetahui lebih jelas mengenai praktek Binary Option, Anda dapat membaca secara lengkap penjelasannya disini.

Lita Alisyahbana
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

To Top