Saham

Strategi Trading Saham Harian Yang Cocok Untuk Pemula

Melakukan trading saham adalah menjadi kegiatan yang cukup menguras tenaga. Hal tersebut dikarenakan melakukan trading saham tidak sembarangan, sehingga diperlukan strategi trading saham yang tepat. Salah satu strategi yang cocok untuk pemula adalah strategi trading saham harian.

Berikut di bawah ini adalah strategi harian yang bisa diterapkan untuk pemula

Strategi Trading Saham Harian Yang Cocok Untuk Pemula

Strategi Trading Saham Harian Yang Cocok Untuk Pemula

1. Mematangkan Ilmu Trading

Sebagai seorang pemula, ilmu tentang trading saham menjadi bekal yang utama. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, trading saham tidak bisa sembarangan dilakukan. Jika trader tidak melihat pergerakan pasar, bisa jadi yang didapatkan seorang trader malah kerugian. Hal tersebut membuat para pemula harus mematangkan ilmu dalam melakukan trading.

Ilmu dalam trading bisa didapatkan dari mana saja seiring dengan perkembangan internet di era sekarang. Tidak hanya memahami ilmu trading saja, para trader pemula harus mengetahui cara membaca pergerakan pasar, membaca simbol, bahkan mengetahui tren. Dengan cara tersebut, para pemula tidak akan terkejut ketika pergerakan pasar tidak stabil.

2. Membeli Dengan Harga Rendah

Ketika seorang trader sudah memiliki ilmu yang tepat namun tidak menerapkannya dengan baik, maka hal tersebut menjadi sia-sia. Hal tersebut membuat para pemula bisa membeli dengan harga yang rendah. Cara tersebut tidak membuat para pemula merasa stres jika saham yang sudah dibeli harganya menurun.

Melakukan strategi trading saham harian ini bisa membuat para trader bisa belajar untuk berhati-hati dalam transaksi. Lakukan langkah ini berulang-ulang kali hingga para trader membaca pasar dengan baik. Jika sudah bisa membaca pasar dengan baik, maka para trader bisa meningkatkan harga untuk membeli saham secara perlahan-lahan.

3. Menentukan Target

Untuk seorang trader harian, ada baiknya untuk menetapkan target setiap harinya. Target setiap hari yang ditentukan biasanya sekitar 15 hingga 20 persen setiap hari. Bagi trader pemula yang masih belum sanggup untuk menentukan target seperti ini, ada baiknya untuk menentukan target kecil sekitar 1 hingga 3 persen.

4. Menjual Saham Ketika Sudah Mencapai Profit

Strategi saham harian yang satu ini menjadi salah satu strategi yang dipakai oleh kebanyakan trader. Ketika sudah mencapai keuntungan atau profit yang sudah ditarget sebelumnya, para trader bisa menjual saham atau yang biasa disebut dengan exit. Apabila belum mencapai profit yang sudah ditentukan, tunggu hingga sudah mencapai profit.

5. Beli Dalam Kondisi Low Dan Jual Dalam Kondisi High

Tidak hanya bisa menggunakan strategi di atas, strategi ini bisa juga diterapkan sebagai strategi harian yang cocok untuk segala jenis trader. Dengan membeli saham dalam kondisi low dan jual dalam kondisi high, para trader bisa mendapatkan profit. Meski strategi ini menjadi strategi dasar dalam melakukan trading, jika cara ini dilakukan terus tentu tidak baik.

Strategi ini tepat dilakukan ketika pergerakan pasar dalam kondisi yang stabil. Hal tersebut tidak berlaku jika pergerakan pasar saham berada dalam kondisi high yang cukup lama atau low yang cukup lama. Hal tersebut membuat para trader harus memiliki strategi lain di samping strategi ini.

6. Menggunakan Metode Fading

Metode fading adalah salah satu metode trading yang bisa dibilang riskan untuk mendatangkan keuntungan. Pasalnya cara ini didasari dari banyak asumsi-asumsi, mulai dari kondisi trader merasa takut, lalu siap mengambil keuntungan, hingga saham overbought. Cara ini dilakukan ketika dalam keadaan yang sangat mendesak dan diluar dugaan.

Trading saham menjadi sebuah kegiatan yang menguras tenaga, apabila tidak menggunakan strategi yang tepat maka akan mendatangkan kerugian. Hal itu tentu membuat para trader harus menentukan strategi trading saham harian yang tepat. Di samping memiliki strategi, ilmu pengetahuan dalam membaca pasar dan mengetahui berita terkini juga harus dimiliki seorang trader.

William Adhiwangsa
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top